10 Manfaat Yang Bisa Anda Dapatkan Dari Rumput Laut Untuk Kesehatan


10 Manfaat Yang Bisa Anda Dapatkan Dari Rumput Laut Untuk Kesehatan - Rumput laut adalah nama yang biasa digunakan untuk sejumlah spesies alga dan tumbuhan laut yang berkembang biak di dalam air seperti sungai dan samudera. Tumbuhan tersebut memiliki ukuran yang beragam sesuai dengan nama dan jenisnya. Kebanyakan rumput laut memiliki ukuran yang sedang dan bisa ditemukan dalam berbagai macam warna dimulai dari warna hijau, coklat, hingga merah. Di beberapa tempat tertentu, anda malah bisa dengan mudah menemukannya di garis pantai.

Sama halnya dengan sayuran yang biasa ditanam di daratan, rumput laut juga mengandung sejumlah besar komponen pendukung kesehatan untuk tubuh anda. Rumput jenis ini dikemas dengan mineral esensial seperti magnesium, kalsium, tembaga, kalium, selenium, zinc, yodium dan zat besi, tetapi tetap rendah lemak.  Rumput laut juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti antioksidan, vitamin, dan asam lemak omega-3 yang bisa mendukung kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.
10 Manfaat Yang Bisa Anda Dapatkan Dari Rumput Laut Untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, rumput laut tentu saja dapat mempengaruhi tubuh anda dan melawan berbagai macam penyakit. Sama halnya dengan nutrisi yang bisa ditemukan di makanan darat, berikut adalah 10 manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi rumput laut.

1. Melawan Kanker
Rumput laut mengandung sifat anti-kanker yang berguna dalam menyembuhkan tumor dan berbagai macam kondisi kanker lainnya, seperti kanker usus besar dan leukimia. Jenis rumput laut berwarna coklat seperti kombu memiliki kandungan polisakarida sulfat dan glicoprotein yang disebut dengan fucoidans, dimana bermanfaat untuk merangsang sistem kekebalan, anti-virus, dan anti-kanker.

2. Sumber Yodium
Rumput laut sangat kaya akan yodium yang diserap dari air laut dalam cumlah yang cukup. Yodium sendiri merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bagi semua usia. Selain itu, yodium juga bermanfaat untuk meregulasi fungsi tiroid secara normal yang melibatkan otak dan kelenjar di bawah otak. Kekurangan yodium dapat mengakibatkan anda terkena kelainan di tubuh seperti pembesaran tiroid atau gondok, hipotiroidisme, dan keterbelakangan mental.

3. Mengurangi Obesitas
Penelitian telah menunjukkan bahwa memakan rumput laut dapat memberikan efek anti-obesitas terhadap tubuh anda. Senyawa yang disebut fucoxanthin yang terdapat dalam rumput laut dapat membantu mengurangi penumpukan lemak dan berat badan.

4. Kesehatan Pencernaan
Rumput laut memiliki efek pencahar ringan dan cukup bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan. Efek tersebut juga membantu dalam merangsang pelepasan enzim di pencernaan anda sehingga bermanfaat dalam penyerapan nutrisi serta memetabolisme lemak di dalam tubuh.

5. Melawan Diabetes
Senyawa yang disebut Fucoxanthin yang hadir dalam rumput laut coklat telah terbukti memiliki efek anti-diabetes yang ampuh. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa efek anti-diabetes tersebut dikarenakan adanya asam alginic yang terdapat dalam rumput laut jenis kombu.

6. Memiliki Sifat Anti-koagulan
Penelitian laboratorium lainnya juga menunjukkan bahwa rumput laut memiliki sifat antioksidan dan anti-koagulan yang dikenal sebagai pengencer darah dan mencegah pembentukan bekuan darah serta mengurangi resiko anda terkena stroke, gagal jantung, dan penyumbatan di pembuluh darah dan arteri.

7. Detoksifikasi
Kemampuan lainnya yang bisa anda manfaatkan dari rumput laut adalah dapat digunakan sebagai detoksifikasi, membersihkan tubuh dan membantu dalam ekskresi limbah beracun. Sifat pengikat dan penyerap alami yang disebut dengan alginate dapat menghilangkan segala macam racun di dalam tubuh anda melalui kotoran.

8. Mencegah Terkena Influenza
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa rumput laut juga memiliki sifat anti-virus yang telah terbukti dapat melindungi tubuh anda dari virus influenza B. Rumput laut yang anda makan tersebut dapat menghalangi penyerapan partikel virus berbahaya di dalam sel sehingga dapat mencegah tubuh anda terkena infeksi dan jatuh sakit.

9. Kesehatan Kardiovaskular
Rumput laut juga telah terbukti dan bermanfaat dapat menjaga kadar trigliserida dan kolesterol di dalam tubuh anda agar tetap rendah. Sehingga, secara langsung anda bisa menjaga kesehatan jantung, membuat sirkulasi di pembuluh darah tetap halus, dan mencegah kondisi berbahaya seperti gagal jantung, aterosklerosis, dan penyakit arteri perifer.

10. Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan yang melimpah akan vitamin, mineral, asam amino dan antioksidan di dalam rumput laut dapat membantu menjaga tubuh anda agar tetap lembab dan awet muda. Nutrisi-nutrisi tersebut dapat melindungi kulit dari efek polutan lingkungan yang berbahaya dan membantu memperlambat proses penuaan di kulit anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: