Kekurangan Omega-3? Santap Saja 6 Jenis Makanan Ini

Kekurangan Omega-3? Santap Saja 6 Jenis Makanan Ini. Semenjak duduk di bangku sekolah kita selalu diajarkan untuk selalu mendapatkan asupan gizi yang cukup, termasuk asam lemak omega-3. Namun sayangnya, menurut seorang ahli gizi kesehatan masyarakat bernama Ratna Djuwita dari Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia yang bekerja sama dengan Unilever Indonesia mengatakan bahwa anak-anak Indonesia mengalami kekurangan asupan omega-3 yang telah direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO).

Padahal, berbagai macam penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat melakukan berbagai macam hal positif terhadap kesehatan tubuh anda termasuk:
  • Mengurangi peradangan, dimana telah diduga sebagai akar dari berbagai macam masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes, jenis kanker tertentu, dan arthritis.
  • Menjaga kesehatan jantung dan arteri anda.
  • Membantu mengurangi nyeri sendi.
  • Mengurangi tekanan darah dan memperbaiki respon tekanan darah terhadap stres.
  • Meningkatkan fungsi otak, memori, dan kognitif anda. Penelitian lain juga telah menunjukkan bahwa omega-3 membantu memperlambat perkembangan masalah kognitif seperti penyakit alzheimer dan penurunan kognitif terkait usia.


Makanan yang banyak mengandung Omega-3
Sehingga sudah diketahui bahwa mendapatkan asupan omega-3 merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Terdapat beberapa makanan yang sudah dikenal menjadi sumber terbaik dari nutrisi tersebut, dan pastikan anda untuk selalu mendapatkannya secara berkala.

1. Kacang Kenari
Seperempat cangkir dari kacang kenari atau walnut ini mengandung 2.8 gram dari asam lemak omega-3. The American Journal of Clinical Nutrition juga telah menemukan bahwa dengan mengkonsumsi kacang kenari dapat membantu anda menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

2. Ikan Salmon
Hampir semua orang sudah mengetahui bahwa sumber terbaik dari asam lemak omega-3 datang dari ikan berlemak, salah satunya adalah ikan salmon. Jika bisa, pastikan anda mengkonsumsi ikan salmon liar, karena memiliki kandungan rendah lemak dan lebih kaya akan omega-3 dibandingkan dengan jenis ikan salmon yang diternakkan.

3. Sarden
Jenis ikan berlemak lainnya yang memiliki kandungan omega-3 yang sangat terkonsentrasi. Selain itu, sarden juga kaya akan vitamin B12 dan protein. Bukan hanya menyehatkan, sarden juga merupakan salah satu makanan yang murah dan bisa dikonsumsi oleh semua kalangan di masyarakat Indonesia.

4. Tahu
Terbuat dari kacang kedelai, 4 ons dari tahu akan memberikan anda sebanyak 0.4 gram omega-3. Makanan ini juga termasuk ke dalam jenis makanan yang bisa anda dapatkan dengan mudah dan murah, sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsinya secara berkala.

5. Biji Chia
Meskipun belum terlalu terkenal di Indonesia, ada baiknya anda mulai mengenai jenis biji yang sangat menakjubkan ini. Biji Chia merupakan sumber paling baik dari omega-3 di dunia ini, dan mengandung lebih banyak kalsium daripada susu, dua kali lebih banyak mengandung potassium daripada pisang, serta tiga kali lebih banyak zat besi daripada bayam. Biji chia ini memiliki tekstur rasa yang sangat halus sehingga bisa anda taburkan pada yogurt, salad atau sandwich.

6. Benih Lenan (Flaxseed)

Sumber lain dari omega-3 yang belum banyak dikenal oleh orang Indonesia ini juga sangat menyehatkan. Seperempat cangkir dari benih lenan atau flaxseed mengandung sekitar 7 gram dari asam lemak omega-3. Telah terdapat bukti juga bahwa benih yang satu ini mampu mengurangi resiko anda terkena penyakit jantung, kanker, stroke, dan diabetes.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: