Apa Bahaya Minum Air Putih Bagi Bayi Dibawah Usia 6 Bulan?

Apa Bahaya Minum Air Putih Bagi Bayi Dibawah Usia 6 Bulan? - Bunda, perlu Anda ketahui bahwa bayi yang minum air putih  saat usianya kurang dari 6 bulan itu berbahaya. Mengapa? Karena hal ini beresiko memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan. Sebab pada saat usia tersebut sistem imunnya belum kuat untuk melawan infeksi kuman atau bakteri, sehingga jika diberi air putih akan beresiko pada kesehatan sang bayi.

Lalu, kapan bayi bisa mengkonsumsi air putih? Setelah usianya genap 6 bulan, maka bunda bisa mengenalkan air putih beserta makanan padat. Hemmm.... kira-kira apa bahaya yang akan dialaminya jika minum air putih pada usianya dibawah 6 bulan? Untuk lebih jelas, simak lansirannya berikut ini bun.


Apa Bahaya Minum Air Putih Bagi Bayi Dibawah Usia 6 Bulan?

Menyebabkan Infeksi Bakteri
Salah satu resiko yang akan dialami bayi jika diberikan air putih pada usia kurang dari 6 bulan adalah terinfeksi bakteri. Lebih-lebih lagi proses pengolahannya tidak diperhatikan. Sedangkan gangguan kesehatan yang akan dialami bayi yang mengkonsumsi air putih saat usianya belum genap 6 bulan adalah penurunan sistem pencernaan. Adapun penyebabnya, yaitu mikroorganisme dan kuman yang ada didalam air. Alhasil, sistem imun yang ada ditubuh bayi tidak bekerja dengan maksimal. Nah, untuk itu bunda berikan ASI pada bayi Anda jika usianya masih dibawah 6 bulan.

Mengganggu perkembangan otak bayi                       
Bunda, pada saat usia bayi kurang dari 6 bulan ginjalnya masih belum sempurna. Pasalnya, jika bunda memberikan air putih yang terjadi elektrolit serta darah akan tercemari. Jika hal ini terjadi pada bayi bunda, dikhawatirkan akan terjadi hal buruk padanya. Sebab sang bayi ini kehilangan banyak elektrolit tubuhnya. Adapun dampak buruk yang akan ditimbulkan jika kehilangan elektrolit tubuh, diantaranya gangguan jantung, paru-paru dan aktivitas otak.

Merusak Ginjal
Sudah dijelaskan tadi diatas bahwa bayi yang kurang dari 6 bulan masih belum mempunyai fungsi organ tubuh yang maksimal, sehingga jika diberikan air putih sama saja dengan bunda memaksa fungsi ginjalnya untuk bekerja lebih keras. Sebenarnya pada saat tersebut fungsi ginjalnya belum mampu, namun jika dipaksakan akan terjadi sebuah kerusakan.

Nah, itulah tadi beberapa bahaya minum air putih untuk bayi. Semoga informasi yang kami berikan tentang bahaya bayi minum air putih pada usia dibawah 6 bulan bermanfaat.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: