5 Jenis Olahraga Yang Cocok Dilakukan Ibu Hamil

5 Jenis Olahraga Yang Cocok Dilakukan Ibu Hamil – Walaupun tidak dianjurkan melakukan gerakan yang memforsir tenaga namun bukan berarti ibu hamil dilarang olahraga. Justu olah fisik ini sangat bermanfaat bagi kehamilan. Olahraga bagi ibu hamil memiliki berbagai manfaat besar. Mulai dari melatih otot agar lancar ketika persalinan, melancarkan sirkulasi darah, menambah kebugaran tubuh, hingga menghilangkan stress secara cepat. Namun bukan berarti semua jenis olahraga baik dilakukan untuk ibu hamil.

Anda mesti tahu apa saja jenis olahraga yang cocok dilakukan ibu hamil. Salah satu syarat olahraga aman untuk ibu hamil adalah tidak memiliki gerakan yang terlalu berat. Karena gerakan yang berat akan membuat resiko cedera lebih besar dan memengaruhi kondisi janin dalam kandungan. namun walaupun memiliki gerakan ringan, manfaatnya bagi ibu hamil sangat besar. Berikut berbagai contoh olahraga yang cocok dilakukan ibu hamil yang bisa anda ketahui.

Jenis Olahraga Yang Cocok Dilakukan Ibu Hamil

1. Berjalan kaki
Ibu hamil sangat dianjurkan rajin berjalan kaki minimal 15 menit setiap harinya. Olahraga sederhana ini bermanfaat membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh. selain itu berjalan kaki akan melancarkan sistem peredaran darah sehingga mencegah ibu hamil mengalami pembengkakan kaki yang parah. Anda bisa berjalan kaki setiap pagi secara rutin. Selain itu gunakan alas kaki yang nyaman untuk menghindari cedera ketika olahraga.

2. Berenang
Berenang bermanfaat melenturkan otot-otot tubuh. selain itu proses persalinan pun menjadi lebih mudah jika ibu hamil rajin berenang. Maka dari itu berenang merupakan jenis olahraga yang disarankan untuk ibu hamil. Anda bisa berenang setidaknya 20 menit setiap hari. Tubuh pun menjadi lebih bugar dan sehat selama kehamilan serta janin didalam kandungan bisa terpacu untuk bergerak aktif.

3. Yoga
Yoga sangat rekomended untuk olahraga ibu hamil. Olahraga yang identik dengan suasana tenang ini bermanfaat untuk merileksasi pikiran positif ibu hamil. Ada beberapa gerakan yoga yang bertujuan mempersiapkan fisik menjelang persalinan. Diharapkan dengan melakukan olahraga yoga anda bisa siap baik fisik maupun mental sebelum masuk ke fase persalinan.

4. Pilates
Pilates merupakan salah satu senam yang baik untuk ibu hamil karena bermanfaat menguatkan otot ibu hamil. Selain itu bentuk tubuh pun tetap terjaga serta berdampak positif bagi rileksasi psikis. Namun jika hendak melakukan pilates ada baiknya lakukan bersama dengan instruktur yang sudah berpengalaman. Jangan sampai melakukan tanpa instruktur demi keamanan kehamilan anda.

5. Senam kegel
Senam kegel merupakan salah satu olahraga yang berfungsi melatih otot organ intim. Pelatihan senam kegel pada ibu hamil sangat baik agar persalinan lebih mudah. Pasalnya otot menjadi lebih lentur sehingga memudahkan janin keluar secara normal. Selain itu untuk menjaga bentuk tubuh, senam kegel sangat rekomended untuk anda lakukan secara rutin dengan panduan instruktur berpengalaman.

Nah, itu dia berbagai jenis olahraga yang bermanfaat positif untuk ibu hamil. Anda tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: