7 Alasan dan Manfaat Mengkonsumsi Jamur Shiitake

7 Alasan dan Manfaat Mengkonsumsi Jamur Shiitake - Selama ratusan tahun, jamur shitake sudah menjadi salah satu makanan yang sangat terkenal di Asia, terutama di negara Jepang. Jamur jenis ini mengandung vitamin B yang memiliki kemampuan untuk melawan sel kanker, penyakit kardiovaskular dan infeksi, sehingga menjadikannya salah satu jamur tersehat yang bisa anda konsumsi dengan aman.

Selain itu, jamur shitake juga mengandung beberapa senyawa kimia yang dapat menjaga DNA anda dari kerusakan oksidatif. Salah satunya adalah Lentinan, dimana dapat menyembuhkan kerusakan kromosom yang disebabkan oleh pengobatan anti-kanker. Zat lainnya yang dikenal dengan Eritadenine juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan mendukung kesehatan kardiovaskular. Faktanya, para ahli dari Shizuoka University di Jepang bahkan menemukan bahwa eritadenine dapat mengurangi konsentrasi kolesterol plasma secara signifikan.
7 Alasan dan Manfaat Mengkonsumsi Jamur Shiitake

Jamur shitake termasuk ke dalam tanaman unik karena mengandung delapan asam amino esensial bersama dengan sejenis asam lemak esensial yang disebut dengan asam linoleat. Asam lemak jenis ini dapat membantu anda menurunkan berat badan sekaligus membangun otot tubuh anda.
100 gram dari jamur Shitake mengandung nutrisi sebagai berikut:


  • Niacin: 4 mg
  • Asam Pantotenat: 1,5 mg
  • Vitamin B6: 0,2 mg
  • Riboflavin: 0,2 mg
  • Mangan: 0,2 mg
  • Fosfor: 112 mg
  • Selenium: 5,7 mcg
  • Tembaga: 0,1 mg
  • Zinc: 1 mg
  • Kalium: 304 mg
  • Magnesium: 20 mg
  • Vitamin D: 18 IU
  • Zat Besi: 0,4 mg


Nah, dari sekian banyaknya kandungan di dalam jamur shitake yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda, terdapat pula 7 manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi jamur kecil yang lezat ini. Apa sajakah itu? Dan berikut adalah daftarnya.

1. Melawan Obesitas
Beberapa komponen dalam jamur shitake memiliki efek penghilang lemak yang disebut hipolipidemia seperti eritadenine dan b-glucan. Penelitian juga telah melaporkan bahwa b-glucan dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan makanan, menunda penyerapan nutrisi dan mengurangi kadar lipid plasma.

2. Mendukung Fungsi Kekebalan Tubuh
Jamur memiliki kemampuan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan berbagai macam penyakit dengan cara memberikan tubuh anda vitamin, mineral dan enzim. Fakta ini telah didukung oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American College of Nutrition di tahun 2015. Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi jamur maka dapat membantu tubuh anda meningkatkan fungsi sel efektor, kekebalan usus, dan mengurangi peradangan.

3. Merusak Sel Kanker
Penelitian juga telah menunjukkan bahwa jamur shitake ternyata dapat melawan sel kanker. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa senyawa kimia yang terdapat dalam shitake bernama Lentinan dapat membantu menyembuhkan kerusakan kromosom akibat pengobatan anti-kanker. Sehingga jamur shitake bisa digunakan sebagai obat kanker alami yang sangat potensial.

4. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular
Jamur shitake memiliki senyawa sterol yang dapat mengganggu produksi kolesterol di dalam hati. Selain itu, kandungan fitonutrisinya mampu menjaga sel-sel tetap menempel ke dinding pembuluh darah dan membentuk penumpukan plak yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal dan memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh.

5. Meningkatkan Energi dan Fungsi Otak
Jamur Shitake merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin B, dimana dapat membantu mendukung fungsi adrenal dan mengubah nutrisi dari makanan ke dalam energi yang dapat digunakan oleh tubuh anda. Jamur jenis ini juga dapat membantu menyeimbangkan hormon secara natural dan meningkatkan kinerja kognitif sehingga menjaga fokus anda sepanjang hari.

6. Menyediakan Vitamin D yang Cukup
Meskipun pada dasarnya vitamin D bisa anda dapatkan dari paparan sinar matahari, ternyata jamur shitake juga dapat menyediakannya untuk anda. vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan bermanfaat untuk mengurangi resiko anda terkena penyakit jantung, diabetes, penyakit autoimun, dan beberapa jenis kanker yang mematikan. Vitamin esensial ini juga sangat penting dalam penyerapan dan memetabolisme kalsium serta fosfor di dalam tubuh anda.

Beberapa manfaat kesehatan lainnya yang bisa anda dapatkan dari vitamin D dimulai dari membantu mengatur dan mendukung sistem kekebalan tubuh, menjaga berat badan yang ideal, menjaga fungsi otak seiring dengan berjalannya usia seseorang, mengurangi gejala asma, mengurangi resiko berkembangnya rheumatoid arthritis pada wanita, hingga mengurangi resiko anda mengembangkan multiple sclerosis.

7. Mempromosikan Kesehatan Kulit
Ketika tubuh anda mendapatkan selenium bersama dengan vitamin A dan vitamin E, maka dapat membantu mengurangi timbulnya jerawat atau bekas luka yang bisa muncul setelah jerawat tersebut hilang. Seratus gram dari jamur shitake mengandung 5,7 miligram selenium, sehingga dapat menjadi obat jerawat alami yang bisa anda gunakan kapan saja.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: