7 Manfaat Susu Sapi Untuk Kesehatan


7 Manfaat Susu Sapi Untuk Kesehatan - Kita bisa menemukan susu sapi di hampir semua wilayah di Indonesia, dimulai dari pedesaan hingga perkotaan. Minuman ini juga merupakan salah satu produk hewani yang paling umum dikonsumsi dan sangat menyehatkan. Kebanyakan orang sudah mengetahui bahwa susu sapi dapat membantu masa pertumbuhan seseorang. Tetapi, manfaatnya tidak berhenti sampai disana.

Susu sapi sangat tinggi akan protein, vitamin B, vitamin D, beberapa mineral, senyawa organik dan antioksidan yang dapat mempengaruhi dan merangsang tubuh anda secara positif dalam berbagai macam cara. Setidaknya terdapat 7 macam manfaat susu sapi yang akan dibahas di artikel kali ini. Dimulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga membantu menurunkan berat badan, berikut adalah daftar 7 manfaat yang bisa anda petik dari mengkonsumsi susu sapi bagi kesehatan.
7 Manfaat Susu Sapi Untuk Kesehatan

1. Menjaga Tulang dan Gigi yang Kuat
Mungkin ini manfaat yang paling banyak diketahui dari mengkonsumsi susu sapi. Hal ini karena kalsium, protein dan mineral penting lainnya yang berguna menjaga kepadatan tulang dan kekuatan gigi semuanya terdapat di dalam susu sapi. Seiring dengan berjalannya usia anda, kepadatan mineral tulang akan meningkat dan susu dapat menjadi solusi sederhana untuk menjaganya agar tetap kuat.

2. Kesehatan Jantung
Pada dasarnya, sapi yang selalu memakan rumput memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi di dalam produk susu mereka. Asam lemak omega-3 tersebut merupakan bentuk kolesterol baik yang bisa memberikan manfaat untuk tubuh anda, terutama membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah terkena kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

3. Mencegah Diabetes
Penelitian telah menghubungkan asupan susu dengan regulasi kadar gula darah dalam tubuh seseorang. Dengan tingginya kadar vitamin B dan mineral esensial yang dimilikinya, susu sapi dapat membantu metabolisme tubuh berjalan dengan lebih baik dan mengolah makanan dengan cara yang lebih normal, sehingga dapat mengatur tingkat glukosa dan insulin. Menjaga kadar gula darah tetap normal artinya bisa mencegah resiko anda terkena penyakit berbahaya seperti diabetes tipe-2.

4. Menurunkan Berat Badan
Penelitian juga telah menunjukkan bahwa susu sapi dapat membantu menurunkan berat badan dengan berbagai macam cara dan alasan. Pertama, susu dapat membantu anda merasa kenyang karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Kedua, susu juga ternyata sangat rendah akan kalori sehingga menjadi minuman yang pas bagi para pelaku diet. Selain itu, karena kandungan protein dan kemampuannya dalam meningkatkan metabolik, susu sapi juga dapat menyediakan lebih banyak energi untuk anda.

5. Obat Radang
Susu sudah banyak dikenal sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit dimulai dari asam urat dan arthritis hingga gangguan pernafasan dan luka bakar pada kulit. Kombinasi antara protein hewani, asam lemak omega-3, mineral, dan antioksidan yang terdapat dalam susu menjadi zat anti radang yang sangat luar biasa. Terdapat juga kebiasaan orang meminum susu setelah mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini karena nutrisi dalam susu sapi dapat menenangkan peradangan dan meningkatkan penyerapan nutrisi di dalam perut anda.

6. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Tubuh
Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa protein sangat penting untuk fungsi tubuh. Susu sapi mengandung protein yang lengkap dan bisa bermanfaat secara langsung untuk tubuh anda, baik dalam memproduksi energi maupun pertumbuhan dan perkembangan tubuh secara alami.

7. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh 
Susu tidak hanya mengandung kalsium dan protein, tetapi juga memiliki senyawa antioksidan seperti vitamin E, selenium dan zinc dimana dapat membantu menghancurkan radikal bebas penyebab mutasi dan penyakit kronis di dalam tubuh anda. Penelitian bahkan telah menunjukkan terdapat keterkaitan antara mengkonsumsi susu sapi dengan mengurangi resiko anda terkena penyakit jantung koroner dan bahkan kanker.

Demikian artikel dari webmateri mengenai 7 manfaat susu sapi untuk kesehatan. Semoga informasi yang ada dapat berguna bagi anda. Terima kasih sudah mampir di webmateri.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: