18 Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil

18 Cara mencegah keguguran saat hamil. Di masa awal kehamilan terutama di trimester pertama, ibu hamil perlu lebih berhati-hati dan ekstra waspada ketika merawat dan menjaga kandungannya. Karena usia janin yang masih muda sangat rentan untuk mengalami keguguran.

Keguguran dapat di sebabkan oleh banyak faktor mulai dari pola makan, gaya hidup maupun ketidak sengajaan. Tapi ibu hamil tidak perlu khawatir karena banyak cara untuk mencegah keguguran di awal masa kehamilan yang memang sangat rentan.

18 Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil

Berikut ini beberapa tips atau cara mencegah keguguran saat hamil yang bisa ibu lakukan :

1. Istirahat yang cukup
Cara mencegah keguguran saat hamil yang pertama adalah dengan istirahat yang cukup. Karena pada trimester pertama kehamilan kondisi janin masih sangat lemah, jadi bagi ibu yang sedang mengandung pergunakan waktu istirahat yang cukup agar tidak gampang lelah. Karena kelelahan akibat dari melakukan aktivitas yang berat bisa menyebabkan keguguran.
18 Cara Mencegah Keguguran Saat Hamil

2. Jangan Kelelahan
Inti nya hampir sama dengan istirahat yang cukup, pada saat tanda-tanda kehamilan sudah mulai dirasakan, sebaik nya ibu lebih menjaga kondisi badan agar tidak mudah lelah. Karena kelelahan bisa menimbulkan kontraksi dini.

3. Jangan Terjatuh
Khusus Ibu hamil usahakan jangan sampai terjatuh, karena benturan akibat terjatuh bisa berdampak pada rahim. Kebanyakan kasus keguguran diakibat kan terjadinya benturan pada rahim, entah itu terjatuh, desak-desakan di angkutan umum atau kereta dan lain sebagainya.

4. Hindari Jalan Menanjak
Cara mencegah keguguran saat hamil yang berikutnya adalah dengan tidak mengendarai atau naik kendaraan di jalan yang menanjak. Karena jalan yang menanjak bisa menimbulkan kontraksi di dalam perut. Kontraksi dini dapat membuat ibu hamil melahirkan lebih awal atau keguguran.

5. Jalan Menurun
Hampir sama dengan jalan menanjak, jalan menurun pun bisa membuat ibu hamil mengalami kontraksi dini, jalanan menurun di sini adalah turunan yang cukup ekstrim, sedangkan jalan menurun yang biasa tidak menyebabkan efek apa-apa.

6. Waktu Perjalanan Terlalu Lama
Untuk ibu hamil memang tidak di sarankan untuk melakukan perjalanan yang terlalu lama. Maksimal waktu yang di perbolehkan adalah 2 jam saja. Setelah itu ibu hamil harus istirahat dan berbaring. Apalagi perjalanan dengan menggunakan motor, pegal akan terasa lebih cepat dan perut mengencang. Jika dipaksakan akan menyebabkan keluar nya flek bercak darah, dan bisa menimbulkan pendarahan.

7. Hindari Jalan Berlubang
Di awal kehamilan kondisi janin masih sangat lemah, untuk itu ibu hamil sebaiknya menghindari jalan yang berlubang, jika naik kendaraan bermotor sebaiknya bawa dengan hati-hati. Jalanan berlubang bisa membuat ibu hamil mengalami kontraksi perut, karena goncangan keras bisa menyebabkan dinding rahim runtuh.

8. Mengangkat Beban Berat
Cara mencegah keguguran saat hamil muda yang berikutnya adalah jangan mengangkat beban yang terlalu berat. Mengangkat beban yang berat bisa menyebabkan otot perut bekerja, akibat nya janin bisa terlepas dari dinding rahim, karena otot dinding rahim mengalami peregangan.

9. Hindari Rokok
Rokok memang sangat berbahaya bagi kesehatan, khusus nya pada ibu hamil. Jika ingin anak bunda cerdas sejak masih di dalam kandungan salah satu cara adalah dengan menghindari rokok, baik itu merokok secara langsung, atau berada di sekitar perokok aktif.

Zat nikotin yang ada dalam rokok dapat mengganggu pertumbuhan dan kesehatan janin, pada sebagian kasus rokok dapat menyebabkan keguguran bahkan jika sampai lahir pun, biasa nya bayi akan mengalami kelainan maupun gangguan kesehatan.

10. Hindari Alkohol
Bahaya minuman keras seperti alkohol sama bahaya nya dengan rokok. Sifat alkohol yang panas tidak cocok untuk janin yang ada dalam rahim. Karena janin tidak bisa berkembang di dalam ruangan atau rahim yang panas, akibatnya janin akan keguguran. Bagi ibu hamil sebaiknya menghindari minuman ini.

11. Olahraga Berat
Bagi ibu hamil khusus nya yang sebelum nya hobi fitnes atau pergi ke gym, pada masa kehamilan sebaiknya di hentikan dulu aktifitas tersebut, karena olahraga berat maupun senam yang membutuhkan banyak gerakan, yang bisa menyebabkan keguguran akibat guncangan-guncangan. Sebagai ganti nya ibu bisa mengikuti pelatihan atau kursus senam ibu hamil, yang lebih menekankan pada pernafasan dan teknik rileksasi.

12. Kendalikan Stress
Kondisi psikologis ternyata bisa menyebabkan keguguran. Apalagi pada ibu yang hamil muda banyak yang mengalami stress. Kondisi stress menyebabkan nafsu makan berkurang, sehingga perut kosong. Jika perut ibu hamil kosong bisa menyebabkan lemas dan membahayakan janin yang ada di dalam kandungan.

13. Hindari Buah Pantangan
Banyak pantangan yang harus di hindari saat hamil, salah satu nya buah-buahan yang bisa menyebabkan keguguran. Berbagai macam buah yang di jadikan pantangan saat hamil seperti nanas, nangka, pisang dan durian. Bahkan medis pun juga melarang untuk mengkonsumsi buah tersebut saat hamil, karena memiliki efek panas yang tidak baik bagi janin.

14. Hindari makanan Pantangan
Selain buah yang menjadi pantangan, ada juga makanan yang menjadi pantangan saat hamil, karena bisa menyebabkan keguguran. Makanan-makanan yang memberikan efek panas sebaik nya di hindari karena tidak bagus buat perkembangan janin yang ada di dalam rahim.

15. Banyak Mengkonsumsi Makanan Sehat
Setelah di haruskan menghindari makanan pantangan, untuk mencegah keguguran ibu hamil juga di sarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan sehat. Karena pada makanan tersebut terkandung nutrisi yang dibutuhkan oleh janin supaya bisa berkembang dan sehat ketika di dalam rahim.

16. Jaga Kesehatan
Cara untuk menghindari keguguran berikutnya yaitu  ibu hamil harus bisa menjaga kesehatannya. Ibu hamil di harapkan jangan sampai terkena penyakit demam dan pusing, karena pada saat demam suhu tubuh meningkat begitu pula dengan suhu di dalam rahim. Di khawatirkan janin tidak bisa bertahan dengan suhu yang panas itu. Akibat terburuknya janin akan gugur.

17. Hindari Anemia
Anemia atau kurang darah juga bisa menjadi faktor penyebab ibu hamil keguguran, karena biasa nya anemia akan membuat ibu hamil pusing dan pingsan, saat pingsan tubuh ibu akan terjatuh dan terjadi benturan pada rahim, sedangkan saat hamil sebisa mungkin untuk menghindari benturan. Cara terbaik ketika ibu hamil mengalami gejala anemia dan kepala sudah pusing, sebaik nya berisitirahat sambil berbaring jangan di paksakan bergerak.

18. Menjaga Psikologis
Ketika hamil mood ibu akan berubah-ubah kadang senang, tiba-tiba sedih bahkan marah-marah. Oleh karena itu ibu hamil harus tetap menjaga psikologisnya dalam keadaan stabil dan seimbang. Karena mood yang tidak enak seperti marah bisa menyebabkan tekanan darah meningkat.

Pada saat tekanan darah meningkat atau hipertensi dalam kehamilan bisa menyebabkan komplikasi pada kehamilan. Jika hal ini terjadi maka resiko janin untuk mengalami keguguran akan semakin besar.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: