10 Manfaat Minyak Bawang Putih Dan Cara Membuatnya

10 Manfaat Minyak Bawang Putih Dan Cara Membuatnya - Manfaat minyak bawang putih meliputi kemampuannya untuk membantu usaha penurunan berat badan, menenangkan sakit kepala, mengurangi peradangan, mengoptimalkan pencernaan , meningkatkan fungsi kognitif dan sistem kekebalan tubuh, dan merangsang sirkulasi. Manfaat lainnya termasuk menghilangkan asma, menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah normal.

Ada juga beberapa efek samping penggunaan minyak bawang putih seperti kelebihan pendarahan, gangguan gastrointestinal, reaksi alergi, radang kulit, dan bau mulut. Beberapa efek samping ini tidak dapat dihindari, sementara yang lain biasanya mempengaruhi orang-orang yang menggunakan minyak bawang putih dalam jumlah terlalu banyak atau mereka memiliki kondisi sebelumnya yang berinteraksi buruk dengan minyak bawang putih.
10 Manfaat Minyak Bawang Putih Dan Cara Membuatnya

Minyak bawang putih dibuat melalui penyulingan uap dari siung bawang putih segar atau dengan merendam bawang dalam minyak lainnya dan membiarkan komponen aktif bawang putih dilepaskan ke dalam minyak. Bawang putih secara ilmiah dikenal sebagai Allium sativum, dan dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang dapat Anda tambahkan ke makanan Anda. Minyak bawang putih bisa digunakan dalam aplikasi kuliner, dan juga banyak digunakan dalam praktik pengobatan alami.

Minyak ini juga banyak tersedia dalam bentuk tablet atau kapsul, walaupun ini memberikan dosis bahan aktif bawang putih yang jauh lebih sedikit terkonsentrasi. Sebagian besar manfaat kesehatan yang diperoleh melalui minyak bawang putih disebabkan oleh kandungan tinggi senyawa allicin, sulfida, asam amino utama dan enzim, serta senyawa ajoene dan antioksidan lainnya.

Manfaat Minyak Bawang Putih  

Menggunakan minyak bawang putih sangat populer bagi orang-orang yang berjuang melawan obesitas, gangguan metabolisme, diabetes , tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, sistem kekebalan tubuh yang lemah, anemia , artritis , sistem kekebalan tubuh lemah, kemacetan, flu, sakit kepala, diare , sembelit dan gizi buruk. Serapan antara lain.

Pencernaan: Jus bawang putih bisa menjadi obat yang sangat efektif untuk konstipasi dan pembengkakan di usus, mengingat kandungan antioksidannya yang tinggi dan sifat menstimulasi . Ini dapat membantu memperbaiki pencernaan dan merangsang gerak peristaltik, dan bahkan mengurangi risiko berbagai kanker saluran cerna.

Peradangan: Allicin ditemukan dalam kadar signifikan dalam minyak bawang putih membuatnya berharga untuk pengobatan langsung dan penggunaan internal untuk menenangkan kondisi peradangan  Allicin adalah senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang sangat kuat yang dapat mengurangi iritasi jaringan dan mengurangi rasa sakit pada persendian dan area lokal.

Metabolic Disorder: Banyak orang menggunakan minyak bawang putih untuk pengobatan sindrom metabolik , yang cenderung disertai tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kolesterol tinggi dan obesitas. Antioksidan dalam minyak ini dapat secara langsung mempengaruhi sindrom ini, mengurangi semua faktor risiko dan mengoptimalkan aktivitas metabolik.

Sakit kepala: Bukti anekdot menunjukkan bahwa mengoleskan sedikit minyak bawang putih ke kepala, atau mengkonsumsi sedikit minyak konsentrat ini, dapat dengan cepat meredakan peradangan di kepala dan kapiler. Hal ini dapat mengurangi terjadinya migrain dan sakit kepala.

Antioksidan Kapasitas: Allicin bukan hanya salah satu antioksidan paling serbaguna dan kuat yang kita ketahui, tapi juga ditemukan dalam konsentrasi sangat tinggi dalam minyak bawang putih. Jika Anda mencoba mengurangi stres oksidatif, menurunkan risiko kanker, atau mencegah penuaan dini, penggunaan minyak ini sangat dianjurkan.

Diabetes: Sifat hipoglikemik minyak bawang putih sangat dikenal, karena dapat membantu mengatur produksi insulin dan konsumsi energi oleh tubuh. Minyak ini sangat ideal untuk mengoptimalkan aktivitas metabolisme, dan dapat membantu mencegah lonjakan glukosa dan tetes yang mengganggu begitu banyak pasien diabetes.

Obesitas: Penggunaan minyak bawang putih diketahui bisa memulai metabolisme, yang setara dengan pembakaran lemak pasif, disamping menurunkan kekuatan kolesterol dari minyak ini. Bawang putih juga bisa membantu menekan nafsu makan, sementara senyawa sulfida bisa menciptakan perasaan kenyang, yang akan mengurangi makan berlebih dan ngemil di sela waktu makan.

Kesehatan Pernafasan: Menghirup minyak bawang putih, mirip dengan makan bawang putih, dapat dengan cepat membersihkan sinus dan mengurangi tekanan. Selain itu, bagaimanapun, minyak bawang putih juga dapat mengurangi sensitivitas alergi, membantu meminimalkan episode asma dan kemacetan yang jelas.

Sistem kekebalan : Bukan hanya minyak bawang putih yang dikemas dengan antioksidan tapi juga memiliki sifat antibakteri, antiviral, anti jamur dan antiseptik yang jelas. Hal ini membuatnya ideal untuk mengobati penyakit topikal pada kulit, sementara juga meningkatkan kesehatan pencernaan dan menghapus infeksi bakteri yang tumbuh di usus Anda.

Kekurangan Gizi: Senyawa sulfida dan antioksidan yang ditemukan pada minyak bawang putih dapat merangsang serapan hara yang lebih efisien dalam sistem pencernaan, termasuk penyerapan kalsium , zat besi dan kalium. Bagi orang yang mengalami anemia atau kekurangan gizi lainnya, minyak bawang putih merupakan basis yang sangat baik untuk diet mereka.

Bagaimana Anda Membuat Minyak Bawang Putih?

Beberapa orang memilih untuk membuat minyak bawang putih mereka sendiri, karena semua yang Anda butuhkan adalah bawang putih segar dan minyak alami - biasanya minyak zaitun atau minyak nabati lainnya. Versi komersial dari minyak ini sering diproduksi melalui proses cold-pressing, namun versi rumahan lebih mudah disiapkan. Minyak alam yang manjur ini juga bisa digunakan dalam aplikasi kuliner dan obat.

Resep membuat minyak bawang putih

Bahan:

  • 8 siung bawang putih segar
  • 2 cangkir minyak zaitun extra virgin 

Langkah-Langkah

Langkah 1 - Hancurkan bawang putih dan lepaskan kulitnya.
Langkah 2 - Tambahkan siung bawang putih ke toples dan tambahkan minyak zaitun.
Langkah 3 - Kocok dengan kencang agar tercampur.
Langkah 4 - Dinginkan campuran selama 4 hari.
Langkah 5 - Saring siung bawang putih dan simpan minyak yang dihasilkan di tempat yang sejuk, gelap dan kering.

Efek Samping Minyak Bawang Putih

Minyak alami yang hebat ini datang bersamaan dengan efek samping tertentu, termasuk tekanan darah dan gula darah yang sangat rendah, masalah perut, peradangan kulit, kelebihan pendarahan, bau badan dan bau mulut. Penggunaan minyak ini yang tepat, setelah berkonsultasi dengan dokter Anda, seringkali dapat membantu Anda menghindari efek samping minyak ini yang lebih serius.

Pendarahan - Bahan aktif minyak bawang putih memiliki efek antikoagulan, yang mungkin berbahaya bagi penderita pengencer darah, atau mereka yang sedang bersiap untuk operasi dalam waktu dekat.

Masalah Jantung - Efek terbukti minyak ini pada gangguan metabolisme, termasuk penurunan tekanan darah dan kolesterol, dapat menyebabkan tingkat hipotensi yang berbahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan obat penurun tekanan darah.

Masalah Bau - Bawang putih baunya yang tidak sedap, yang bisa mempengaruhi bau nafas dan badan, karena senyawa aromatik bisa muncul dalam keringat seseorang. Jika Anda mengkonsumsi minyak bawang putih dalam jumlah berlebihan, Anda mungkin mengalami bau mulut dan bau badan, tapi ini adalah efek samping yang sulit untuk dihindari.

Iritasi Kulit - Karena sifat bahan aktif minyak bawang putih yang sangat terkonsentrasi, diketahui menyebabkan kemerahan kulit, iritasi, pembengkakan dan bahkan gatal saat dioleskan secara topikal. Hal ini lebih mungkin terjadi pada orang yang alergi terhadap bawang putih, namun bisa juga terjadi pada orang dengan kulit sensitif.

Distress gastrointestinal - Bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, minyak bawang putih dapat memiliki efek kuat pada sistem pencernaan, termasuk diare, kram, kembung, muntah, gas dan mulas. Jika Anda mengalami efek samping ini sampai tingkat yang serius, hentikan penggunaan segera dan bicarakan dengan dokter Anda tentang pilihan lain untuk mendapatkan minyak yang ampuh.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: