Apa itu Hamil Anggur Dan Berikut Penjelasannya

Apa itu Hamil Anggur Dan Berikut Penjelasannya – Hamil anggur merupakan istilah yang disematkan pada salah satu kasus kehamilan gagal. Secara mendasar kehamilan anggur terjadi karena janin tidak terbentuk dengan baik. Kehamilan anggur tentu tidak diharapkan oleh siapapun. Pada awalnya wanita hamil akan diidentifikasi mengandung. Namun setelah berjalannya waktu tidak terjadi tanda-tanda perkembangan pada janin. Kehamilan anggur disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebab paling utama karena kekurangan nutrisi selama kehamilan.

Plasenta yang memiliki jutaan sel trofobas membantu menghilangkan racun dalam janin. Namun pada kehamilan anggur sel trofobas ini memiliki gerak lebih cepat dibandung sel telur yang dibuahi. Hal ini menyebabkan massa berisi kantung cairan tumbuh menghasilkan bintik kecil mirip anggur terlihat di rahim. Maka dari itu kehamilan jenis ini disebut hamil anggur. Berikut akan diulas penjelasan mengenai jenis, penyebab, hingga ciri-ciri hamil anggur yang perlu anda tahu.

Jenis Hamil Anggur
Apa itu Hamil Anggur Dan Berikut Penjelasannya

1. Complete Mole
Jenis hamil anggur yang pertama ini merupakan kehamilan palsu secara keseluruhan. Artinya pengidap hamil anggur akan terlihat seperti wanita hamil pada umumnya. Namun jika dideteksi terdapat semacam tumor jinak yang bersarang di tubuhnya. Maka dari itu penting sekali rutin memeriksakan kehamilan terutama USG agar perkembangan kehamilan bisa anda pantau secara jelas.

2. Partial Mole
Berbeda dengan jenis Complete Mole, kehamilan Partial Mole ini memiliki ciri yang terlihat sama dengan ibu hamil normal. Ketika dideteksi pun benar ada janin di dalam rahim. Namun semakin lama berkembang janin didalam kandungan tumbuh abnormal. Hal ini menjadi salah satu momok menakutkan yang dikhawatirkan setiap ibu hamil.

Penyebab Hamil Anggur

1. Kekurangan nutrisi
Salah satu faktor terbesar penyebab kehamilan anggur adalah kekurangan nutrisi. Nutrisi seperti protein, karoten, asam folat sangat penting dicukupi selama kehamilan. Pasalnya nutrisi tersebut bermanfaat agar perkembangan janin menjadi lebih optimal serta mengurangi resiko cacat lahir atau bawaan.

2. Kondisi ovum mati
Penyebab lainnya dari kondisi ovum ibu hamil. Jika kondisi obum sudah patologis atau mati dan terlambat dikeluarkan akan menyebabkan resiko kehamilan anggur meningkat. Pastikan rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan ketika hamil akan mengurangi resiko tersebut karena bisa ditanggulangi sejak dini.

3. Infeksi virus
Virus yang menginfeksi ibu hamil dampaknya sangat buruk bagi kesehatan. Jika virus menyerang rahim sementara sistem kekebalan tubuh sedang menurun, resiko kehamilan anggur hingga keguguran sangatlah besar. Mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan sistem imun sangat dianjurkan untuk mengurangi resiko kehamilan anggur atau keguguran.

Ciri-ciri Hamil Anggur

1. Muntah parah
Walaupun morning sickness adalah hal wajar bagi setiap ibu hamil namun normalnya tidak selamanya berlangsung hingga lewat trimester pertama. Selain intensitas muntah yang sering, gejala tersebut pun diiringi dengan menggigil, demam, hingga kekurangan nutrisi. Pemeriksaan USG sangat membantu untuk mengidentifikasi lebih lanjut masalah yang terjadi.

2. Pendarahan
Pendarahan karena hamil anggur biasanya memiliki ciri-ciri seperti flek coklat kemudian disusul dengan pendarahan. Hal ini disebabkan adanya pertumbuhan jaringan mola yang cepat. Hal ini juga mengindikasikan bahwa janin tidak berkembang dan tubuh secara alami tidak menerima pertumbuhan sel yang abnormal seperti ini.

3. Tingkat HCG tinggi
Tingkat HCG ketika diperiksa menjadi lebih tinggi dibanding ibu hamil pada umumnya. Hal ini disebabkan karena jaringan trofoblas yang memproduksi hormon peningkat HCG menjadi lebih subur. sel trofobas yang banyak akan meningkatkan kadar HCG. Namun ada pula indikasi HCG tinggi dengan tanda kehamilan kembar.

Demikianlah berbagai penjelasan terkait hamil anggur yang bisa anda ketahui. Semoga menambah informasi untuk anda.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: