4 Kebiasaan yang Dapat Merusak Mata Tanpa Anda Sadari


4 Kebiasaan yang Dapat Merusak Mata Tanpa Anda Sadari - Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting untuk makhluk hidup. Tanpanya, anda tidak bisa melihat indahnya dunia dan menjalani aktivitas sehari-hari, baik itu untuk aktivitas pekerjaan maupun sekedar hiburan dan hobi. Meskipun pada dasarnya kita selalu mengistirahatkan mata sekurang-kurangnya 7 jam sehari di malam hari saat tertidur, tetapi apakah hal tersebut sudah cukup untuk tetap menjaga kesehatan mata anda?

Baik saat terbangun maupun tertidur, terkadang anda akan melakukan kesalahan-kesalahan yang dapat merusak mata tanpa anda sadari sama sekali. Kebiasaan tersebut tentu memberikan dampak merugikan terhadap kesehatan mata anda, dan bahkan bisa menyebabkan iritasi hingga penyakit tertentu.

4 Kebiasaan yang Dapat Merusak Mata Tanpa Anda Sadari

Menurut Deeba Chaudri, OD, seorang dokter mata yang berbasis di New York menjelaskan setidaknya terdapat beberapa hal yang dapat merusak mata anda. Tentu saja, kebiasaan tersebut harus anda hentikan secepatnya sebelum semuanya terlambat!


1. Tidur Dengan Lensa Kontak Mata
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Ophthalmology menunjukkan bahwa anda bisa mengembangkan resiko terkena ulkus kornea sebanyak 10 hingga 15 kali lipat jika mengenakan kontak lensa mata dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mereka yang mengenakannya saat siang hari saja. Selain itu, tertidur saat masih mengenakan lensa kontak mata akan menghambat oksigen di kornea anda, sehingga bisa menyebabkan infeksi dan mendorong bakteri untuk berkembang biak di sana.

2. Menyentuh dan Menggosok Mata
Baik anda mengenakan kontak mata atau tidak, menyentuh dan menggosok mata anda sendiri merupakan kebiasaan yang beresiko dan dapat menyebabkan luka di mata anda. Memang sesekali mata anda pasti akan merasa gatal, dan secara naluriah tangan anda akan mencoba untuk menggosoknya hingga perasaan gatal tersebut hilang. Tetapi, menggosoknya terlalu keras malah akan menyebabkan pembuluh darah di mata pecah dan mengkibatkan peradangan.

Selain itu, mata anda dilindungi oleh sejenis selaput lendir yang rentan dihuni oleh bakteri yang dapat berkembang biak disana. Sementara itu, tangan anda juga selalu aktif dalam melakukan aktivitas-aktivitas seperti menyentuh benda atau bersalaman dengan seseorang. Tidak jarang tangan anda akan dipenuhi oleh kuman dan bakteri dan bisa berpindah ke mata anda saat anda menyentuhnya atau bahkan menggosoknya.

3. Menatap Layar Elektronik Anda Sepanjang Hari (atau sepanjang malam)
Layar elektronik seperti komputer, tablet dan smartphone dapat memancarkan cahaya biru yang sangat berbahaya seperti halnya sinar ultraviolet dari paparan sinar matahari. Selain itu, menatap sesuatu selama satu jam atau lebih dapat menyebabkan ketegangan mata dan sakit kepala.

Tetapi bagi anda yang bekerja dan mengharuskan menatap layar komputer selama 8 jam atau lebih dalam sehari, anda bisa mengakalinya dengan pola 20-20-20. Caranya: setiap 20 menit sekali, cobalah anda beranjak dari layar komputer tersebut dan menatap sesuatu yang berjarak kurang lebih 20 meter selama 20 detik. Setelah itu, anda bisa kembali bekerja dan menatap layar komputer anda kembali. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah ketegangan mata yang menjadi salah satu penyebab anda terkena sakit kepala.

4. Terlalu Sering Mengenakan Obat Tetes Mata
Ada kalanya anda selalu ingin mengenakan obat tetes mata untuk menghindari rasa gatal ataupun menjaga mata anda agar terhindar dari kemerahan. Kebanyakan obat tetes mata yang anda beli di pasaran mengandung vasokonstriktor yang dapat mengecilkan pembuluh darah dan membuat mata anda bersih bersinar. Tetapi obat tetes mata juga mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan kondisi mata anda lebih memburuk jika digunakan dalam jangka panjang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: