Bagaimana Trik Cegah Meningitis Pada Balita?

Bagaimana Trik Cegah Meningitis Pada Balita? - Bunda, meningitis yang terjadi pada balita adalah salah satu penyakit peradangan. Adapun penyakit meningitis ini penyebabnya adalah virus yang menyerang membran. Pasalnya, penyakit meningitis ini tergolong ringan, bisa sembuh dalam waktu sekitar 7 sampai 10 jam dengan sendirinya. Akan tetapi jika penyakit meningitis disebabkan oleh bakteri, gejala ini sangat serius sekali. Bisa-bisa menyebabkan kematian penyakit ini bagi orang yang menderitanya.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit meningitis ini penyebabnya ada 3, yaitu Haemophilus influenzae tipe b, Neisseria meningitidis serta Streptococcus pneumoniae. Namun, penyakit meningitis yang paling sering menyerang balita adalah Streptococcus pneumoniae tergolong yang sangat serius. Lantas, bagaimana cara mencegahannya agar balita tidak terserang penyakit meningitis? Agar lebih jelas, yuk kita simak lansirannya yang ada dibawah ini.

Bagaimana Trik Cegah Meningitis Pada Balita?

Vaksinasi
Bunda, kerap kali penyakit meningitis yang menyerang pada balita adalah serangan virus, diantaranya polio, cacar air, rabies, campak, rubella dan gondok. Untuk itu bunda, pemberian vaksin pada balita penting sekali, lho! mengapa? Kaena untuk mencegah serangan penyakit meningitis pada balita. Nah, agar balita bunda terhindar dari penyakit yang serius ini, maka berikan vaksin pada balita dengan membawanya ke dokter yang biasa mengontrol perkembangannya.

Hindari gigitan nyamuk
Bunda, peyebab lainnya yang bisa menimbulkan penyakit meningitis pada balita adalah gigitan nyamuk. Supaya balita tidak terserang penyakit meningitis, maka jauhkan dari gigitan nyamuk. Sebab nyamuk merupakan salah satu pembawa virus yang menyebabkan meningitis. Untuk itu, bunda harus rajin-rajin membersihkan rumah agar tidak terdapat sarang nyamuk. Adapun yang sering menjadi tempat sarang nyamuk, yaitu selokan.

Cuci tangan
Cara lain yang bisa Anda terapkan agar balita terhindar dari penyakit meningitis adalah dengan menjaga kebersihan diri. Sedangkan membersihkan kebersihan diri bisa diawali dari mencuci tangan sampai bersih. Dalam mencuci tangan sebaiknya menggunakan sabun agar bakteri yang menempel mati. Selain itu juga menggunakan air hangat untuk mencuci tangan bisa menghindarkan dari virus dan bakteri. Yang paling utama saat balita sudah bermain itu sangat dianjurkan.

Nah, itulah tadi beberapa trik mencegah meningitis pada balita yang bisa Anda gunakan. Semoga informasi tadi yang kami berikan kepada Anda mengenai trik mencegah meningitis pada balita bermanfaat.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: