5 Faktor Penyebab Kemandulan Pada Wanita

5 Faktor Penyebab Kemandulan Pada Wanita – Kemandulan merupakan momok paling besar yang ditakuti semua pasangan. Resiko kemandulan ini bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Dan kali ini kita akan membahas mengenai apa saja penyebab kemandulan pada wanita. Kesehatan organ reproduksi sangat berperan penting agar sel telur dan sperma bisa bertemu dan memperbesar peluang kehamilan. Namun ada beberapa masalah dalam tubuh yang membuat sel telur dan sperma tidak bisa bertemu sehingga pembuahan menjadi sulit terjadi.

Hal ini bisa disebabkan karena produksi hormon estrogen yang menurun, adanya PCOS atau sindrom ovarium polkistik yang kemungkinan diidap oleh wanita. Penyebab kemandulan pada wanita memang sangat beragam. Selain karena PCOS, efek samping obat-obatan tertentu juga bisa berdampak pada menurunnya kesuburan. Selain itu rokok dan minuman keras juga bisa membuat resiko kemandulan lebih besar. Kenali apa saja penyebab infertilitas pada wanita yang selengkapnya akan diulas berikut ini.

Faktor Penyebab Kemandulan Pada Wanita

1. Tubuh memiliki prolaktin tinggi
Ketika tubuh menghasilkan prolaktin dalam jumlah besar maka hormon estrogen dalam tubuh akan menurun produksinya. Hal ini akan mempersulit kemungkinan kehamilan terjadi dan memicu kemandulan. Biasanya prolaktin yang tinggi bisa disebabkan karena obat keras yang masuk dalam tubuh sebagai efek sampingnya. Biasanya obat untuk menyembuhkan penyakit kronis mengandung efek produksi prolaktin cukup besar.

2. Kerusakan saluran tuba falopi
Jika tubuh mengalami kerusakan saluran tuba falopi akan menyebabkan sperma menjadi sulit bertemu dengan sel telur. Kondisi tersebut menyebabkan pasangan sulit hamil atau mengalami kemandulan. Infeksi radang panggul akibat penyakit seksual menular merupakan penyebab kerusakan tuba falopi. Selain itu efek operasi pembedahan di bagian perut dan sekitar panggul juga beresiko terhadap kerusakan saluran tuba falopi tersebut.

3. Pengaruh usia
Usia juga berpengaruh pada tingkat produktivitas kehamilan. Ketika sudah masuk di usia 30 tahun keatas, tubuh akan menghasilkan sel telur dalam jumlah yang lebih sedikit. Hal ini membuat wanita menjadi sulit mengalami konsepsi dan beresiko keguguran. Bahkan jika kehamilan terjadi di usia yang sudah tua sangat rentan dan mesti mendapat penanganan ekstra agar ibu dan janin tidak mengalami dampak berbahaya.

4. Pengaruh rokok dan alkohol
Pengaruh rokok dan alkohol bisa terjadi secara langsung pada wanita. Mulai dari menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, kerusakan sel telur, kista, penyakit tuba falopi, hingga berbagai resiko yang membuat wanita sulit hamil. Zat adiktif yang ada pada rokok dan minuman keras tersebut memang berpotensi menggangu kesuburan wanita yang berujung pada kemandulan.

5. Penyakit menular seksual
Penyakit menular seksual yang diidap wanita erat kaitannya dengan potensi kemandulan. Contohnya infeksi dari gonore yang bisa merusak saluran tuba falopi. Biasanya wanita yang kerap berhubungan bebas sangat rentan mengalami infeksi tersebut. Perilaku tidak sehat ini juga bisa menimbulkan sejumlah penyakit yang tidak bisa sembuh seperti HIV/AIDS dan penyakit berbahaya lainnya.

Demikianlah berbagai faktor yang bisa menyebabkan kemandulan. Jangan sampai anda mengalaminya dan cegah sedini mungkin demi kesehatan kesuburan anda. semoga bermanfaat.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: