Pentingnya Imunisasi Bagi Ibu Hamil

Pentingnya Imunisasi Bagi Ibu Hamil - Masa kehamilan adalah suatu masa yang sangat penting pasalnya masa ini menandakan bermulanya suatu kehidupan baru, kehamilan sendiri merupakan kabar yang selalu ditunggu - tunggu oleh para pasangan yang telah menikah. Selain itu masa kehamilan sendiri merupakan salah satu masa yang paling rentan bagi setiap wanita pasalnya di dalam rahimnya terdapat janin yang terus mengalami pertumbuhan dan juga perkembangan selama kurang lebih 9 bulan hingga saatnya nanti bayi tersebut dilahirkan ke dunia.

Selama masa kehamilan inilah setiap wanita harus bisa menjaga kesehatan tubuhnya pasalnya kondisi kesehatan sang ibu sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan janin di dalam kandungannya. Setiap ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap agar kesehatannya tetap terjaga. Selain itu para ibu yang sedang hamil juga perlu melakukan imunisasi agar kesehatan sang ibu dan juga bayi yang dikandungnya tetap terjaga, pada kesempatan ini akan kami ulas mengenai pentingnya imunisasi bagi ibu hamil.

Pentingnya Imunisasi Bagi Ibu Hamil

1. Imunisasi Tetanus Difteri Polio
Imunisasi tetanus difteri polio ini menjadi salah satu imunisasi yang sangat penting bagi ibu hamil, pasalnya sesuai dengan namanya di mana imunisasi yang satu ini perlu diberikan pada ibu yang sedang hamil dengan tujuan untuk melindungi bayi yang masih berada di dalam kandungan terhindar dari tetanus neonatorum, imunisasi yang satu ini biasa dilakukan pada usia kehamilan trimester kedua.

2. Imunisasi Pneumococal
Imunisasi pneumococal menjadi jenis imunisasi kedua yang juga sangat penting untuk diberikan kepada ibu hamil, imunisasi yang satu ini wajib diberikan pada para ibu hamil yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit pneumococal. Kondisi yang satu ini meliputi beberapa penyakit yang menyerang gangguan pernapasan dan juga beberapa penyakit lainnya seperti diabetes mellitus dan juga jantung.

3. Imunisasi Influenza
Imunisasi influenza juga sangatlah penting untuk diberikan kepada ibu hamil, imunisasi ini terutama sangat diperlukan apabila ada banyak orang di sekitar lingkungan Anda yang terkena sakit flu. Perlu Anda ketahui bahwa komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit influenza ini sangat tinggi sehingga tentu saja akan bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan Anda.

4. Menghindari Imunisasi MMR
Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa jenis imunisasi yang tidak diperbolehkan bagi para ibu yang sedang hamil, salah satunya adalah imunisasi MMR. Jenis imunisasi yang satu ini tidak diperbolehkan karena berasal dari virus yang masih hidup yakni yang telah dilemahkan, selain itu para wanita yang telah mendapat imunisasi ini juga tidak diperbolehkan untuk hamil hingga empat bulan ke depan.

5. Menghindari Imunisasi Cacar Air
Jenis imunisasi lainnya yang juga tidak diperbolehkan bagi para wanita yang sedang hamil adalah imunisasi cacar air yang mana sama dengan imunisasi MMR, imunisasi cacar air ini juga menggunakan virus yang masih hidup namun telah dilemahkan. Para wanita yang baru saja diberikan imunisasi cacar air juga tidak boleh hamil selama satu bulan ke depan karena ditakutkan akan mempengaruhi janin.

Imunisasi sangatlah penting untuk diberikan kepada ibu hamil, namun ada juga beberapa jenis imunisasi yang tidak diperbolehkan.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: