5 Gejala Atau Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu

5 Gejala Atau Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu – Kehamilan datang dengan membawa berbagai tanda khusus. Bahkan tanda awalnya bisa anda identifikasi ketika usia janin masih 1 minggu. Adanya janin dalam kandungan akan menyebabkan berbagai perubahan baik fisik maupun mental. Secara alamiah tubuh akan merespon melalui tanda-tanda tertentu jika terjadi kehamilan. Adanya janin dalam kandungan ini menyebabkan fluktuasi hormon menjadi lebih tinggi. Maka dari itu tanda awal kehamilan 1 minggu ini bisa anda identifikasi secara mudah.

Memang pada sebagian tanda terdapat sedikit kerancuan dengan gejala menstruasi. Seperti bercak pendarahan, payudara terasa sakit, kram perut, dll. Namun jika diidentifikasi lebih lanjut tanda-tanda tersebut sedikit berbeda dengan menstruasi. Mengetahui tanda awal kehamilan 1 minggu sangat penting agar anda bisa mempersiapkan diri dalam menyambut kehamilan. Segera periksakan diri ke dokter kehamilan jika anda mengalami tanda awal kehamilan 1 minggu berikut ini.

Gejala Atau Tanda Awal Kehamilan 1 Minggu

1. Pendarahan ringan
Tanda awal kehamilan usia 1 minggu bisa anda identifikasi dari pendarahan ringan. Pendarahan ringan ini terjadi semenjak enam hari setelah berhubungan. Darah yang keluar karena kehamilan biasanya tidak berwarna cerah seperti halnya menstruasi. Pendarahan karena kehamilan bisa berhenti dalam waktu 24 jam dan sebaiknya jika mengalami hal tersebut segera periksakan diri ke dokter.

2. Kelelahan
Ketika masuk usia 1 minggu kehamilan tubuh menjadi mudah lelah. Kelelahan ini adalah respon alami karena tubuh mengeluarkan hormon progesteron yang tinggi. Selain itu kelelahan ini akan dibarengi dengan tubuh bergetar, detak jantung yang lebih tinggi intensitasnya, dll. istirahat yang cukup merupakan solusi tepat agar kelelahan yang dialami tidak semakin menjadi.

3. Suhu tubuh naik
Pembuahan yang terjadi akan meningkatkan suhu basal tubuh. setelah 1-2 minggu setelah pembuahan tubuh akan mengalami kenaikan suhu. Namun jika usia kehamilan sudah lebih dari dua minggu suhu tubuh akan kembali normal. Kenaikan suhu tubuh ini bukanlah demam atau penyakit berbahaya lainnya. Namun lebih mengarah pada respon alami yang terjadi pada tubuh karena kehamilan.

4. Tidak adanya tanda menstruasi
Salah satu kehamilan paling sering terjadi adalah tidak adanya menstruasi. Tidak mengalami menstruasi seperti biasa dikarenakan proses pembuahan terjadi pada rahim yang menyebabkan sel darah tidak keluar. Jika siklus menstruasi terbilang teratur maka sangat mudah diidentifikasi. Namun jika siklusnya tidak teratur, kehamilan dengan melihat gejala satu ini lebih sulit diidentifikasi.

5. Payudara menjadi lembut
Kehamilan membuat hormon estrogen dan progesteron meningkat. Hal ini juga berdampak pada perubahan bentuk payudara termasuk tekstur permukaannya. Hal ini disebabkan payudara menahan banyak cairan didalamnya sehingga bentuknya berubah dan menjadi lebih sensitif serta permukaannya lebih lembut dari fase di luar kehamilan.

Itu dia berbagai tanda kehamilan 1 minggu yang bisa anda ketahui. Periksakan diri ke dokter untuk mendapat hasil yang lebih akurat. Semoga bermanfaat.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: