Mitos dan Fakta Tentang Pantangan Orang Hamil

Mitos dan Fakta Tentang Pantangan Ibu Hamil - Masa kehamilan merupakan salah satu masa yang sangat dinantikan bagi Anda yang telah menikah, hal ini dikarenakan tidak lama lagi Anda akan mendapatkan keturunan. Selama masa kehamilan ini tentu saja setiap wanita harus mampu menjaga kesehatan tubuhnya karena kondisi kesehatan sang ibu akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan janin yang saat ini masih berada di dalam rahimnya. Janin yang ada di dalam kandungan sang ibu akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan selama 9 bulan.

Selama masa kehamilan ini setiap wanita tentu harus melakukan berbagai macam persiapan agar nantinya proses persalinan bisa berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kendala apapun. Di masa kehamilan ini Anda tentunya pernah mendengar berbagai macam mitos seputar pantangan bagi wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Adanya banyak mitos tersebut tentu saja akan membuat Anda menjadi khawatir dan juga bingung, namun apakah mitos yang beredar tersebut telah sesuai dengan fakta, untuk itu marilah simak ulasannya berikut ini.

Tentang Pantangan Orang Hamil

1. Ibu Hamil Harus Makan Dengan Porsi Dua Kali Lipat
Mitos yang pertama adalah ibu hamil harus makan dengan porsi dua kali lipat lebih banyak dari biasanya, faktanya kebutuhan kalori ibu hamil memang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan keadaan sebelum hamil. Meskipun demikian, bukan berarti seorang ibu hamil harus makan dengan porsi dua kali lebih banyak, yang terpenting adalah ibu hamil makan dengan gizi yang lengkap.

2. Tubuh Cepat Lelah Saat Hamil
Mitos kedua yang sering beredar di masyarakat adalah tubuh akan lebih cepat lelah pada saat hamil, perlu Anda ketahui bahwa tubuh seorang wanita yang sedang hamil akan terus mengalami perubahan karena akan selalu menyesuaikan dengan janin yang terus berkembang. Proses perubahan tersebut akan memakan banyak energi sehingga tentu saja membuat tubuh menjadi mudah lelah.

3. Dilarang Mengkonsumsi Durian dan Nanas
Mitos ketiga yang juga sering beredar adalah dilarang mengkonsumsi buah durian dan juga nanas pada saat masa kehamilan, faktanya hal tersebut adalah benar karena buah durian ternyata memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi sehingga akan membuat tubuh terasa panas. Selain itu buah nanas yang masih muda akan bisa memicu terjadinya kontraksi bahkan keguguran.

4. Dilarang Makan Kambing
Mitos keempat yang juga sering Anda dengar adalah wanita yang sedang hamil tidak boleh mengkonsumsi daging kambing, mitos ini juga ternyata memiliki kebenaran pasalnya daging kambing diketahui memiliki kadar lemak jenuh yang sangat tinggi sehingga akan bisa mempengaruhi metabolisme  tubuh, selain itu daging kambing juga akan meningkatkan resiko terkena hipertensi.

5. Air Kelapa Membuat Kulit Bayi Menjadi Putih
Mitos kelima yang juga beredar di masyarakat adalah ibu hamil yang mengkonsumsi air kelapa akan bisa membuat bayinya nanti memiliki kulit yang putih pada saat dilahirkan, mitos yang satu ini adalah keliru karena air kelapa tidak akan mempengaruhi warna kulit bayi. Meskipun demikian air kelapa memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Sebenarnya ada banyak sekali mitos yang beredar seputar kehamilan, namun tidak semua mitos tersebut sesuai dengan kenyataan sesungguhnya.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: