Ingin Punya Otak Sehat? Cobalah 5 Daun Herbal dan Rempah-Rempah Ini

Ingin Punya Otak Sehat? Cobalah 5 Daun Herbal dan Rempah-Rempah Ini. Daun herbal dan rempah-rempah merupakan jenis tanaman yang sangat baik untuk pola makan dan kesehatan anda. Biasanya jenis tanaman ini bebas kalori, bebas lemak, dan bisa memberikan tambahan rasa untuk masakan anda.

Namun selain daripada itu, daun herbal juga sudah terbukti dapat bermanfaat untuk kesehatan kognitif. 

Beberapa penelitian baru-baru ini juga menunjukkan adanya keterkaitan antara daun herbal dan rempah-rempah tertentu dengan kesehatan otak anda, seperti meningkatkan ketajaman otak, mengurangi kecemasan, dan menangkal penyakit alzheimer dan parkinson. Dan berikut adalah daftar daun herbal dan rempah-rempah yang bisa anda manfaatkan untuk kesehatan otak anda.

Ingin otak sehat ? (image: freepik.com)
1. Peterseli dan Thyme
Sebuah penelitian terbaru dari Brazil menemukan bahwa flavonoid dari tanaman tersebut yang dinamakan dengan apigenin mampu memperkuat koneksi antara neuron dan sel induk. Para peneliti juga berspekulasi bahwa diet tinggi apigenin dapat mempengaruhi pembentukan formasi sel otak dan komunikasi, sehingga dapat membantu menangkal depresi, alzheimer, dan parkinson.

Seorang peneliti terkait di Micronutrient Information Center di Oregon State University’s Linus Pauling Institute bernama Giana Angelo, PhD, menjelaskan bahwa struktur senyawa dari apigenin mirip sekali dengan estrogen yang sudah lama dikenal untuk membantu perkembangan neuron.

2. Kamomil
Tanaman ini bisa dibuat sebagai teh herbal dan biasa dikonsumsi oleh para penikmat teh di malam hari karena kandungannya yang dapat memerangi stres. Sama halnya seperti apigenin, tanaman ini mengandung senyawa yang dapat mengurangi perasaan kecemasan. 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi kamomil selama delapan minggu mengalami penurunan perasan kecemasan dan merasa lebih rileks dari biasanya.

3. Kunyit
Giana Angelo, PhD, juga menjelaskan bahwa setiap orang memiliki sel kekebalan tubuh yang disebut makrofag dimana bertugas untuk menghancurkan partikel asing di dalam tubuh. Tetapi bagi mereka yang menderita penyakit Alzheimer, makrofag tersebut tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Namun, beberapa senyawa yang ditemukan dalam kunyit telah terbukti dapat berpotensi membantu membersihkan otak dari plak terhadap orang-orang dengan tanda dan gejala awal penyakit alzheimer.

4. Peppermint
Tanaman yang sudah dikenal dapat mengobati gejala mual-mual ini juga telah terbukti dapat meningkatkan kinerja memori otak dalam jangka panjang untuk orang dewasa yang sehat, dimana penelitian ini dipresentasikan di British Psychological Society’s Annual Conference.

Penelitian ini melibatkan sebanyak 180 peserta yang dibagi menjadi 3 kelompok yang berbeda dan masing-masing dari mereka diberikan teh peppermint, teh kamomil, dan air panas. 20 menit kemudian mereka diberikan tes kognitif dan mood. Tentu saja, para peneliti ini menemukan bahwa kelompok yang mengkonsumsi teh peppermint lebih memiliki daya kerja memori dan kewaspadaan lebih baik daripada mereka yang mengkonsumsi teh kamomil dan air panas saja.

5. Rosemary

Jenis tanaman yang satu ini juga sudah sering digunakan untuk meningkatkan daya ingat. Penelitian lainnya yang juga dipresentasikan di British Psychological Society’s Annual Conference menunjukkan bahwa aroma minyak esensial dari rosemari dapat meningkatkan daya ingat terhadap orang yang sudah berusia diatas 65 tahun.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: