Ciri-Ciri Keputihan Pada Wanita yang Harus Anda Tahu

Ciri-Ciri Keputihan Pada Wanita yang Harus Anda Tahu - Ada banyak wanita yang mengalami keputihan, yang mana jumlahnya sendiri mencapai sekitar 85 persen pernah mengalaminya, baik itu keputihan normal atau pun keputihan yang jadi penyakit. keputihan atau pun flour albous ini adalah cairan yang keluar dari organ intim yang berfungsi sebagai pembersih dan melindungi organ kewanitaan seseorang.

Ada 2 jenis keputihan, yakni keputihan normal atau fisiologis dan juga keputihan yang jadi penyakit atau pun patologis. Bila Anda mengalami keputihan, maka Anda harus bisa membedakan antara keduanya, sebab makin cepat keputihan patologis dideteksi dan juga diobati maka akan makin baik.

Dan secara spesifik ciri-ciri keputihan fisiologis ini adalah berupa lendir yang kental atau pun encer, dengan warna kuning terang, dan tidka menimbulkan rasa sakit, bahkan jumlahnya pun tidak terlalu banyak. Sedangkan untuk keputihan yang abnormal, ciri-cirinya adala cairannya kental warnanya keruh, dan banyak. Keputihan ini biasanya juga menimbulkan gatal serta bisa menyebabkan bau tak sedap. Namun, untuk ciri lengkapnya dari keputihan abnormal atau patologis itu sendiri sebagai berikut.

Ciri-Ciri Keputihan Pada Wanita yang Harus Anda Tahu

Keputihan yang disebabkan oleh infeksi parasit (trikomoniasis)
Apabila cairan yang keluar dari daerah kewanitaan berwarna kuning kehijauan, berbau yang tidak enak, berbusa, pendarahan  di luar siklus menstruasi atau haid, bahkan terjadi pendarahan setelah berhubungan seks dan adanya rasa nyeri maka bisa dipastikan hal tersebut adalah salah satu ciri dari keputihan abnormal atau patologis yang harus Anda waspadai.

Keputihan karena jamur
Ciri-ciri keputihan abnormal yang lainnya adalah keputihan yang disebabkan oleh jamur. Keputihan satu ini biasanya memiliki warna putih kekuningan dengan gumpalan-gumpalan. Biasanya juga menyebabkan rasa panas dan juga gatal yang ada di sekitar kemaluan serta menimbulkan rasa sakit ketika buang air kecil bahkan setelah berhubungan seks.

Keputihan yang disebabkan bakteri (bakterial vaginosis)
Ciri-ciri keputihan yang disebabkan oleh bakteri ini seperti berwarna abu-abu agak encer, jarang sekali berbusa, dan juga mengeluarkan bau yang cukup amis. Bau amis ini akan lebih tajam lagi setelah Anda melakukan hubungan seks, darah menstruasi bulanan juga akan berbau tidak seperti biasanya. Keluhan lainnya yang sering dialami penderita keputihan ini adalah rasa gatal atau pun panas di organ intim.

Itulah ciri-ciri keputihan pada wanita yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya, semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: