8 Manfaat Luar Biasa Minyak Gandum

8 Manfaat Luar Biasa Minyak Gandum - Banyak manfaat minyak biji gandum termasuk menenangkan kulit, mencegah tanda penuaan, menstimulasi kognisi, menghilangkan jerawat, melindungi kesehatan jantung , menguatkan rambut, meningkatkan energi, mengelola diabetes dan membantu menurunkan berat badan. Ada beberapa kekhawatiran saat menggunakan minyak biji gandum , seperti risiko masalah gastrointestinal, pusing, iritasi kulit, dan komplikasi tertentu dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya. Sebagian besar orang yang menggunakan minyak biji gandum tidak mengalami efek samping negatif, namun sebelum menambahkan minyak ampuh ini untuk kesehatan Anda, sebaiknya bicara dengan dokter adalah langkah terbaik.

Minyak biji gandum berasal dari bijigandum yang merupakan inti padat nutrisi yang memberi makan tanaman saat tumbuh. Ini juga berarti bahwa mayoritas bahan kimia dan senyawa yang dapat digunakan ditemukan dalam biji ini. Karena minyak membentuk kira-kira 10-14% dari kuman gandum, yang merupakan produk sampingan pertanian, maka proses ekstraksi seperti ekstraksi pengepresan dan pelepasan digunakan. Minyak biji gandum yang lebih halus memiliki nutrisi yang lebih sedikit untuk kesehatan manusia.
8 Manfaat Luar Biasa Minyak Gandum

Beberapa penggunaan minyak biji gandum  terdapat pada kuliner, namun umumnya minyak khusus ini digunakan untuk tujuan pengobatan. Banyak manfaat minyak ini seperti memberi pasokan omega-3 dan asam lemak omega-6 yang kaya, mengandung vitamin A, E, B dan D dan senyawa volatil dan antioksidan lainnya. Namun, penting untuk diperhatikan minyak biji gandum memiliki asam lemak omega-6 (asam linoleat) 8 kali lebih banyak daripada asam lemak omega-3 (gamma-linolenat), yang jauh dari rasio 1: 1 ideal dari lemak ini.

Manfaat Dan Kegunaan Minyak Biji Gandum

Orang sering menggunakan minyak biji gandum saat mereka menderita diabetes, tekanan darah tinggi, obesitas, rambut rontok , ketombe, kulit kering , keriput, penuaan dini, demensia , kehilangan ingatan, jerawat, kelelahan , psoriasis dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

1. Kesehatan Rambut:
Seperti disebutkan di atas, minyak ini merupakan sumber asam lemak omega-6 yang kaya, juga dikenal sebagai asam linoleat, yang dikenal bergizi untuk rambut. Saat dipijat ke kulit kepala (dalam bentuk encer) atau dicampur ke dalam sampo dan kondisioner (rasio 10: 1 adalah pengenceran yang tepat), minyak ini dapat membantu penampilan dan kekuatan rambut Anda, dan bahkan mencegah kerontokan rambut dan ketombe.

2. Peradangan Kulit: 
Menerapkan minyak kuman gandum ke kulit yang meradang atau teriritasi telah menjadi praktik populer selama beberapa generasi. Karena tingginya tingkat tocopherol (seperti vitamin E ) dalam minyak ini, ia mampu memberi nutrisi pada kulit dan merangsang aliran darah untuk mempercepat penyembuhan, yang juga dapat menghilangkan pembengkakan dan pembengkakan di daerah yang terkena. Hal ini membuat minyak menjadi obat yang efektif untuk psoriasis, eksim dan berbagai kondisi kulit lainnya.

3. Kesehatan Jantung:
Omega-3 yang ditemukan pada minyak biji gandum dikenal menurunkan kadar kolesterol dan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Ini tidak hanya bisa menyebabkan penurunan tekanan darah, tapi juga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, serangan jantung dan stroke. Peningkatan sirkulasi juga memastikan pertumbuhan dan penyembuhan yang tepat di berbagai bagian tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa minyak ini juga mengandung asam lemak omega-6 tingkat tinggi, dan dapat menyebabkan kolesterol tinggi saat dikonsumsi dalam jumlah banyak.

4. Anti-Penuaan: 
Efek antioksidan dari minyak biji gandum sudah terkenal, tidak hanya untuk kulit, tapi juga untuk bagian tubuh lainnya. Menerapkan minyak biji gandum ke kulit bisa membantu mengurangi stres oksidatif, memperkecil tampilan keriput dan bekas luka, dan meningkatkan pembentukan kolagen antar sel baru. Secara internal, minyak ini juga dapat menetralkan radikal bebas, sehingga secara efektif mengurangi risiko Anda terkena penyakit kronis.

5. Obesitas:
Menggunakan minyak ini juga disertai dorongan metabolik yang dapat meningkatkan pembakaran lemak lebih pasif, penting bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan. Asam lemak omega-3 juga merupakan sumber energi yang kaya untuk tubuh yang tidak diendapkan sebagai lemak, sehingga dapat membantu mengurangi perut Anda dan meningkatkan efisiensi pembakaran kalori Anda, bila digunakan secukupnya.

6. Kognisi:
Kombinasi vitamin E, vitamin A dan antioksidan lainnya pada minyak biji gandum telah membuktikannya sebagai penguat otak. Dengan menetralkan aktivitas radikal bebas di jalur saraf dan mencegah deposisi plak beta-amiloid, antioksidan ini dapat meningkatkan daya ingat dan perhatian, sekaligus juga menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif.

7. Diabetes:
Salah satu nutrisi penting lainnya yang ditemukan pada minyak biji gandum adalah magnesium, mineral penting untuk makanan kita, dan juga kekuatan penting di balik regulasi gula darah di tubuh. Menjaga tingkat insulin dan glukosa di bawah kontrol penting bagi pasien diabetes dan mereka berisiko terkena diabetes.

8. Peningkatan Energi:
Jika Anda sering merasa lelah atau lemah, Anda mungkin memerlukan dorongan energi lebih alami daripada kopi . Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak biji gandum dapat dengan cepat menerjemahkan energi yang dapat digunakan untuk otot-otot tubuh. Selain itu, peningkatan sirkulasi yang disebabkan oleh minyak biji gandum dapat membantu meningkatkan tingkat energi juga!

Efek Samping dari Minyak Biji Gandum

Ada beberapa efek samping dari minyak biji gandum dimana pengguna harus diawasi, seperti tekanan darah rendah dan kadar gula darah yang berbahaya, iritasi kulit, kenaikan kolesterol dan ketidaknyamanan perut. Meskipun banyak nutrisi dan senyawa dalam minyak biji gandum dapat memiliki efek kesehatan yang positif, penting untuk diingat bahwa minyak ini masih tinggi dalam lemak tertentu yang seharusnya hanya dikonsumsi secukupnya.

1. Tingkat Kolesterol - 
Rasio lemak omega-3 dan omega-6 yang disukai di dalam tubuh adalah 1: 1, sedangkan rasio minyak biji gandum sekitar 1: 8. Sementara penggunaan minyak gandum gandum dalam jumlah terbatas dapat bermanfaat untuk banyak proses tubuh, seperti yang dijelaskan di atas, Anda harus menggunakan minyak ini secukupnya jika Anda sedang berjuang dengan kadar kolesterol tinggi.

2. Tekanan Darah -
Dalam jumlah yang tepat, minyak biji gandum dapat membantu menurunkan tekanan darah, namun bagi orang yang sudah minum obat penurun tekanan darah, hal ini dapat menyebabkan penurunan tekanan darah yang berbahaya. Bicaralah ke dokter sebelum menambahkan minyak ini ke makanan biasa Anda.

3. Peradangan Kulit - 
Dalam pengaplikasian secara langsung, minyak biji gandum kadang-kadang menyebabkan radang kulit, iritasi dan kemerahan, terutama pada orang dengan kulit sensitif. Menggunakan sedikit pada sebidang kulit sebelum mengoleskan minyak ke area yang lebih besar selalu merupakan pilihan yang baik.

4. Gula Darah - 
Kemampuan minyak biji gandum untuk memantau dan mengatur kadar gula darah adalah berita bagus bagi pasien diabetes tertentu dan mereka yang berisiko tinggi terkena diabetes. Tetapi, jika seseorang sudah memakai obat untuk hiperglikemia, ini bisa menyebabkan penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: