9 Makanan Alternatif Bagi Anda Yang Tengah Mengalami Ngidam Makanan

9 Makanan Alternatif Bagi Anda Yang Tengah Mengalami Ngidam Makanan. Tidak hanya ibu hamil, ternyata semua orang pernah mengalami ngidam makanan tanpa mereka sadari. Terlebih bagi anda yang tengah menjalani diet untuk menurunkan berat badan, pasti selalu memiliki keinginan dan menahan godaan untuk mengkonsumsi makanan-makanan junkfood atau jenis santapan yang tidak sehat lainnya.

Dikenal juga dengan istilah food cravings, setidaknya terdapat sekitar 50% orang-orang mengalami ngidam makanan secara berkala yang berujung pada mengkonsumgi makanan yang tidak sehat. Tetapi tidak semua hal tersebut menjadi buruk! Anda bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi makanan sehat nan lezat ketika kondisi cravings tersebut mulai menyerang.

1. Buah Segar
Buah-buahan menjadi daftar paling utama ketika anda mulai ngidam makanan yang mengandung gula. Selain rasanya manis dan enak, buah juga merupakan kudapan yang sangat bernutrisi. Jenis makanan ini mengandung serat prebiotik, antioksidan, rendah kalori, dan sejumlah senyawa tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan juga sudah dikaitkan dengan kesehatan tubuh yang lebih baik dan menurunkan resiko terkena penyakit hati dan obesitas.

2. Yogurt Yunani
Selain rasanya yang lembut dan memanjakan, Yogurt Yunani juga dikenal sangat menyehatkan. Makanan ini sangat tinggi akan protein dan lebih rendah gula dari yogurt pada umumnya, serta sumber yang baik dari kalsium, vitamin B dan bakteri baik. Kombinasi dari nutrisi-nutrisi tersebut juga menjadikan makanan ini sangat baik untuk kesehatan tulang dan sistem pencernaan anda.

3. Minuman Hangat
Jika anda tengah mengatur jumlah asupan kalori harian anda, maka anda bisa memilih minuman hangat ketika tengah mengalami ngidam makanan. Meminum kopi panas, teh atau espresso setelah makan dapat membantu anda menghindari keinginan mengkonsumsi makanan penutup atau cemilan dengan kandungan kalori yang berlebih.

Selain itu, jenis minuman ini juga bisa membantu mencegah anda mengalami ngidam berkelanjutan. Terlebih kopi yang dapat meningkatkan kadar hormon perasaan kenyang yang disebut Peptide YY, yaitu hormon yang memiliki efek penekan nafsu makan sehingga mampu membantu anda mengurangi asupan kalori dan mendukung usaha anda untuk menurunkan berat badan.

4. Coklat Hitam
Jika anda mengalami ngidam coklat, cobalah untuk mengganti coklat susu biasa dengan coklat hitam dengan kandungan kokoa diatas 70% yang juga memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, camilan jenis ini juga mampu menurunkan resiko anda terkena penyakit jantung.
Coklat Hitam Sebagai Makanan Alternatif

Tetapi tetap saja anda harus memperhatikan ukuran porsi anda. Sementara ukuran kecil telah dikaitkan dengan berbagai macam manfaat kesehatan, lain lagi dengan ukuran besar yang dapat meningkatkan kadar gula terhadap pola makan anda.

5. Keju Cottage
Keju cottage merupakan produk keju rasa ringan dengan kandungan kalori yang rendah serta sangat bernutrisi. Meskipun mengandung sekitar 163 kalori per mangkuk, keju cottage juga dipenuhi dengan 70% protein dan mengandung sejumlah kalsium, vitamin B12 dan vitamin B2 (riboflavin) yang baik.

Kandungan protein tinggi dan rendah kalori yang terdapat dalam keju cottage juga bisa menjadi pilihan kudapan yang baik bagi anda yang tengah menderita ngidam makanan, terutama jika anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Hal ini karena asupan tinggi protein dari produk susu seperti keju cottage telah terbukti dapat membantu anda mendapatkan perasaan kenyang lebih lama, dimana bisa membantu anda untuk tidak makan berlebih dan menurunkan berat badan.

6. Es Krim Pisang
Jika anda tengah ngidam makanan manis dan dingin seperti es krim, maka anda bisa memilih es krim dengan campuran pisang. Selain rasanya yang lezat dan lembut, es krim pisang juga memiliki rendah kalori dan sangat tinggi akan serat jika dibandingkan dengan jenis es krim lainnya.

7. Popcorn
Popcorn bisa menjadi kudapan yang menakjubkan bagi anda yang tengah ngidam makanan asin tanpa harus menambahkan terlalu banyak kalori ke dalam perut anda.

8. Edamame
Edamame merupakan kacang kedelai yang belum dewasa. Biasanya orang selalu merebusnya dan menaburinya dengan garam sebelum dimakan. Jika anda tengah ngidam makanan asin, maka makanan ini bisa menjadi alternatif terbaik bagi anda.

Edamame sangat rendah kalori dan tinggi serat, protein, serta sejumlah vitamin dan mineral termasuk vitamin K dan folat. Satu cangkir atau sekitar 155 gram dari edamame saja sudah mengandung 190 kalori dan 17 gram protein.

9. Kurma

Buah kurma merupakan makanan khas timur tengah yang biasa dikonsumsi setelah dikeringkan. Buah ini sangat manis dan mengandung sejumlah gula. Namun, kurma juga ternyata sangat kaya akan antioksidan dan mengandung serat, potasium, zat besi dan sejumlah senyawa tanaman bermanfaat lainnya. 
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: