Kunyit Ternyata Memiliki 6 Manfaat yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kunyit Ternyata Memiliki 6 Manfaat yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Anda. Kunyit merupakan jenis rempah-rempah yang dapat memberikan warna kuning terhadap masakan, dan telah digunakan di India selama beribu-ribu tahun sebagai ramuan herbal. Baru-baru ini, para peneliti telah membuktikan bahwa rempah-rempah berwarna kuning tersebut memang bisa digunakan sebagai obat karena mengandung senyawa yang disebut curcumin.

Curcumin merupakan bahan aktif utama yang terdapat dalam kunyit dan memiliki efek anti-radang dan antioksidan yang sangat kuat. Curcumin juga dapat larut dalam lemak, sehingga sangat efektif untuk mencampurkannya dengan makanan berlemak.

Tak kalah dengan jenis tanaman herbal lainnya, kunyit juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan anda. Sekurang-kurangnya terdapat 6 jenis manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari kunyit. Ingin tahu apa sajakah itu? Dan berikut adalah daftarnya.

1. Memiliki Senyawa Anti-Radang Alami
Pada dasarnya, peradangan merupakan proses yang sangat penting karena bisa membantu tubuh melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh anda dan berperan penting untuk memperbaiki kerusakan. Tanpa peradangan, patogen seberti bakteri dapat dengan mudah menyerbu tubuh dan membunuh anda.

Meskipun peradangan akut (jangka pendek) bisa sangat bermanfaat untuk tubuh anda, lain lagi dengan peradangan kronis (jangka panjang) yang justru dapat melawan jaringan tubuh anda sendiri dan bisa sangat membahayakan kesehatan anda. Namun anda tidak perlu khawatir, karena para peneliti kini sudah membuktikan bahwa curcumin dapat menjadi obat anti-radang alami untuk anda.
Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

2. Dapat Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Dalam Tubuh
Kerusakan oksidatif telah diyakini menjadi salah satu penyebab dari penuaan dini dan penyakit lainnya karena melibatkan radikal bebas, yaitu molekul yang sangat reaktif dengan elektron yang tidak berpasangan. Radikal bebas tersebut cenderung bereaksi terhadap zat organik penting, seperti asam lemak, protein dan DNA.

Sehingga alasan utama kenapa antioksidan begitu sangat penting adalah karena dapat menjaga tubuh anda dari radikal bebas. Curcumin dapat menjadi antioksidan kuat bagi anda dan dapat menetralisir radikal bebas karena struktur kimia yang dimilikinya. Selain itu, curcumin juga mampu meningkatkan aktivitas dari antioksidan enzim di dalam tubuh.

3. Dapat Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia yang sudah merenggut banyak sekali nyawa para penderitanya. Jika anda tengah menderitanya saat ini, mungkin curcumin dapat membalikkan keadaan anda tersebut.

 Manfaat terbaik dari curcumin adalah dapat meningkatkan fungsi endotel, dimana sudah diketahui bahwa disfungsi endotel merupakan pendorong utama dari penyakit jantung yang melibatkan ketidak-mampuan endotel untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah dan berbagai macam faktor lainnya.

Berbagai macam penelitian juga telah menunjukkan bahwa curcumin dapat membantu memperbaiki fungsi endotel. Selain itu, sifat anti radang dan antioksidannya juga sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung anda.

4. Dapat Membantu Mencegah Kanker
Para peneliti telah mempelajari bahwa curcumin yang terdapat dalam kunyit bisa menjadi ramuan bermanfaat untuk pengobatan kanker. Senyawa tersebut mampu mencegah pertumbuhan, pengembangan hingga penyebaran sel-sel kanker.

Penelitian tersebut juga telah membuktikan bahwa curcumin dapat mengurangi angiogenesis (pertumbuhan pembuluh darah baru di dalam tumor), metastasis (penyebaran kanker), serta berkontribusi terhadap kematian sel-sel kanker.

5. Berguna Untuk Mencegah Penyakit Alzheimer
Penyakit alzheimer merupakan penyakit neurodegeneratif yang paling umum di dunia serta penyebab utama dari demensia, dan sayangnya belum terdapat pengobatan yang memadai untuk penyakit tersebut. Sehingga, mencegah dan mengontrol gejalanya merupakan salah satu alternatif terbaik ketika menangani penyakit Alzheimer.

Sudah diketahui juga bahwa peradangan dan kerusakan oksidatif memainkan peran penting dalam berkembangnya penyakit Alzheimer, sehingga curcumin bisa anda gunakan untuk mengatasi kedua masalah tersebut. Selain itu, penyakit alzheimer juga bisa disebabkan oleh penumpukan protein yang disebut plak amiloid. Dan tentu saja, curcumin juga mampu membersihkan plak tersebut dari tubuh anda.

6. Mampu Melawan Depresi

Curcumin sudah terbukti dapat mengatasi anda yang tengah mengalami depresi. Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang selama 6 minggu menemukan bahwa curcumin ternyata memiliki sifat yang sama seperti antidepresan. 
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: