6 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Selain Daging


6 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Selain Daging - Banyak para pelaku diet atau vegetarian lebih suka memilih makanan alternatif pengganti daging untuk mengatur berat badan dan menjaga kesehatan jantung mereka. Faktanya, jika dibandingkan dengan mereka yang hobi memakan daging, para vegetarian cenderung lebih memiliki kadar kolesterol dan tekanan darah yang rendah, dimana keduanya merupakan faktor yang dapat menurunkan resiko anda terkena penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

Tetapi jika anda tidak cukup berhati-hati, pola makan vegetarian tersebut malah akan membahayakan jika tidak anda seimbangkan dengan baik. Salah satu resikonya adalah bisa mengalami kekurangan kadar nutrisi penting seperti vitamin B12, yaitu jenis vitamin yang tidak hanya penting untuk kesehatang fungsi otak, tetapi juga dapat dapat membuat tubuh anda kesulitan menyerap nutrisi seiring dengan berjalannya usia anda jika anda tidak cukup mendapatkannya.
6 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Selain Daging

Gejala-gejala yang bisa muncul ketika anda kekurangan vitamin B12 diantaranya merasa lelah, muntah-muntah, lemah otot, dan kesemutan di area tangan dan kaki. Selain itu, vitamin B12 juga merupakan jenis vitamin yang banyak bisa ditemukan dalam produk daging, sehingga terkadang para vegetarian atau pelaku diet yang menghindari daging cenderung sulit untuk mendapatkannya.

Namun begitu, selalu ada solusi untuk anda. Terdapat beberapa makanan yang bisa anda konsumsi sebagai alternatif pengganti daging yang juga kaya akan vitamin B12. Ingin tahu makanan apa sajakah itu? Dan berikut adalah 6 makanan yang mengandung vitamin B12 selain daging.

1. Susu Sapi
Untuk beberapa orang, laktosa (sejenis gula dalam susu sapi) dapat memberikan kerugian besar terhadap sistem pencernaan anda. Tetapi bagi anda yang doyan meminumnya dan tidak terlihat memberikan efek merugikan terhadap kesehatan anda, maka susu sapi dapat menjadi minuman yang sangat menyehatkan. Minuman ini dipenuhi dengan nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, potasium, dan vitamin B12. Pastikan anda meminumnya 2 kali sehari agar anda mendapatkan cukup asupan vitamin B12 tersebut.

2. Telur
Telur yang berukuran besar bisa menyediakan protein berkualitas tinggi serta vitamin B12 sebanyak 0.6 mikrogram. Untuk mendapatkan vitamin tersebut, anda bisa merebusnya dan memakannya secara langsung. Banyak para pelaku diet yang menghindari kuning telur karena diduga dapat membuat berat badan mereka bertambah. Tetapi dalam kasus ini, anda harus mengkonsumsi seluruhnya, karena vitamin B12 tersebut hanya tersimpan dalam kuning telurnya saja.

3. Yogurt Yunani
Sama halnya seperti susu, yogurt Yunani dikemas dengan banyak sekali protein dan vitamin B12, yaitu sekitar 1,3 mikrogram per cangkirnya. Pastikan juga anda memilih yang tanpa pemanis buatan. Untuk mendapatkan rasa manis alami, anda bisa menambahkan blueberry atau stroberi ke dalam yogurt tersebut.

4. Tempe
Terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi, makanan asli Indonesia ini mengandung mikroorganisme yang menghasilkan vitamin B12. Tempe-tempe tersebut harus mengandung jenis bakteri tertentu, seperti C. Freundii dan K. Pneumoniae agar bisa menghasilkan vitamin B12. Meskipun tidak semua tempe memiliki bakteri yang menghasilkan vitamin tersebut, tetapi makanan ini masih dipenuhi dengan protein yang dapat memberikan anda banyak serat tanpa lemak jenuh maupun kolesterol.

5. Jamur Shiitake
Jenis jamur tertentu seperti Shiitake sudah terbukti mengandung kadar vitamin B12 yang signifikan. Pastikan anda mendapatkannya dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12 harian anda.

6. Nori (Rumput Laut)
Satu lembar dari rumput laut mengandung kadar vitamin B12 dengan jumlah yang sangat tinggi, membuatnya menjadi makanan alternatif yang paling baik bagi para vegetarian yang ingin memenuhi kebutuhan harian dari vitamin tersebut. Anda memerlukan sekitar 4 gram dari rumput laut agar bisa mendapatkan vitamin B12 yang cukup. Satu lembar dari rumput laut memiliki berat sekitar 3 gram, sehingga jika anda mengkonsumsi dua lembar dari rumput laut saja sudah melebihi RDA dari vitamin B12 tersebut.

Bagi anda yang bukan vegetarian, anda bisa mengkonsumsi rumput laut bersama dengan sushi, yaitu sejenis makanan dari Jepang yang juga dikemas dengan berbagai macam vitamin dan nutrisi penting untuk tubuh anda. Sushi telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, memperbaiki keseimbangan hormon, meningkatkan metabolisme, mencegah kanker tertentu, dan lain sebagainya.

Itulah artikel dari webmateri.com yang berisikan informasi mengenai 6 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Selain Daging. Untuk artikel menarik lainnya dapat anda lihat pada bagian artikel yang lain dari webmateri. Semoga bermanfaat.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: