5 Posisi Tidur Yang Baik Bagi Wanita Hamil

5 Posisi Tidur Yang Baik Bagi Wanita Hamil - Kehamilan tentu menjadi saat yang paling dinantikan oleh setiap pasangan suami istri, terlebih lagi apabila mereka sudah lama belum memiliki keturunan. Masa kehamilan sendiri adalah satu masa yang sangat penting karena merupakan suatu awal dari bermulanya kehidupan baru, oleh karena itulah maka pada masa kehamilan ini Anda harus benar - benar menjaga kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi kesehatan sang ibu akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin yang berada di kandungannya.

Para wanita yang sedang hamil juga perlu memperhatikan setiap gerakannya agar tidak membahayakan kondisi janin yang masih berada di dalam kandungan. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap wanita yang sedang dalam masa kehamilan adalah posisi tidurnya. Perlu Anda ketahui bahwa posisi tidur dari wanita yang sedang hamil akan sangat berpengaruh terhadap kondisi janin, oleh karena itulah Anda perlu memperhatikan posisi tidur Anda. Pada kesempatan kali ini akan kami ulas beberapa posisi tidur yang baik bagi para wanita yang sedang hamil.

Posisi Tidur Yang Baik Bagi Wanita Hamil

1. Tidur Miring ke Kiri
Posisi tidur pertama yang baik bagi wanita hamil adalah miring ke kiri, posisi tidur yang satu ini bertujuan agar memperlancar sirkulasi darah baik yang menuju ke jantung maupun yang menuju ke janin. Di samping itu, posisi miring ke kiri juga akan membuat bagian perut menjadi lebih nyaman serta tidak menekan organ hati, posisi tidur ini juga akan mampu membuat ginjal bekerja dengan optimal.

2. Menggunakan Bantal
Tidur menggunakan bantal menjadi posisi tidur kedua yang juga baik bagi wanita hamil, hal ini dikarenakan penggunaan bantal akan mampu untuk membuat posisi tidur ibu hamil menjadi lebih nyaman. Selain itu jika ibu yang sedang hamil mengalami sesak napas atau tidak bisa mengambil napas panjang, maka Anda bisa meletakkan bantal di bagian bawah sisi samping tubuh.

3. Tidak Telentang
Posisi tidur ketiga yang baik bagi wanita hamil adalah tidak telentang, hal ini terutama sangat penting untuk Anda perhatikan pada saat usia kehamilan telah masuk pada trimester kedua. Posisi tidur telentang ini ternyata akan mampu menaikkan tekanan darah pada pembuluh utama yang tentu saja akan bisa membahayakan sang ibu dan juga janin yang sedang ada di dalam kandungannya.

4. Tidak Mengangkat Kaki ke Atas
Posisi tidur dengan tidak mengangkat kaki ke atas menjadi posisi tidur keempat yang juga sangat baik bagi ibu hamil, hal ini terutama apabila usia kehamilan telah memasuki trimester kedua. Perlu Anda ketahui bahwa posisi tidur dengan mengangkat kaki ke atas akan bisa mempersempit ruang rahim sehingga membuat janin menjadi tertekan dan akan bisa membuat janin kekurangan oksigen.

5. Tidur Setengah Duduk
Posisi tidur kelima yang juga sangat baik bagi wanita hamil adalah tidur setengah duduk, posisi tidur setengah duduk ini ternyata akan mampu mencegah asam lambung menjadi naik. Namun para ibu hamil tidak boleh tidur dalam keadaan duduk tegak karena akan bisa menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah yang tentu akan berbahaya bagi janin di dalam kandungan.

Apabila Anda sedang dalam masa kehamilan, maka Anda harus memperhatikan beberapa posisi tidur yang telah diulas di atas.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: