7 Manfaat Minyak Biji Anggur dan Efek Samping

7 Manfaat Minyak Biji Anggur dan Efek Samping - Ada beberapa manfaat kesehatan penting dari minyak biji anggur termasuk kemampuannya untuk menurunkan peradangan, melindungi jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, merangsang aktivitas kognitif, melindungi kulit, meremajakan rambut, mencegah penyakit kronis, menghilangkan ketombe dan Keseimbangan kadar gula darah.

Ada sejumlah efek samping yang potensial, seperti sakit kepala, mual, pusing dan tekanan darah tinggi, serta reaksi alergi dan komplikasi dengan obat atau kondisi medis tertentu. Dengan kata lain, bila menggunakan minyak ini secara tepat, dan bila sesuai, dapat memberikan sejumlah manfaat yang sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan.
7 Manfaat Minyak Biji Anggur dan Efek Samping

Minyak biji anggur adalah minyak nabati yang ampuh yang diekstrak dari biji anggur, sesuai namanya, dan oleh karena itu banyak tersedia di daerah penghasil anggur yang juga diekspor ke seluruh dunia. Minyak ini telah mendapat banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir karena tingginya kadar lemak tak jenuh ganda dan fleksibilitasnya dalam aplikasi kuliner dan praktik pengobatan alami.

Dengan titik asap yang relatif rendah, ini sering digunakan sebagai saus salad, bukan minyak goreng, untuk memastikan semua nutrisi tersimpan dalam minyak. Seperti banyak minyak goreng yang sehat, minyak biji anggur merupakan sumber asam lemak baik yang hebat, yaitu asam linoleat, oleat dan linolenat, serta asam stearat, palmitat dan palmitoleat. Banyak zat ini anti-inflamasi, merangsang dan antioksidan di alam, yang memberi minyak ini beberapa kekuatannya yang mengesankan mengenai kesehatan manusia. Ada juga kadar vitamin E, sterol, dan steroid yang signifikan, yang selanjutnya meningkatkan potensi kesehatan minyak ini.

Manfaat Minyak Biji Anggur

Banyak orang beralih ke minyak biji anggur saat mereka berjuang dengan arthritis, kondisi peradangan, ketombe, diabetes, eksim, demensia, Alzheimer, perpecahan, sistem kekebalan tubuh yang lemah dan tekanan darah tinggi, serta risiko kanker dan kronis yang tinggi. penyakit.

Kulit: Minyak biji anggur mempengaruhi kulit dengan berbagai cara, berkat sifat emolien, astringen, antioksidan dan anti-inflamasinya. Menerapkan minyak ini ke kulit Anda, sering dikombinasikan dengan minyak pembawa, dapat membantu mengunci kelembaban dan menjaga agar kulit tetap segar dan menumpuk. Selanjutnya, sifat astringent akan mengencangkan kulit Anda, meminimalkan munculnya keriput dan meningkatkan elastisitas. Aspek antiinflamasi dan antioksidan akan membantu menghilangkan gejala eksim, psoriasis, rosacea dan bahkan reaksi alergi dan ruam, sekaligus merangsang pertumbuhan sel baru dan melindungi kulit dari infeksi.

Kesehatan Rambut: Tingginya kadar vitamin E dan asam lemak dalam minyak biji anggur menjadikannya pelembab yang sangat baik untuk rambut, sementara juga mengurangi kerepotan dan mempromosikan kulit kepala yang lembab. Ini akan membantu menghilangkan ujung putus dan ketombe, sekaligus menguatkan rambut pada akar, di folikel, dan mencegah rambut rontok.

Kognisi: Sejumlah penelitian telah menghubungkan efek anti-inflamasi dan antioksidan lemak tak jenuh ganda terhadap pengurangan deposisi plak dan pembengkakan pada jalur saraf dan kapiler yang memberi makan otak. Hal ini dapat memperlambat atau mencegah timbulnya demensia dan Alzheimer, sekaligus meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan ketangkasan kognitif.

Masalah Kardiovaskular: Bagi mereka yang khawatir dengan kesehatan jantung jangka panjang, tekanan darah dan kolesterol sering menjadi perhatian utama. Untungnya, menggunakan minyak biji anggur sebagai alternatif minyak nabati lainnya, terutama minyak canola yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda secara besar-besaran. Lemak tak jenuh ganda dalam minyak biji anggur akan membantu menyeimbangkan kadar kolesterol Anda dan mengurangi penumpukan plak di arteri. Minyak ini juga terkait dengan penurunan hipertensi, yang selanjutnya menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis.

Peradangan: Banyak orang menderita rasa sakit dan ketidaknyamanan rheumatoid arthritis dan kondisi peradangan lainnya, namun banyak penelitian telah menghubungkan senyawa minyak biji anggur dengan penurunan pembengkakan, jaringan yang meradang, dan respons alergi. Ini akan mengurangi ketegangan pada sistem kekebalan tubuh Anda dan mengurangi rasa sakit pada sendi dan otot.

Kanker: Kandungan asam lemak yang ditemukan dalam minyak ini, dikombinasikan dengan berbagai vitamin antioksidan dan senyawa aktif, dapat bekerja sebagai perisai antioksidan efektif untuk sistem dan sel tubuh. Radikal bebas mampu menyerang sel sehat dan menyebabkan mereka bermutasi, seringkali menjadi kanker. Antioksidan kuat, seperti yang ditemukan di minyak nabati alternatif ini, dapat menetralisir radikal bebas ini dan mencegah pertumbuhan tumor. Penelitian individual telah menunjukkan bahwa minyak ini dapat memiliki efek positif pada kanker kolon, prostat, payudara dan paru-paru!

Diabetes: Penelitian telah menunjukkan bahwa asam linoleat , yang menghasilkan kira-kira 70% asam lemak dalam minyak biji anggur, mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan metabolisme lipid dalam tubuh, yang merupakan kabar baik bagi siapa saja yang menderita diabetes, atau berada pada Berisiko tinggi untuk penyakit itu. Penggunaan minyak secara teratur ini bisa membantu menghentikan lonjakan gula darah yang bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

Efek Samping Minyak Biji Anggur

Beberapa efek samping yang paling umum dari minyak biji anggur adalah gangguan pencernaan ringan dan mual, fluktuasi tekanan darah, atau beberapa iritasi kulit kepala. Selanjutnya, bisa terjadi komplikasi dengan obat Anda, mengingat betapa ampuh dan efektifnya minyak ini untuk kondisi kesehatan tertentu. Penggunaan minyak biji anggur secara teratur diyakini aman, namun dengan jumlah obat dalam jumlah besar, lebih dari beberapa bulan dapat menghasilkan efek samping yang lebih menonjol.

Interaksi Obat - Berbagai efek minyak biji anggur termasuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, serta merangsang sirkulasi dengan mengurangi pembekuan darah. Sementara ini secara langsung dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, efek ini dapat dipersulit oleh obat tekanan darah, obat penurun kolesterol, dan antikoagulan lainnya seperti warfarin. Jika Anda menggunakan obat lain untuk masalah kardiovaskular, bicarakan dengan dokter Anda sebelum menambahkan minyak ini ke rejimen kesehatan Anda.

Respon Gastrointestinal - Beberapa orang mengalami mual dan gangguan pencernaan ringan saat mengkonsumsi minyak biji anggur, namun perasaan ini akan hilang. Jika mereka memburuk atau teratur terjadi setiap kali Anda menggunakan minyak biji anggur, hentikan penggunaan dan bicarakan dengan dokter atau ahli herbal tentang minyak alternatif lain yang dapat Anda gunakan.

Kulit Kering - Banyak orang menggunakan minyak ini untuk mengendalikan ketombe tapi tergantung pada sensitivitas kulit, itu sebenarnya bisa menyebabkan kekeringan tambahan, terutama pada kulit kepala. Oleskan sedikit minyak ini ke atas kulit, atau di kulit kepala Anda, dan tunggu 5-6 jam untuk melihat bagaimana kulit Anda bereaksi sebelum menggunakannya di area yang lebih luas.

Sakit kepala / Pusing - Efek samping ringan lainnya bisa berupa sakit kepala dan pusing, sering disertai dengan tekanan darah yang berfluktuasi. Jika gejala ini memburuk, hentikan penggunaan minyak biji anggur segera.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: