Inilah 4 Alasan Kenapa Anda Perlu Mendapatkan Antioksidan

Inilah 4 Alasan Kenapa Anda Perlu Mendapatkan Antioksidan. Radikal bebas tidak pernah tidur apalagi pergi liburan. Menurut ahli kesehatan dari The Antioxidant Miracle memperkirakan bahwa DNA di setiap sel dalam tubuh anda mengalami 10 ribu kali serangan dari radikal bebas setiap harinya. Sehingga tidak mengherankan jika anda tidak memiliki dukungan antioksidan yang cukup di dalam tubuh, maka bisa berakibat pada kondisi yang melemahkan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk selalu mendapatkan antioksidan yang cukup setiap harinya. Terdapat pula beberapa macam manfaat yang bisa anda miliki dari mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan tersebut, dan berikut adalah daftarnya.

1. Menjaga Jantung Anda
Meskipun beberapa penelitian belum dapat membuktikan bahwa antioksidan dapat mencegah penyakit jantung, namun sudah terdapat bukti bahwa antioksidan dapat menjaga kadar kolesterol buruk “LDL” berubah menjadi lebih berbahaya. Kolesterol yang teroksidasi, yaitu jenis kolesterol yang telah diserang oleh radikal bebas, kemungkinan dapat menyusup menuju dinding arteri anda.

Ketika kolesterol tersebut sampai di sana, maka akan semakin teroksidasi. Sistem kekebalan tubuh anda kemudian akan meresponnya dengan mengirimkan sel darah putih ke tempat tersebut untuk memakan kolesterol, dan akan berubah menjadi gumpalan berbusa yang disebut sel busa. Sel-sel lemak tersebut akan menumpuk dan membentuk plak yang akan mempersempit arteri anda. Plak-plak kemudian akan meletus, memblokir arteri dan menyebabkan serangan jantung.

Seseorang yang mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran yang mengandung antioksidan memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Sumber lain dari antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung anda adalah teh. Minuman ini mengandung konsentrasi tinggi dari flavonoid dimana telah terbukti dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung hingga 65 persen.
Pentingnya Antioksidan Bagi Tubuh

2. Melindungi DNA Anda
Radikal bebas dapat merusak DNAyang terdapat dalam sel-sel sehat anda, dimana dapat menyebabkan pembentukan tumor kanker. Seseorang yang mengkonsumsi banyak buah dan sayuran memiliki resiko lebih rendah terkena berbagai macam jenis kanker.

Penelitian di laboratorium juga menunjukkan bahwa fitokimia dapat menghambat pertumbuhan tumor dengan berbagai macam cara, termasuk dengan pembilasan dan demobilisasi radikal bebas.

3. Mengkontrol Komplikasi Diabetes
Gula darah yang tinggi dapat mempercepat produksi dari radikal bebas yang sangat berbahaya. Molekul-molekul perusak tersebut dapat menyebabkan anda menderita komplikasi dari diabetes, seperti kebutaan, kerusakan saraf, dan gagal ginjal.

Namun, beberapa manfaat yang ditawarkan antioksidan dapat menjadi jawaban bagi anda yang tengah menderita diabetes karena dapat meringankan gejala-gejalanya. Hal ini sudah didukung oleh beberapa penelitian yang dilakukan di beberapa tempat.

Misalnya, penelitian di Eropa telah menunjukkan bahwa suplemen makanan yang mengandung asam alpha-lipoic (ditemukan dalam bayam, brokoli, dan daging sapi) dapat meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan dari neuropati diabetes. Sementara para peneliti di India telah menemukan bahwa curcumin, senyawa antioksidan mampu memperlambat kerusakan ginjal pada tikus dengan penyakit diabetes. Quercetin yang terdapat dalam apel dan bawang putih juga memiliki efek yang sama dengan kedua jenis kandungan tersebut.

4. Menyelamatkan Penglihatan Anda
Kita semua sudah tahu bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata anda, dimana dipenuhi dengan beta-karoten yang kemudian tubuh merubahnya menjadi vitamin A, yaitu nutrisi penting untuk kesehatan mata anda. Namun, penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa fitokimia antioksidan lainnya juga sangat penting untuk menjaga kesehatan penglihatan anda.


Misalnya lutein, yaitu karotenoid yang ditemukan dalam bayam. Sel retina yang terdapat di belakang bola mata anda akan menyerap lutein tersebut sehingga mampu menangkal radikal bebas. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan juga mampu membantu anda dalam mencegah penyakit katarak.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: