7 Jenis Makanan Yang Dapat Melawan Peradangan


7 Jenis Makanan Yang Dapat Melawan Peradangan - Peradangan atau inflamasi merupakan salah satu respon sistem kekebalan tubuh anda. Tanpanya, anda tidak akan bisa menyembuhkan penyakit ataupun luka. Tetapi jika peradangan tersebut tidak terkontrol dengan baik, justru akan menyebabkan kerusakan terhadap tubuh anda sendiri. Peradangan yang tidak terkendali juga dapat menyebabkan anda terkena obesitas, penyakit jantung hingga kanker.

Makanan-makanan yang tinggi akan gula dan lemak jenuh dapat memacu peradangan. Menurut Scott Zashin, MD, seorang profesor klinis dari University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas juga mengatakan bahwa jenis makanan tersebut dapat menyebabkan terlalu banyak aktivitas di dalam sistem kekebalan tubuh anda, sehingga bisa membuat anda terkena nyeri sendi, kelelahan, dan kerusakan pada pembuluh darah.
7 Jenis Makanan Yang Dapat Melawan Peradangan

Tetapi, selain terdapat makanan-makanan yang menyebabkan anda terkena radang, terdapat pula makanan-makanan yang memberikan efek sebaliknya. Bukan hanya mencegah, tetapi makanan ini juga dapat melawan peradangan yang sedang terjadi di dalam tubuh anda. Ingin tahu makanan apa sajakah itu? Dan berikut adalah daftarnya.

1. Ikan Berlemak
Jenis ikan berlemak seperti salmon, makarel, tuna dan sarden memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi, dimana dapat membantu anda menurunkan peradangan. Jika anda tengah menderita peradangan, pastikan untuk mengkonsumsinya 2 kali atau lebih dalam seminggu. Sebuah penelitian di tahun 2009 menunjukan bahwa kaum pria yang mengkonsumsi omega-3 lebih banyak setiap hari berhasil menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung hingga 23 persen.

2. Gandum Utuh
Ketika anda mengalami peradangan, pastikan anda untuk lebih memilih makanan karbohidrat dari gandum utuh dan hindari makanan-makanan seperti roti putih, nasi putih, dan sereal. Hal ini karena gandum utuh mengandung lebih banyak serat yang telah terbukti dapat mengurangi kadar reaktif-C, yaitu sejenis penanda peradangan dalam darah anda.

3. Sayuran Hijau
Vitamin E merupakan kunci penting dalam menjaga tubuh anda melawan molekul peradangan yang disebut sitokin. Salah satu sumber terbaik dari vitamin ini adalah sayuran hijau seperti bayam dan brokoli. Baik sayuran hijau dan sayuran jenis cruciferous juga memiliki kandungan nutrisi yang melimpah dimulai dari kalsium, zat besi, dan flavonoid.

4. Kacang-kacangan
Jenis makanan lain yang dapat melawan peradangan adalah kacang-kacangan dengan kandungan lemak sehat yang dimilikinya. Sebut saja kacang almond yang kaya akan serat, kalsium, dan vitamin E. Selain itu, semua jenis kacang juga dikemas dengan antioksidan yang dapat membantu tubuh anda melawan peradangan, kemudian memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh peradangan setelahnya.

5. Kedelai
Penelitian telah menunjukkan bahwa isoflavon – senyawa yang terdapat dalam kedelai dimana tubuh anda mengubahnya ke dalam kimia yang mirip estrogen – mampu menurunkan kadar protein reaktif-C dan peradangan pada kaum wanita. Namun, pastikan anda menghindari produk kedelai olahan yang dipenuhi dengan bahan pengawet. Sebagai gantinya, anda bisa mencoba makanan olahan kedelai yang lebih menyehatkan seperti susu kedelai, tahu, tempe, atau edamame yang direbus sebagai teman camilan anda.

6. Produk Susu Rendah Lemak
Produk susu terkadang dianggap sebagai pemicu dari penyakit yang berhubungan dengan peradangan seperti rheumatoid arthritis dikarenakan beberapa orang memiliki alergi terhadap kasein, yaitu sejenis protein yang ditemukan dalam produk susu. Tetapi jika anda tidak merasa alergi terhadap produk susu, maka makanan ini bisa menjadi sumber nutrisi yang sangat penting untuk tubuh anda. Contohnya yogurt, dimana mengandung probiotik yang dapat mengurangi peradangan di dalam usus anda.

Menurut Karen H. Costenbader, MD, seorang profesor kedokteran dan dokter rheumatoid arthritis dari Harvard Medical School mengatakan bahwa makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D, seperti yogurt dan susu skim mengandung efek anti radang. Selain itu, sangat penting juga mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup demi menjaga kekuatan tulang serta kemungkinan mengurangi resiko anda terkena kanker dan penyakit berbahaya lainnya.

7. Buah Berry
Semua jenis buah pada dasarnya mampu membantu melawan peradangan di dalam tubuh anda karena mereka kaya akan serat dan antioksidan. Tetapi berry memiliki manfaat yang lebih kuat dalam melawan peradangan. Hal ini dikarenakan buah jenis berry mengandung antosianin, yaitu sejenis antioksidan flavonoid yang memberikan warna merah terhadap buah tersebut.

Penelitian bahkan telah menunjukkan bahwa raspberry mampu membantu mencegah anda mengembangkan arthritis, sementara blueberry dapat menjaga anda terhadap gangguan radang usus seperti kolitis ulseratif, serta menurunkan resiko tekanan darah dan serangan jantung.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: