5 Latihan Pernapasan Selama Masa Kehamilan

5 Latihan Pernapasan Selama Masa Kehamilan - Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap wanita tentu saja menginginkan agar proses kelahiran bayinya bisa lancar serta bayi yang dilahirkannya juga dalam keadaan sehat dan sempurna. Untuk itu, tentu saja setiap wanita harus mempersiapkan kelahiran bayinya dengan baik terutama bagi wanita yang masa kehamilannya sudah masuk pada masa trimester ketiga atau trimester akhir. Perlu Anda ketahui bahwa trimester ketiga merupakan fase akhir kehamilan yang menandakan bahwa sebentar lagi bayi akan terlahir.

Apabila masa kehamilan telah masuk pada trimester ketiga maka setiap wanita harus melakukan persiapan untuk menyambut kelahiran bayinya. Ada berbagai macam persiapan yang bisa Anda lakukan agar kelahiran bayi Anda menjadi lancar, salah satumya adalah melakukan latihan pernapasan. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan pasalnya cara bernapas yang baik dan benar akan bisa membantu proses persalinan menjadi lancar. Apabila Anda penasaran maka pada kesempatan ini akan kami ulas mengenai latihan pernapasan selama masa kehamilan.

Latihan Pernapasan Selama Masa Kehamilan

1. Slow Breathing
Latihan pernapasan yang pertama bisa dilakukan oleh para ibu hamil adalah slow breathing, latihan pernapasan yang satu ini bisa Anda lakukan dengan cara menarik napas perlahan – lahan sambil dihitung selama tiga hitungan. Setelah itu Anda bisa menghembuskan napas melalui hidung secara perlahan - lahan hingga habis, Anda bisa bisa melakukannya secara berulang - ulang.

2. Blowing Breathing
Blowing breathing menjadi latihan napas kedua yang bisa dilakukan oleh para ibu yang sedang hamil, latihan napas yang satu ini bisa Anda lakukan dengan mudah yakni menarik napas dalam - dalam secara perlahan melalui hidung. Setelah itu Anda bisa mengeluarkan napas melalui mulut secara perlahan seperti halnya hendak meniup lilin sehingga napas Anda menjadi lancar dan teratur.

3. Patterned Breathing
Latihan pernapasan ketiga yang juga sangat dianjurkan bagi para ibu yang sedang hamil adalah patterned breating, latihan pernapasan yang ketiga ini dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Anda bisa melakukan latihan pernapasan ini dengan cara mengambil napas kemudian membuangnya dengan cepat, Anda bisa mengambil napas melalui mulut dan mengeluarkannya melalui hidung.

4. Cleansing Breathing
Cleansing breathing menjadi latihan pernapasan keempat yang juga sangat baik untuk para ibu yang sedang hamil, latihan pernapasan yang satu ini bisa Anda lakukan dengan cara mengambil napas dalam - dalam dari hidung, kemudian tahanlah sebentar. Setelah itu Anda bisa mengeluarkan napas dari mulut secara perlahan hingga habis, Anda bisa melakukan latihan pernapasan ini secara rutin.

5. Hand Breathing
Latihan pernapasan kelima yang juga sangat baik untuk dilakukan oleh para ibu hamil adalah hand breathing yang mana sesuai dengan namanya, latihan pernapasan ini melibatkan tangan. Anda bisa meluruskan kedua tangan ke bagian depan, kemudian tarik napas dalam - dalam selama 5 hingga 6 hitungan, setelah itu Anda bisa mengeluarkan napas secara perlahan melalui mulut.

Para ibu hamil harus melakukan persiapan agar proses persalinannya menjadi lancar, salah satunya adalah dengan melakukan latihan pernapasan.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: