6 Penyebab Kenapa Air Kencing Anda Berbau Menyengat dan Tidak Sedap


6 Penyebab Kenapa Air Kencing Anda Berbau Menyengat dan Tidak Sedap - Mungkin anda sudah tahu bahwa warna air kencing dapat menandakan apakah tubuh anda cukup terhidrasi atau tidak. Tubuh yang mendapatkan asupan cairan yang cukup cenderung memiliki air kencing berwarna kuning pucat dan hampir tidak berbau. Lantas, bagaimana jika air seni anda memiliki bau yang menyengat? Apakah itu menandakan anda tengah terkena dehidrasi? Atau terdapat penyakit mengerikan lainnya yang tengah mengintai anda saat ini?

Pada dasarnya, sangat tidak mudah untuk mendiagnosa apakah anda terkena penyakit tertentu atau tidak. Tetapi, terdapat beberapa alasan kenapa air kencing anda memiliki bau yang sangat menyengat. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari akibat mengkonsumsi makanan tertentu hingga kondisi gangguan kesehatan.
6 Penyebab Kenapa Air Kencing Anda Berbau Menyengat dan Tidak Sedap

Jika anda saat ini tengah khawatir karena mengeluarkan air seni yang memiliki bau menyengat dan tidak sedap, ada baiknya anda mengetahui penyebab dan alasan-alasan tersebut yang telah kami rangkum di bawah ini.

1. Anda Terkena Dehidrasi
Tidak hanya membuat air kencing anda berwarna kuning gelap, kekurangan cairan atau H2O juga bisa menyebabkan air kencing anda berbau tidak sedap. Menurut Mehran Movassaghi, MD, seorang ahli urogoli dari Movassaghi Urogoly di Santa Monica mengatakan bahwa ketika tubuh anda memecah protein yang anda makan, maka senyawa yang tak berwarna bernama urea akan terbentuk dan kemudian diekskresikan melalui urin anda.

Cairan di tubuh anda juga bertugas untuk mengencerkan urea tersebut. Sehingga, ketika anda tidak cukup mendapatkan cairan, maka air kencing anda akan terlihat lebih kuning dan memiliki aroma menyengat karena mengandung lebih banyak urea yang terkonsentrasi di sana.

2. Mengkonsumsi Makanan Tertentu
Makanan tertentu seperti jengkol dapat membuat air seni anda memiliki aroma yang menyengat. Selain itu, menurut sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh BMJ menemukan bahwa tanaman bernama asparagus dapat membuat air seni anda memiliki bau yang tidak sedap. Hal ini karena asparagus bersama dengan bawang putih mengandung senyawa sulfur tertentu yang dapat memberikan perubahan aroma terhadap air kencing anda. Pola diet yang tinggi akan protein juga bisa membuat air kencing anda memiliki bau yang tidak sedap.

3. Meminum Terlalu Banyak Kopi
Biji kopi mengandung senyawa yang disebut caffeol yang dilepaskan saat proses pemanggangan. Tetapi sayangnya, senyawa tersebut tidak larut dalam air sehingga akan tetap utuh ketika berjalan melalui saluran pencernaan anda.

Menurut Adam Ramin, MD, seorang ahli urologi yang bertempat di Urology Cancer Specialists di Los Angeles mengatakan bahwa caffeol tersebut akan lebih terkonsentrasi ketika anda mengalami dehidrasi, dan hasilnya air kencing anda akan memiliki bau menyengat dan tidak sedap. Bau tersebut akan semakin diperparah ketika dikeluarkan bersama dengan urea.

4. Anda Menderita Infeksi Saluran Kemih (ISK)
Ketika terdapat infeksi di area manapun di saluran kemih anda, maka bakteri akan mengubah bau dan warna urin yang terdapat di sana. Dalam kasus ISK, warna urin tersebut akan berwarna lebih gelap dan terlihat seperti darah. Segera periksakan diri anda ke dokter jika anda mengalami hal tersebut untuk pemeriksaan lebih lanjut. Jika ISK tersebut disebabkan oleh bakteri, biasanya bisa diatasi dengan antibiotik.

5. Mengkonsumsi Suplemen Atau Obat Tertentu
Beberapa vitamin, obat-obatan dan suplemen mengandung bahan yang dapat mengubah aroma air kencing anda, dan bahkan bersama dengan warnanya. Contohnya obat antibiotik yang dapat mengubah bau dari air kencing anda karena kandungan penicillin yang dimilikinya.

6. Anda Menderita Infeksi Menular Seksual
Beberapa infeksi menular seksual juga dapat membuat air kencing anda berbau tidak sedap. Salah satunya adalah trikomoniasis, klamidia, dan gonore. Perubahan tersebut terjadi dikarenakan organisme penyebab penyakit-penyakit tersebut memicu produksi ammonia yang dimana tubuh mencoba untuk membersihkannya melalui sistem saluran kemih anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: