Tanda - Tanda Janin Dalam Kandungan Tidak Berkembang

Tanda - Tanda Janin Dalam Kandungan Tidak Berkembang - Kehamilan merupakan suatu masa yang bermula pada saat terjadinya pembuahan antara sperma dan sel telur yang akan berakhir pada saat proses persalinan. Masa kehamilan yang normal memakan waktu kurang lebih selama 9 bulan, selama masa kehamilan ini akan terjadi banyak perubahan bentuk tubuh yang dialami oleh wanita seperti misalnya perut yang semakin membesar dan berat badan yang meningkat. Selain itu wanita yang sedang dalam masa kehamilan biasanya juga mengalami mual dan kesemutan.

Selama masa kehamilan inilah para ibu harus selalu menjaga kesehatan tubuhnya dengan berbagai macam cara mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi tinggi hingga melakukan beberapa macam imunisasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar janin di dalam rahim sang ibu bisa tumbuh dan berkembang dengan normal, proses perkembangan janin ini tentu akan bisa dirasakan oleh sang ibu. Apabila sang ibu tidak merasakan apapun maka Anda perlu mencurigai jika janin tidak berkembang di dalam kandungan, berikut ini akan kami ulas beberapa tandanya.

Tanda Janin Dalam Kandungan Tidak Berkembang

1. Perkembangan Janin Tidak Sesuai Dengan Usia
Perkembangan janin yang tidak sesuai dengan usia merupakan salah satu hal yang harus Anda curigai, perlu Anda ketahui bahwa proses perkembangan janin bisa Anda pantau melalui USG. Pada saat gambaran USG menemukan suatu kejanggalan seperti misalnya ukuran janin yang tidak sesuai dengan usia kehamilan maka hal ini bisa menjadi salah satu pertanda bahwa janin tidak berkembang.

2. Kadar HCG Yang Sangat Rendah
Kadar HCG yang sangat rendah menjadi tanda kedua bahwa janin di dalam kandungan tidak mengalami perkembangan, perlu Anda ketahui bahwa setiap wanita akan mengalami perubahan hormon yang berfungsi untuk mendukung perkembangan janin. Kadar HCG pada wanita yang sedang hamil ternyata juga bisa dijadikan sebagai indikator dari perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

3. Tidak Ada Kenaikan Tinggi Pada Fundus
Perlu Anda ketahui bahwa selama masa kehamilan, pada umumnya dokter akan selalu memeriksa fundus untuk bisa mengetahui proses berkembangnya janin di dalam rahim. Apabila janin berkembang dengan baik maka fundus juga akan semakin tinggi, sedangkan apabila janin tidak berkembang dengan baik di dalam kandungan maka fundus juga tidak akan mengalami kenaikan.

4. Flek dan Pendarahan
Flek serta pendarahan bisa menjadi tanda keempat bahwa janin di dalam kandungan Anda tidak berkembang. Perlu Anda ketahui bahwa flek yang terjadi pada saat usia hamil masih muda akan sangat berbeda dengan flek yang terjadi karena janin yang tidak berkembang. Flek sebagai pertanda janin tidak berkembang pada mulanya berwarna coklat namun akan diikuti dengan flek darah.

5. Tidak Merasakan Aktivitas di Dalam Rahim
Tanda kelima bahwa janin di dalam kandungan tidak berkembang adalah sang ibu tidak merasakan aktivitas apapun di dalam rahimnya. Pada umumnya saat usia kehamilan sudah cukup tua maka sang ibu akan merasakan adanya aktivitas di dalam rahimnya seperti perasaan tidak nyaman, gerakan, dan sebagainya, sehingga Anda harus mencurigai jika tidak ada aktivitas di dalam rahim.

Apabila Anda mengalami atau merasakan beberapa gejala yang ada di atas maka Anda harus mencurigai jika janin tidak mengalami perkembangan.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: