Hobi Melakukan Jogging? Hindari 5 Hal Ini Sebelum Anda Melakukannya

Hobi Melakukan Jogging? Hindari 5 Hal Ini Sebelum Anda Melakukannya. Apakah anda hobi jenis olahraga yang simple seperti jogging? Atau anda ingin mencoba untuk memulainya setiap akhir pekan? Maka sebelumnya anda harus mengetahui hal-hal yang sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan sebelum memulai jogging.

Dengan menghindari hal-hal yang sudah kami paparkan di bawah ini, maka anda bisa merasa lebih nyaman saat berolahraga. Demi mendapatkan hasil yang terbaik, berikut adalah 5 hal yang perlu anda hindari sebelum berlari santai di pagi, siang, maupun malam hari.

1. Peregangan Statis
Anda pasti pernah mengenal jenis pemanasan atau peregangan statis dan dinamis yang diajarkan di bangku sekolah dulu, dan tentu saja kita dibiasakan melakukan kedua jenis peregangan tersebut sebelum melakukan jenis olahraga apapun, termasuk jogging. Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa peregangan statis bukanlah hal yang baik untuk dilakukan sebelum jogging.

Faktanya, penelitian tersebut menemukan bahwa peregangan statis yang dilakukan sebelum berlari dapat menurunkan kemampuan anda untuk melangkah secara alami. Berbeda dengan peregangan dinamis yang dapat membuat otot-otot anda menjadi lebih siap untuk melakukan jogging secara efektif.

Pemanasan dinamis dapat memicu pada pergerakan otot anda melalui berbagai macam gerakan, dan bisa dianggap sebagai pelumas otot anda sebelum berlari.
Saat Jogging Hindari hal ini

2. Terlalu Banyak Makan
Sebagian besar dari kita sudah mengetahui bahwa makan sebelum berlari merupakan hal yang sangat tidak baik untuk pencernaan anda. Memang, pada dasarnya anda pasti membutuhkan karbohidrat sebagai bahan bakar, namun makanan berat seperti bakso atau mie instant akan mengurangi rasa kenyamanan perut anda saat berlari.

Pemilihan nutrisi sangat penting sebelum anda berlari. Sistem pencernaan anda akan melambat ketika berlari dan tidak bisa berfungsi seperti biasanya karena aliran darah normal yang berjalan ke sistem gastro-intestinal (GI) cenderung dialihkan ke otot saat anda berolahraga. Sehingga perut anda tidak akan bisa mencerna makanan secara normal dan dapat mengakibatkan anda terkena gangguan pencernaan seperti kram, sakit perut, dan bahkan lebih buruk lagi.

Jika anda ingin melakukan jogging di pagi hari, pastikan anda untuk tidak memakan apapun. Berlari dengan perut kosong selama satu jam bisa sangat efektif untuk hasil olahraga anda. Dan jika anda ingin jogging di siang atau sore hari, maka akan sangat penting untuk memilih makanan dan nutrisi serta waktu makan yang tepat. Disarankan untuk makan satu atau dua jam sebelum melakukan jogging.

Untuk jenis makanannya, anda bisa memilih makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dalam jumlah moderat atau sedang. Makanan-makanan jenis ini merupakan yang terbaik karena sangat mudah untuk dicerna. Sementara itu, anda juga harus menghindari makanan berlemak, berserat, digoreng, maupun makanan manis karena bisa mendatangkan masalah lain untuk anda.

3. Terlalu Sedikit Atau Terlalu Banyak Minum
Kata “terlalu” memang tidak pernah memberikan hasil yang positif, baik itu terlalu sedikit maupun terlalu banyak. Jadi, hindari meminum satu liter air sebelum anda pergi jogging. Banyak orang salah kaprah mengenai hidrasi sehingga mereka akan mengkonsumsi banyak air secara sekaligus sebelum jogging untuk menghindari kondisi dehidrasi. Meskipun kondisi dehidrasi bisa membahayakan anda saat berolahraga, terlalu terhidrasi juga bisa mengancam nyawa anda.

Minumlah air secara berkala untuk bisa tetap terhidrasi dengan baik – bukan secara sekaligus di pagi hari, apalagi sebelum jogging. Selain itu, hindari pula minuman berkafein atau minuman berenergi karena dapat meningkatkan detak jantung anda. Minuman yang mengandung pemanis juga bisa meningkatkan kadar gula darah anda. Jadi, air putih merupakan pilihan yang terbaik untuk anda.

Lantas, berapa banyak air yang diperlukan oleh tubuh? Biasanya setiap orang memiliki takaran yang berbeda berdasarkan tingkat aktivitas, cuaca, atau tingkat keringat yang dikeluarkan. Namun, rata-rata orang harus mendapatkan asupan cairan sebanyak 2 liter per hari. Jadi, apakah boleh meminum air sebelum pergi jogging? Tentu saja! Lebih jelasnya, anda bisa membaca di bagian nomor 4.

4. Perhatikan Kebiasaan Anda Pergi ke Toilet
Sangat bagus jika anda memiliki kebiasaan pergi ke toilet di pagi hari. Tetapi jika anda ingin melakukan jogging di pagi hari, maka anda harus menghindari kopi sebelum lari karena nantinya dapat membawa anda ke kamar kecil.

Saran yang terbaik adalah berhenti minum apapun sekitar 30 menit sebelum anda jogging dan pastikan untuk pergi ke kamar kecil setidaknya satu kali demi mencegah hal yang tidak diinginkan ketika aktivitas jogging berlangsung.

5. Tidak Mendengarkan Apa Yang Tubuh Anda Katakan

Hindari melakukan sesuatu yang berlebihan. Sebagai pemula, terkadang anda selalu ingin buru-buru menjadi profesional dan tidak mendengarkan apa yang tubuh anda katakan. Maksudnya, pastikan anda berhenti sejenak ketika anda merasa lelah atau sakit di otot. 

Kesehatan tidak bisa didapatkan hanya satu hari saja, melainkan melalui rutinitas, kebiasaan dan gaya hidup. Sehingga, akan sangat baik jika anda menjalankan aktivitas jogging tersebut secara perlahan dan berkala.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: