10 Ciri Bayi yang Sehat dan Normal

10 Ciri Bayi yang Sehat dan Normal. Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan informasi kesehatan. Lebih tepatnya pada topik kesehatan bayi. Yaitu Ciri bayi yang sehat dan normal. Untuk itu mari kita simak bersama dibawah ini.

Setiap orang tua pasti menginginkan bayi nya sehat dan normal pada saat setelah melahirkan. Memiliki bayi yang sehat dan normal merupakan idaman dari pasangan suami istri yang memiliki bayi. Apalagi bagi seorang ibu pasti sangat mendambakan bayi nya sehat dan normal. Bayi yang sehat memiliki ciri-ciri yang dapat dilihat dengan mudah. Berikut ini merupakan ciri-ciri bayi yang sehat yang didambakan setiap orang tua.

1. Menangis Keras Saat Kelahiran
Ciri bayi yang sehat yang pertama adalah ketika dilahirkan dari rahim seorang ibu, bayi akan menangis dengan keras dan lantang. Hal ini menandakan bahwa bayi sehat dan normal. Jika ditemukan bahwa saat dilahirkan bayi dalam kondisi tidak menangis, makan ditakutnya bahwa si bayi dapat mengalami suatu kelainan.
10 Ciri Bayi yang Sehat dan Normal (image: freepik.com)
2. Memiliki Berat Ideal
Ciri bayi sehat selanjutnya adalah saat lahiran bayi dalam kondisi berat badan yang ideal. Minimal berat badan bayi normal adalah sekitar 2,5 kilogram.

3. Bernafas Teratur dan Tenang
Ciri bayi sehat dan normal berikutnya adalah bernafas dengan teratur dan tenang, bayi yang sehat memiliki pernafasan yang baik dapat dilihat bagian perut bayi yang bergerak teratur seiring dengan bernafasnya bayi.

4. Warna Kulit Kemerahan
Bayi yang mengalami warna kulit kuning, biasanya terdapat kelainan pada si bayi. Jika bayi dikatakan sehat ciri selanjutnya adalah kulit bayi tersebut berwarna kemerahan.

5. Organ Tubuh Lengkap dan Sempurna
Ciri bayi yang sehat selanjut yaitu memiliki organ tubuh yang lengkap dan sempurna bentuknya. Bisa anda perhatikan dari seluruh tubuhnya, dari ubun-ubun sampai ujung jari kakinya.

6. Urin yang Jernih atau Kekuningan
Bayi dapat dikatakan sehat dan normal juga bila urin dari bayi tersebut tidak berwarna atau jernih atau sedikit kekuningan.

7. Pada Minggu Ke-4 Tubuh bayi berfungsi normal
Bayi yang sehat dan normal memiliki anggota tubuh yang berfungsi dengan baik dan normal pada usia minggu ke-4.

8. Feses 7 hari pertama hijau
Ciri selanjutnya yaitu pada 7 hari pertama bayi setelah dilahirkan warna fesesnya berwarna kehijauan sementara pada hari selanjut mulai menguning.

9. Kontak Mata Dengan Baik
Bayi sehat dan normal dapat melakukan kontak mata pada orang yang dihadapannya. Biasanya pada usia 1-2 bulan bayi mulai dapat melakukan kontak matanya terhadap ibunya atau orang dihadapannya.

10. Bayi dapat Menggerakkan kepala saat 3 bulan
Pada umumnya bayi pada saat usia 3 bulan keatas sudah mulai bisa menggerakan kepalanya dengan baik, hal ini menandakan leher si bayi sudah menyesuaikan pergerakan kepalanya.

Beberapa ciri bayi sehat dan normal diatas adalah ciri yang sering kita jumpai pada kebanyakan bayi yang sehat dan normal. Jika anda menemukan ciri lainnya yang tidak disebutkan diatas ada baiknya bertanya pada orang sekitar yang lebih berpengalaman, lebih dianjurkan bertanya pada dokter bayi ataupun bidan yang memang mengerti.

Demikian artikel dari webmateri yang berisikan informasi seputar bayi yang sehat dan normal. Semoga informasi tersebut dapat berguna bagi anda yang memerlukannya. Terima kasih telah berkunjung.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: