5 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Dari Asma

5 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Dari Asma. Sulit bernafas, sesak di area dada, serta mengi merupakan sedikitnya tanda-tanda dan gejala dari asma, yaitu peradangan kronis pada saluran udara bronchial yang dapat membuat anda merasa kesulitan ketika bernafas.

Menurut Chitra Dinakar, MD, seorang profesor klinis kedokteran di Stanford University dan juru bicara untuk American College of Allergy, Asthma and Immunology mengatakan bahwa jumlah penderita dari sindrom ini memiliki tingkat yang sangat tinggi. Di Amerika sendiri setidaknya 1 dari 12 orang menderita asma.

Penelitian baru-baru ini menemukan bahwa asma biasanya muncul dari campuran antara faktor lingkungan dan genetik. Dinakar juga mengatakan bahwa asma bukanlah penyakit, melainkan sebuah sindrom karena begitu sangat kompleks. Kemunculan dari sindrom ini bisa dalam bentuk yang bermacam-macam dan tidak mudah untuk diketahui secara pasti.

Namun, sedikitnya terdapat beberapa cara yang bisa anda perhatikan jika ingin mengetahui apakah gangguan pernafasan yang anda alami saat ini disebabkan oleh asma atau bukan. Scroll terus mouse anda untuk mengetahui 5 tanda dari sindrom asma.
5 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Dari Asma

1. Batuk Saat Tertawa
Apakah anda selalu batuk ketika tertawa dan saat berolahraga? Atau mungkin anda selalu mengalami batuk parah di malam hari? Ketiga jenis batuk tersebut telah dikaitkan dengan asma. Selain itu, jika anda mengalami sesak nafas atau gejala lainnya yang disertai dengan tanda-tanda diatas, itu juga bisa diakibatkan oleh asma.

2. Masalah Pernafasan Anda Dikaitkan Dengan Alergi
Jenis-jenis alergi tertentu juga bisa mengakibatkan anda terkena asma. Jika anda selalu mengalami masalah pernafasan setelah menghabiskan waktu dengan kucing atau binatang peliharaan lainnya, kemungkinan anda tengah menderita asma. Terkena serbuk sari atau mengalami gejala alergi lain seperti bersin-bersin dan mata gatal juga bisa memicu terjadinya asma.

3. Penyebabnya Bisa Dari Lingkungan
Selain asma yang disebabkan oleh alergi, merokok dan udara yang dingin atau kering juga bisa menyebabkan anda terkena asma. Anda bisa memperhatikan apakah asma tersebut muncul ketika anda pergi bekerja? Atau kambuh ketika anda berada di tempat-tempat tertentu? Jika anda mengalaminya, maka sudah dipastikan bahwa anda tengah menderita asma terkait dengan iritasi lingkungan.

4. Anda Pernah Memiliki Asma Saat Masih Kecil
Sangat umum bagi orang dewasa penderita asma pernah memiliki asma ketika mereka masih anak-anak. Namun, mereka biasanya belajar dan mengetahui cara terbaik untuk menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya sindrom tersebut, sehingga akan terbebas dari asma untuk sementara waktu. Namun, terkadang asma tersebut bisa kembali muncul dan kambuh jika anda memulai berolahraga dan latihan berat atau bergaul dengan para perokok. 

5. Mengalami Mengi Saat Menghembuskan Nafas
Terkadang kondisi mengi saat menghembuskan nafas sangat sulit untuk dibedakan antara asma dengan kondisi sejenis lainnya yang disebut rhonchi, yaitu sejenis kemacetan di area dada yang dapat menjadi tanda dari masalah kesehatan terkait dengan pernafasan seperti COPD atau bronkitis. Rhonchi biasanya disebabkan oleh sumbatan di hidung dan lendir di area dada.

Namun terdapat satu hal yang bisa anda bedakan dari kedua kondisi kesehatan tersebut. Mengi yang disebabkan oleh asma cenderung memiliki suara yang lebih tinggi.

Para ahli menyadari bahwa sangat sulit untuk bisa membedakan antara asma dengan kondisi kesehatan pernafasan lainnya. Masalah pernafasan bukanlah sesuatu yang sepele karena bisa mengancam nyawa anda. Contohnya ketika dada anda merasa sesak atau tertekan bisa menjadi sinyal dari serangan jantung yang akan segera menyerang anda. Pastikan untuk segera menghubungi dokter agar mendapatkan perawatan dan hasil yang lebih akurat.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: