Jenis-jenis Sayuran Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Jenis-jenis Sayuran Yang Baik Bagi Ibu Hamil – Ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi sayuran. Pasalnya didalam sayuran terkandung banyak sekali mineral, vitamin, dan berbagai senyawa alami yang diperlukan untuk berbagai hal. Mulai dari menjaga kebugaran tubuh, membantu perkembangan sel janin, hingga mengurangi resiko cacat lahir yang bisa menyerang janin kapan saja. Maka dari itu sayuran wajib dimasukan ke dalam menu harian anda berdampingan dengan bahan makanan lainnya.

Namun tidak semua jenis sayuran baik untuk ibu hamil. Ada pula beberapa jenis sayur yang memiliki kandungan tertentu sehingga tidak disarankan dikonsumsi ibu hamil. Namun bahan makanan kaya serat ini yang baik untuk ibu hamil lebih banyak jenisnya. Variannya yang banyak tentu bisa menjadi pilihan menu harian yang bisa anda konsumsi secara berselang-seling. Nah, bagi anda yang sedang hamil, cobalah konsumsi beberapa jenis sayuran yang baik bagi ibu hamil berikut ini.

Sayuran Yang Baik Bagi Ibu Hamil

1. Jagung
Sayuran yang biasa dikonsumsi dengan cara direbus maupun dibakar ini mengandung vitamin B12 yang bermanfaat meningkatkan aliran darah dan menjaga asupan kalium dalam tubuh. Jagung juga merupakan sumber protein nabati yang sangat diperlukan ibu hamil. Rasa manisnya sangat sesuai untuk mencegah rasa sebah akibat morning sickness. anda bisa merebus jagung atau mencampurnya sebagai bahan tambahan tumisan anda.

2. Brokoli
Brokoli merupakan sayuran hijau yang mengandung asam folat tinggi. Asam folat diperlukan untuk mendukung perkembangan syaraf janin dan kesehatan ibu hamil. Selain itu didalam brokoli juga terdapat vitamin A, C dan sejumlah mineral penting lain yang diperlukan oleh ibu hamil. Sebelum mengolah brokoli sebaiknya cuci hingga bersih agar sisa pestisidanya tuntas.

3. Kol dan kembang kol
Baik bunga maupun daun kolnya merupakan jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil. Kandungan asam folatnya yang tinggi mampu memenuhi kebutuhan asam folat selama kehamilan. Namun disarankan jika mengonsumsi kol pastikan dalam kondisi matang dan dicuci bersih agar kandungan bakteri dan sisa pestisidanya tidak tertinggal dan menyebabkan masalah kesehatan pada ibu dan janin.

4. Kacang kacangan
Kacang kacangan memiliki protein nabati yang cukup tinggi. Selain itu kandungan asam folatnya juga tak kalah dari jenis sayuran lainnya. salah satu jenis kacang kacangan paling baik dikonsumsi ibu hamil adalah buncis. Kandungan kalsium dalam buncis juga sangat baik untuk kesehatan tulang ibu hamil. Anda bisa mengonsumsi bunci rebus atau tumis sebagai menu sehat sehari-hari selama kehamilan.

5. Kangkung
Banyak yang menyangka kangkung kurang baik bagi ibu hamil. Sayuran hijau satu ini dikhawatirkan masih membawa bakteri atau lintah walaupun sudah dimasak. Padahal jika sebelum memasak dibersihkan secara benar, kangkung tetap aman dikonsumsi. Kandungan zinc dan seleniumnya bermanfaat menenangkan pikiran serta mencegah ibu hamil dari resiko insombia.

Nah, itu dia berbagai jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil. Tentu kita bisa mengatur menu makanan sehat selama kehamilan dengan menu sayuran diatas. Semoga bermanfaat.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: