5 Jenis Sakit Kepala Berbeda Ini Dikaitkan Dengan Kondisi yang Berbahaya

5 Jenis Sakit Kepala Berbeda Ini Dikaitkan Dengan Kondisi yang Berbahaya. Sama halnya dengan beberapa kondisi kesehatan lainnya, sakit kepala bisa sangat sulit untuk dikategorikan. Tapi jika berbicara mengenai kondisi sakit kepala yang tengah anda alami saat ini, pastikan anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika terjadi perubahan dalam rasa sakit kepala anda tersebut.

Seperti misalnya anda jarang sekali mengalami sakit kepala sebelumnya, kemudian tiba-tiba mengalami rasa sakit kepala yang terasa menghantam dan terjadi selama beberapa hari hingga berminggu-minggu – atau jika anda selalu mengalami sakit kepala namun baru-baru ini terasa lebih menyakitkan dari biasanya, maka disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan.

Meskipun biasanya kebanyakan orang selalu mengkaitkan antara sakit kepala dengan tumor otak, namun terdapat beberapa gejala sakit kepala yang diasosiasikan dengan penyakit lainnya yang tak kalah berbahanya dengan penyakit tumor tersebut.
5 Jenis Sakit Kepala Berbahaya (image: freepik.com)

1. Terasa Seperti Dihantam Palu
Jika anda mengalami rasa sakit kepala yang teramat sangat seperti dihantam palu dan datang secara tiba-tiba, maka anda perlu untuk mendapatkan perawatan dengan segera. Gejala tersebut bisa akibat dari subarachnoid hemorrhage (SAH), atau pendarahan di otak akibat dari aneurisma yang bocor.

2. Disertai Dengan Gejala Lainnya
Lain lagi dengan sakit kepala yang disertai dengan demam, maka itu bisa mengindikasikan bahwa terdapat infeksi di dalam otak anda, seperti meningitis. Hal itu juga bisa menjadi tanda dari gejala ensefalitis, yaitu jenis peradangan yang terjadi di otak. Terlebih jika rasa sakit kepala anda dan demam tersebut disertai dengan perubahan mental, seperti anda tidak bisa mengingat anak-anak anda atau bertingkah seperti bukan diri anda sendiri, maka pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

3. Rasa Sakitnya Berada di Belakang Atau Sekitar Mata Anda
Jika anda mengalami rasa sakit kepala disertai dengan rasa sakit di area mata, dan terlebih jika terdapat perubahan dalam daya penglihatan anda, maka itu bisa menjadi tanda yang sangat berbahaya. Kemungkinan yang terburuk adalah anda terkena glaukoma akut, yaitu penumpukan tekanan di mata anda yang memotong aliran darah dan dapat mengakibatkan kebutaan.

4. Rasa Sakit Di Kedua Area Samping Mata
Untuk bagian ini, sakit kepala yang terjadi di kedua area samping mata anda bukanlah sesuatu yang teramat serius. Namun jika usia anda lebih dari 50 tahun dan rasa sakit kepala anda terasa terfokus pada satu atau kedua area samping mata anda, maka itu bisa tanda dari temporal arteritis, yaitu sebuah kondisi dimana pembuluh darah di area tersebut mengalami peradangan. Sakit kepala tersebut biasanya disertai dengan demam dan penglihatan yang kabur, serta dapat menyebabkan kebutaan jika tidak diobati dengan baik.

5. Sakit Kepala Menular

Jika di suatu tempat anda melihat banyak orang merasakan sakit kepala secara bersamaan – termasuk anda, maka itu bisa akibat dari keracunan karbondioksida. Segera buka jendela dan pintu di tempat tersebut dan pastikan anda untuk mengajak semua orang segera keluar dari ruangan sebelum semuanya terlambat. 
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: