Selain Lezat, 7 Makanan Ini Juga Mampu Mengobati Asam Lambung Anda

Selain Lezat, 7 Makanan Ini Juga Mampu Mengobati Asam Lambung Anda. Makanan dan minuman lezat seperti masakan Padang yang pedas, saus tomat, dan bahkan kafein sangat tidak baik untuk anda yang tengah menderita acid reflux atau asam lambung. Tetapi anda pasti merasa frustasi ketika dilarang memakan makanan yang menjadi favorit anda, dan malah terkadang memaksakan diri dan membandel untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang dianggap tabu tersebut sehingga akhirnya membuat penyakit asam lambung anda semakin memburuk.

Sebenarnya, makanan enak tidak hanya terbatas pada makanan pedas dan kopi saja, anda masih bisa menemukan berbagai macam makanan lezat lainnya yang justru sangat baik untuk para penderita acid reflux. Terdapat makanan-makanan yang dapat melawan peradangan, memerangi asam di lambung yang membuat anda tidak nyaman, dan menjadi pengaman untuk perut anda. Ingin segera menyantap makanan sehat tersebut? Dan berikut adalah daftarnya.

1. Teh Jahe
Anda mungkin sudah tahu bahwa jahe selalu digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit perut. Secara mengejutkan, tanaman ini ternyata memang memiliki sifat anti-radang yang mampu membantu menenangkan asam lambung anda. Cobalah buat teh jahe dengan menyeduh irisan jahe ke dalam segelas air panas, kemudian minumlah secara perlahan.

2. Pisang
Selain makanan pedas, makanan asam seperti jeruk atau jenis berries juga bisa membuat acid reflux atau asam lambung anda tambah parah. Namun berbeda dengan makanan alkali dengan pH yang sudah terbukti dapat menetralisir asam di perut serta membantu mengobati gejalanya. Dengan jenis pH 4.5-5.2, pisang sudah dijadikan sebagai buah dengan kandungan alkali paling banyak jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

3. Yogurt
Selain rasanya enak dan creamy, minuman yang terbuat dari susu ini juga mampu melawan asam lambung. Tetapi pastikan anda untuk memilih yogurt tanpa pemanis buatan dan rendah lemak. Sementara menurut International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorder (IFFGD), Makanan tinggi lemak cenderung menurunkan tekanan di sfingter esopagus bagian bawah anda sehingga akan membuatnya semakin lama untuk dicerna, dan akan membuat resiko reflux anda semakin tinggi.

4. Melon
Sama halnya dengan pisang, melon juga merupakan jenis buah yang mengandung alkali tinggi sehingga buah ini dijadikan sebagai santapan lezat dan mewah bagi anda yang tengah menderita asam lambung.
Buah Melon Obati Asam Lambung

5. Sayuran Hijau
Tentu saja anda pasti sudah sering mendengarkan saran untuk selalu mengkonsumsi sayuran setiap hari. Selain dapat memberikan berbagai macam manfaat kesehatan untuk tubuh anda, sayuran hijau seperti asparagus, kubis, kale, dan bayam juga sangat tinggi dengan alkali.

6. Oatmeal
Semua jenis gandum utuh memang sangat bagus untuk mengatasi gejala asam lambung anda. Namun, oatmeal dikenal sebagai makanan yang paling berkhasiat karena tekstur gelatin dan tebalnya membantu melapisi lapisan perut anda. Cobalah makan oatmeal dengan susu rendah lemak yang juga sangat tinggi akan alkali.

7. Permen Karet

Mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi air liur anda, yang ternyata dapat membantu menurunkan jumlah asam di kerongkongan anda. Tetapi pastikan anda menghindari permen karet rasa peppermint atau spearmint yang justru dapat merelaksasikan kerongkongan anda dan menyebabkan asam.  
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: