7 Nutrisi Yang Dibutuhkan Untuk Dapat Melawan Kelelahan


7 Nutrisi Yang Dibutuhkan Untuk Dapat Melawan Kelelahan - Kelelahan bisa menjangkiti siapa saja, terlebih di zaman modern saat ini. Selain dapat mengganggu pekerjaan atau aktivitas anda sehari-hari, kelelahan juga dapat mempengaruhi mental dan fisik anda secara keseluruhan. Hal ini bisa disebabkan oleh stres, pengobatan tertentu, terlalu banyak bekerja, masalah tidur, atau penyakit. Jika anda merasa kelelahan tersebut disebabkan oleh penyakit tertentu, ada baiknya anda untuk segera memeriksakan diri anda ke dokter.

Tetapi, jika anda merasa yakin bahwa rasa lelah tersebut tidak ada hubungannya dengan penyakit apapun, mungkin anda bisa menyingkirkannya dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan tertentu. Percaya atau tidak, pola makan juga bisa mempengaruhi energi anda sehari-hari, sehingga sangat penting bagi anda untuk memilih makanan mana yang terbaik untuk melawan rasa lelah tersebut.
7 Nutrisi Yang Dibutuhkan Untuk Dapat Melawan Kelelahan 

Di bawah ini merupakan jenis-jenis makanan yang telah dikelompokkan ke dalam kandungan nutrisi yang dimilikinya. Jenis-jenis makanan ini memang tidak akan memberikan efek secara langsung seperti layaknya minuman suplemen berenergi. Tetapi, makanan ini dapat memberikan efek jangka panjang serta lebih menyehatkan. Dimulai dari protein hingga beta-karoten, berikut adalah 7 nutrisi penting yang harus anda dapatkan untuk bisa melawan kelelahan.

1. Protein
Jika anda selalu sarapan tanpa ditemani dengan makanan yang mengandung protein, kemungkinan anda akan merasa kelelahan dan mengantuk di siang hari. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang melewatkan protein saat sarapan juga cenderung mengalami depresi, stres, dan terlihat kurang sehat secara fisik dibandingkan dengan mereka yang selalu mengkonsumsi protein secara teratur.

Asam amino yang membentuk protein dapat menumbuhkan dan memperbaiki segala sistem dalam tubuh anda dimulai dari pembuluh darah hingga rambut. Asam amino juga membantu meningkatkan kadar neurotransmitter yang memperbaiki suasana hati serta meningkatkan kewaspadaan.
Protein bisa anda dapatkan dalam makanan seperti ikan, daging, makanan produk susu, dan kacang-kacangan. Anda membutuhkan sekitar 0,8 gram protein per kilogram dari berat tubuh anda setiap harinya. misalnya, jika anda memiliki berat sebanyak 68 kg, maka anda membutuhkan 54 gram protein (68x0,8).

2. Zat Besi
Kekurangan zat besi merupakan penyebab paling umum seseorang terkena anemia, yaitu kondisi yang menyebabkan rendahnya volume sel darah merah yang mengarah ke kelelahan. Gejalanya bisa meliputi perasaan lemah, pucat, kelelahan, dan kuku yang rapuh. Harap hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.

Jumlah zat besi yang direkomendasikan adalah sekitar 8 miligram untuk pria dan wanita yang telah memasuki fase menopause, serta 18 miligram untuk wanita yang masih aktif mengalami haid. Anda bisa mendapatkan zat besi dari makanan seperti daging merah dan kacang-kacangan. Tetapi zat besi dari makanan hewani lebih mudah diserap daripada zat besi dari makanan nabati. Jadi, jika anda adalah seorang vegetarian yang ingin mendapatkan zat besi dari makanan berbasis tumbuhan, maka anda harus mengimbanginya dengan asupan vitamin C yang cukup.

3. Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat merupakan sumber energi yang utama bagi tubuh, tetapi kebanyakan dari kita terlalu banyak memilih karbohidrat sederhana yang mudah dicerna, sehingga mengirimkan gula ke dalam darah secara cepat dan menyebabkan energi anda cepat habis. Untuk mengatasinya, cobalah untuk lebih memilih karbohidrat komplek dari makanan seperti beras merah daripada beras putih yang biasa anda makan sehari-hari.

4. Vitamin C
Penelitian baru-baru ini telah menemukan bahwa kekurangan vitamin C telah dikaitkan dengan kelelahan. Vitamin C sangat penting untuk kesehatan sistem adrenal, dimana membantu mencegah rasa lelah baik secara fisik maupun mental. Vitamin C juga dapat melawan infeksi dan membantu penyerapan zat besi secara lebih baik.

Jumlah yang disarankan adalah sekitar 75 miligram per hari untuk wanita dan 90 miligram per hari untuk pria. Anda bisa mendapatkan vitamin C dari makanan seperti buah citrus atau brokoli. Perlu diperhatikan juga bahwa memasak makanan tertentu akan mengurangi kadar vitamin C sebanyak 25%, sehingga akan lebih baik jika anda mendapatkan vitamin C tersebut dari buah-buahan yang bisa dimakan tanpa dimasak.

5. Magnesium
Magnesium sangat penting untuk memproduksi sejenis molekul yang disebut adenosine triphosphate, yaitu produk akhir dari konversi makanan ke dalam energi. Magnesium juga dapat menenangkan otot dan membantu anda agar mudah tertidur. Jika anda tidak cukup mendapatkannya, maka kemungkinan besar anda akan merasa lelah dan lemah.

Magnesium bisa anda dapatkan dari biji labu atau bayam. Asupan harian yang direkomendasikan adalah sekitar 400 hingga 420 miligram untuk pria, dan 310 hingga 320 miligram untuk wanita.

6. Beta-Karoten
Beta-karoten merupakan bentuk dari vitamin A yang dapat memberikan warna merah-jingga secara alami terhadap beberapa sayuran dan buah-buahan seperti wortel atau ubi jalar. Dengan manfaatnya yang dapat mendukung kesehatan selaput sel, beta-karoten bisa meningkatkan perlindungan anda terhadap virus, bakteri, jamur, dan alergi.

7. Kalium
Kekurangan kalium dapat beresiko anda mengalami kelelahan dan kelemahan otot. Penelitian juga telah menemukan bahwa seseorang yang kekurangan kalium memiliki daya cengkram tangan yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang cukup mendapatkannya. Kalium dapat membantu memindahkan nutrisi ke dalam sel-sel, menjaga keseimbangan cairan, mengatur kontraksi otot, dan menjaga sistem saraf serta detak jantung yang sehat.

Kalium bisa anda temukan dalam bayam atau alpukat dan pastikan anda mendapatkannya sebanyak 4.700 miligram per hari. Selain itu, kalium juga dapat mengurangi ekskresi kalsium, sehingga secara tidak langsung juga dapat menjaga kesehatan tulang anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: