Terbukti Ampuh, Ini 4 Cara Menghilangkan Kumis dan Jenggot Permanen

Terbukti Ampuh, Ini 4 Cara Menghilangkan Kumis dan Jenggot Permanen - Pada pria, tumbuhnya kumis dan jenggot membuat penampilan terlihat lebih seksi dan macho. Bahkan, pertumbuhan bulu tersebut juga menandakan bahwa laki-laki tersebut telah dewasa. Namun, keberadaan kumis dan jenggot seringkali menjadi masalah bagi sebagian pria, terutama mereka yang menyukai tampilan yang bersih dan rapi sehingga mereka cenderung lebih aktif mencukur bulu tersebut secara rutin. Buat yang suka tampil rapi namun tidak punya waktu luang untuk mencukur, ikuti cara menghilangkan kumis dan jenggot permanen berikut ini.


Pada dasarnya, kumis dan jenggot tidak dapat dihilangkan secara permanen karena adanya hormon testosteron yang merangsang pertumbuhan rambut tersebut dalam tubuh seseorang. Akan tetapi, terdapat cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan rambut tersebut secara semi-permanen sehingga Anda tidak perlu terlalu sering mencukur. Cara menghilangkan kumis dan jenggot permanen dapat dilakukan secara alami maupun non alami dengan bantuan teknologi yang telah berkembang.
Cara Menghilangkan Kumis dan Jenggot Permanen

Cara Menghilangkan Kumis dan Jenggot Permanen Secara Alami

1. Bubuk Kunyit dan Susu
Kunyit merupakan salah satu bahan dapur yang banyak dimanfaatkan dalam dunia kecantikan sebagai salah satu bahan kosmetik.Tanaman herbal ini juga mengandung zat anti bakteri dan anti inflasi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kunyit yang dicampur dengan susu terbukti efektif dalam menghilangkan kumis maupun jenggot secara permanen. Berikut langkah-langkah penggunaannya.

  • Menyiapkan kunyit yang telah ditumbuh menjadi bubuk dan susu bubuk. Jika tidak ada susu bubuk dapat diganti dengan susu cair.
  • Mencampurkan bubuk kunyit dan susudengan perbandingan 1:1 sampai merata dan berbentuk menyerupai pasta. Apabila menggunakan susu bubuk, tambahkan sedikit air agar bahan bisa mengental membentuk pasta. Jangan terlalu banyak menambahkan air agar pasta tidak menjadi encer karena akan sulit menempel pada wajah.
  • Mengoleskan pasta kunyit susu tersebut ke kulit wajah yang ditumbuhi kumis dan jenggot secara merata.
  • Kemudian diamkan selama beberapa menit sampai pasta pada wajah menjadi kering.
  • Selanjutnya bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih dan pasta tidak ada yang tertinggal. Sebaiknya bilas dengan menggunakan kasa yang telah direndam air hangat agar pasta dapat terangkat secara optimal.


2. Pepaya dan Kunyit Bubuk
Pepaya merupakan salah satu buah dengan serat tinggi sehingga banyak dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan.Selain itu, perlu diketahui bahwa buah ini juga mengandung enzim pepsin yang tinggi.Enzim tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan bulu halus pada wajah yang mengganggu penampilan. Adapun cara menghilangkan kumis dan jenggot permanen menggunakan pepaya yaitu:

  • Menyiapkan buah pepaya yang masih mentah dan kunyit bubuk. Jika tidak memiliki kunyit bubuk dapat menggunakan kunyit biasa yang masih utuh lalu ditumbuk.
  • Kemudian pepaya mentah dihaluskan dengan menggunakan blender atau ditumbuk
  • Mencampurkan pepaya yang telah dihaluskan dan bubuk kunyit dengan perbandingan 2:1 yaitu 2 sendok pepaya dan 1 sendok kunyit. Kedua bahan tersebut selanjutnya diaduk sampai merata dengan diberi sedikit air sampai mendapatkan kekentalan yang pas dan berbentuk menyerupai krim.
  • Oleskan krim pepaya tersebut secara merata ke bagian kulit wajah yang telah ditumbuhi jenggot dan kumis. Selanjutnya diamkan sampai krim tersebut meresap pada kulit wajah dan mengering.
  • Bersihkan krim pada wajah yang mengering dengan menggunakan air hangat. Anda juga bisa menggunakan air dingin, namun air hangat lebih efektif untuk membersihkan krim yang tersembunyi pada pori-pori wajah.


3. Lemon dan Gula Pasir
Air perasan lemon maupun jeruk nipis tidak hanya bagus untuk mencerahkan wajah yang kusam oleh paparan sinar matahari, namun juga bisa digunakan untuk menghilangkan kumis dan jenggot yang tumbuh pada wajah. Kandungan vitamin C yang tinggi juga akan membantu membuat wajah menjadi lebih segar dan tentunya aman diaplikasikan pada wajah. Cara meghilangkan kumis dan jenggot permanen menggunakan lemon yaitu:

  • Menyiapkan air perasan lemon, gula pasir dan air. Jika tidak memiliki lemon dapat diganti dengan menggunakan jeruk nipis.
  • Mencampurkan air lemon, gula pasir dan air dengan perbandingan 1:1:5 yaitu 1 sendok makan air lemon, 1 sendok makan gula pasir dan 5 sendok makan air. Selanjutnya, mengaduk semua bahan yang telah dicampurkan secara merata sampai gela pasir terlarut.
  • Oleskan hasil campuran tersebut pada kulit wajah yang berkumis dan berjenggot sampai merata di seluruh permukaan kulit. Kemudian biarkan sekitar 2-3 menit sampai olesan tersebut mengering.
  • Langkah terakhir yaitu membilas wajah dengan menggunakan kasa atau kain yang telah direndam air hangat. Olesan tersebut menyebabkan wajah sedikit lengket oleh lemon dan gula sehingga dapat menggunakan sabun cuci muka untuk membersihkannya jika merasa tidak nyaman. Sabun cuci muka sebaiknya dipakai setelah dibersihkan dengan air hangat terlebih dahulu.

Hal yang perlu diwaspadai jika menggunakan lemon yaitu mungkin akan menyebabkan sedikit rasa perih pada bagian wajah yang terluka atau berjerawat.

Cara Menghilangkan Kumis dan Jenggot Non Alami

Laser Hair Removal
Laser hair removal merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi dalam dunia medis yang ditujukan untuk menghilangkan rambut-rambut yang tumbuh pada seluruh bagian tubuh seseorang yang tidak diinginkan seperti bulu ketiak, kumis dan jenggot.Saat ini metode tersebut menjadi populer karena terbukti ampuh dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Cara kerja metode ini yaitu dengan menghancurkan folikel rambut menggunakan paparan sinar yang dihasilkan oleh laser. Sinar panas tersebut juga akan menghambat pertumbuhan rambut kedepannya karena folikel rambut telah rusak dan tubuh membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meregenerasi.

Cara menghilangkan kumis dan jenggot secara permanen menggunakan metode laser hair removal adalah sebagai berikut.

  • Membersihkan permukaan kulit yang ditumbuhi kumis dan jenggot terlebih dahulu.
  • Kemudian mencukur rambut-rambut tersebut dengan menggunakan alat cukur biasa agar sinar dapat diserap secara sempurna oleh folikel rambut.
  • Mengoleskan gel pada permukaan kulit yang ditumbuhi kumis dan jenggot. Gel digunakan untuk mengurangi rasa panas dan tidak nyaman saat sinar laser dipaparkan ke kulit wajah.
  • Memberikan paparan sinar laser ke bagian kulit yang ditumbuhi kumis dan jenggot selama sekitar 15 menit.
  • Setelah itu, permukaan kulit wajah dibersihkan dari gel dengan menggunakan tisu dan handuk.
  • Metode laser hair removal ini menimbulkan beberapa efek samping yang berbeda-beda pada penggunanya seperti menimbulkan rona merah atau gatal-gatal pada wajah. Namun, efek ini tidak akan berlangsung lama hanya sekitar 1-2 hari. Metode ini lebih efektif diaplikasikan oleh pemilik kulit terang karena sinar laser akan dapat menargetkan pigmen rambut yang berwarna hitam dengan cepat dan tepat.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan kumis dan jenggot permanen yang mengganggu penampilan sehari-hari. Dari semua metode yang telah dijelaskan di atas, manakah yang menjadi favorit Anda?
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: