4 Macam Manfaat Acai Berry Untuk Kesehatan


4 Macam Manfaat Acai Berry Untuk Kesehatan - Acai berry merupakan salah satu buah menyehatkan yang berasal dari Brazil dan menjadi makanan pokok bagi para penduduk Amazon. Tetapi, baru-baru ini buah tersebut mendapatkan popularitasnya di seluruh dunia karena memiliki manfaat yang sangat menakjubkan untuk kesehatan tubuh manusia. Buah berwarna hitam ini dikemas dengan berbagai macam nutrisi yang bisa anda manfaatkan kapan saja.

Acai berry memiliki kandungan nutrisi yang terbilang unik, karena mengandung lemak yang agak tinggi dan rendah gula. 100 gram dari acai berry memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 70
  • Lemak: 5 gram
  • Lemak Jenuh: 1,5 gram
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Gula: 2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin A: 15% dari RDI
  • Kalsium: 2% dari RDI

4 Macam Manfaat Acai Berry Untuk Kesehatan

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan di Venezuela menemukan bahwa acar berry juga mengandung mineral termasuk kromium, zinc, zat besi, tembaga, mangan, magnesium, potasium, dan fosfor. Tetapi manfaat kesehatan yang paling kuat dari buah ini berasal dari senyawa tanaman yang disebut antosianin, dimana berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

Dari semua kandungan nutrisi di atas, tentu saja akan berefek pada kesehatan tubuh anda. Artikel ini akan menjelaskan 4 manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi buah acai berry, dan berikut adalah daftarnya.

1. Mengandung Antioksidan
Antioksidan sangat penting karena dapat menetralisir efek kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas di seluruh tubuh anda. Jika radikal bebas tersebut tidak dinetralisir, maka akan menyebabkan kerusakan sel dan mendatangkan berbagai macam penyakit termasuk diabetes, kanker dan penyakit jantung.

Acai berry mengandung sejumlah antioksidan yang menakjubkan. Kandungan antioksidan dalam makanan biasanya diukur dengan nilai Oxygen Radical Absorbance Capacity (ORAC), atau Oksigen Radikal Absorbansi Kapasitas. Acai berry sendiri memiliki nilai ORAC sebanyak 15.405, jauh jika dibandingkan dengan blueberry yang hanya sebesar 4.669.

2. Memperbaiki Kadar Kolesterol
Penelitian telah menunjukkan bahwa acai berry dapat membantu memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara mengurangi kolesterol total dan LDL. Terdapat kemungkinan bahwa kandungan antosianin dalam acai berry berperan penting dalam proses tersebut, mengingat beberapa penelitian telah mengaitkan antara senyawa tanaman tersebut dengan memperbaiki kadar kolesterol HDL dan LDL. Selain itu, acai berry juga mengandung sterol tumbuhan yang dapat mencegah kolesterol diserap oleh tubuh anda.

3. Memiliki Efek Anti Kanker
Meskipun tidak banyak makanan yang dapat menjaga anda dari kanker, tetapi sebenarnya masih terdapat sedikitnya makanan-makanan yang bisa menghentikan terbentuknya sel kanker dan penyebarannya ke seluruh tubuh. Dalam sebuah penelitian terhadap binatang, acai berry berhasil mengurangi terbentuknya kanker usus besar dan kanker kandung kemih pada tikus.

4. Meningkatkan Fungsi Otak
Banyak sekali senyawa tanaman terdapat dalam acai berry yang dapat menjaga otak anda dari kerusakan seiring dengan berjalannya usia anda. Senyawa antioksidan dalam acai berry dapat menangkal efek peradangan dan oksidasi di dalam sel otak, yaitu sebuah kondisi dimana dapat mempengaruhi memori dan proses belajar anda.

Salah satu cara antioksidan bekerja dalam meningkatkan fungsi otak adalah dengan membersihkan sel-sel beracun atau yang sudah tidak digunakan lagi, dimana proses tersebut dinamakan autophagy. Proses autophagy tersebut dapat membuat jalan untuk saraf baru agar mudah terbentuk dan meningkatkan komunikasi antara sel-sel di otak anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: