Bunda, Buah Hati Anda Ruam Merah? Atasi dengan Cara Ini

Bunda, Buah Hati Anda Ruam Merah? Atasi dengan Cara Ini - Bunda, dalam menggunakan popok pada bayi sebaiknya pilih yang aman untuk kesehatan kulitnya. Sebab penggunaan popok yang salah biasanya sering menimbulkan ruam merah pada kulit bayi. sebai orangtua yang cerdas maka Anda harus cermat dalam memilih popok untuk sang bayi. Supaya kulitnya tidak mengalami masalah ruam.

Namun, jika bayi Anda kini telah mengalami masalah tersebut, bunda jangan cemas dan panik. Karena kami dinisi akan membagi sedikit informasi cara mengatasi ruam merah pada bayi, sehingga bayi pun bisa tersebas dari masalah ruam merah. Lantas, bagaimana cara mengatasi ruam merah pada bayi ini? Agar tambah jelas lagi informasinya, yuk baca cara mengatasinya dibawah ini bun.

Beberapa cara mengatasi ruam merah pada kulit bayi

Hindari mengenakan popok terlalu ketat
Penggunaan popok yang terlalu ketat pada bayi seringkali memicu timbulnya masalah bayi ruam. Khususnya penggunaan popok yang terlalu ketat pada malam hari. Karena kulit bayi tidak bisa bernapas dengan baik sehingga munculnya ruam merah. Nah, agar ruam yang dialami bayi tidak semakin menjadi parah gunakan popok longgar. Selain itu juga bunda, penggunaan popok yang terlalu ketat bisa membuat kotoran bayi nempel.

Bersihkan dengan lembut area genital
Membersihkan daerah yang genital lebih baik menggunakan kain yang lembut. Sebab jika menggunakan kain yang kasar akan membuat kulit si kecil ini terkelupas. Sedangkan cara membersihkan area ini, yaitu dengan membasahi kain dengan air kemudian dilapkan pada daerah genital. Penggunaan tisu basah untuk memersihkan area genital pada bayi tidak diperbolehkan. Mengapa? Karena tisu basah baunya wangi dan mengandung alkohol, sehingga pengunaan tisu basah ini tidak diperbolehkan. Nah, jika kotoran yang ada pada kulit bayi sulit sekali dibersihkan, bunda bisa menggunakan sabun khusus bayi untuk membersihkannya agar tidak semakin kotor.

Membersihkan dan mengeringkan area genital dengan kain kering atau tisu
Setelah dibersihkan dengan air, selanjutnya kini tinggal mengeringkan kulit bayi. Dalam mengeringkan kulit bayi yang sedang mengalami ruam merah jangan digosok. Menggosok kulit bayi dengan tujuan mengeringkan ini justru akan memperparah ruam merah. Sebaiknya keringkan kulit bayi ini dengan cara menepuk lembut bagian yang basah. Namun, jika ruam yang dialami oleh si kecil ini terlalu parah sebaiknya biarkan kering dengan sendirinya.

Itulah beberapa cara mengatasi ruam merah yang dialami bayi. sebenarnya masih banyak cara lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya. Semoga informasi yang kami berikan tentang cara mengatasi ruam merah bermanfaat.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: