Daftar Nama-Nama Suku Di Indonesia

Daftar Nama-Nama Suku Di Indonesia. Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan materi pengetahuan umum. Adapun materi yang akan dibahas adalah mengenai nama-nama suku yang berada di Indonesia. Untuk itu mari kita simak bersama-sama materinya dibawah ini.

Negara Kesatuan Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ciri khas kedaerahan masing-masing, baik segi cara hidup, makanan, maupun suku-sukunya. Suku-suku yang berada di Indonesia mencapai sekitar 1.340 yang tersebar diseluruh daerah NKRI. Hal tersebut tercatat oleh BPS pada tahun 2010. Dari semua suku tersebut beberapa akan ditulis pada artikel ini. Dibawah ini adalah daftar dari nama-nama suku yang berada di Indonesia berdasarkan Provinsi tempat suku itu tinggal.

Daftar Nama-Nama Suku Di Indonesia :
Dibawah ini terdapat nama-nama suku yang terdapat di Indonesia dibagi berdasarkan provinsi nya. Walaupun belum semua suku yang terdaftar pada daftar dibawah ini. Mari tetap simak nama-nama suku dibawah ini.

Daftar Nama Suku di Provinsi  Nangroe Aceh Darussalam :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi NAD antara lain adalah : Suku Aceh, Suku Gayo, Suku Kluet, Suku Tamiang, Suku Singkil, Suku Anak Jame, Suku Simeleuw, dan Suku Pulau.

Daftar Nama Suku di Provinsi Sumatera Utara :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Sumatera Utara antara lain adalah : Suku Batak Karo, Suku Batak Simalungun, Suku Batak Fakfak, Suku Batak Angkola, Suku Batak Toba, Suku Melayu, Suku Nias, Suku Batak Mandailing, Suku Maya-maya.

Daftar Nama Suku di Provinsi Sumatera Barat :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Riau antara lain adalah : Suku Melayu, Suku Akit, Suku Talang Mamak, Suku Orang Utan Bonai, Suku Sakai, Suku Laut, Suku Bunoi.

Daftar Nama Suku di Provinsi Riau :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Kepulauan Riau antara lain adalah : Suku Melayu, Suku Siak, Suku Sakai.

Daftar Nama Suku di Provinsi Jambi :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Jambi antara lain adalah : Suku Batin, Suku Kerinci, Suku Penghulu, Suku Pedah, Suku Melayu, Suku Jambi, Suku Kubu, Suku Bajau

Daftar Nama Suku Di Provinsi Bengkulu :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Bengkulu antara lain adalah : Suku Muko-muko, Suku Pekal, Suku Serawai, Suku Pasemah, Suku Enggano, Suku Kaur, Suku Rejang, Suku Lembak

Daftar Nama Suku Di Provinsi Sumatera Selatan :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Sumatera Selatan antara lain adalah : Suku Melayu, Suku Kikim, Suku Semenda, Suku Komering, Suku Pasemah, Suku Lintang, Suku Pegagah, Suku Rawas, Suku Sekak Rambang, Suku Lembak, Suku Kubu, Suku Ogan, Suku Penesek Gumay, Suku Panukal, Suku Bilida, Suku Musi, Suku Rejang, Suku Ranau.

Daftar Nama Suku di Provinsi Lampung :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Lampung antara lain adalah : Suku Pesisir, Suku Pubian, Suku Sungkai, Suku Semenda, Suku Seputih, Suku Tulang Bawang, Suku Krui Abung, Suku Pasemah.

Daftar Nama Suku di Provinsi Bangka Belitung :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Bangka Belitung antara lain adalah : Suku Bangka, Suku Melayu, Suku Tionghoa.
Daftar Nama-Nama Suku Di Indonesia

Daftar Nama Suku di Provinsi Banten :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Banten antara lain adalah : Suku Baduy, Suku Sunda, Suku Banten

Daftar Nama Suku di Provinsi DKI Jakarta :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi DKI Jakarta antara lain adalah : Suku Betawi

Daftar Nama Suku di Provinsi Jawa Barat :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Jawa Barat antara lain adalah : Suku Sunda.

Daftar Nama Suku di Provinsi Jawa Tengah :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Jawa Tengah antara lain adalah : Suku Jawa, Suku Karimun, Suku Samin.

Daftar Nama Suku di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta antara lain adalah : Suku Jawa

Daftar Nama Suku di Provinsi Jawa Timur :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Jawa Timur antara lain adalah : Suku Jawa, Suku Madura, Suku Tengger, Suku Osing.

Daftar Nama Suku di Provinsi Bali :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Bali antara lain adalah : Suku Bali Aga, Suku Bali Majapahit.

Daftar Nama Suku di Provinsi Nusa Tenggara Barat :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat antara lain adalah : Suku Bali, Suku Sasak, Suku Samawa, Suku Mata, Suku Dongo, Suku Kore, Suku Mbojo, Suku Dompu, Suku Tarlawi, Suku Sumba.

Daftar Nama Suku di Provinsi Nusa Tenggara Timur :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur antara lain adalah : Suku Sabu, Suku Sumba, Suku Rote, Suku Kedang, Suku Helong, Suku Dawan, Suku Tatum, Suku Melus, Suku Bima, Suku Alor, Suku Lie, Suku Kemak, Suku Lamaholot, Suku Sikka, Suku Manggarai, Suku Krowe, Suku Ende, Suku Bajawa, Suku Nage, Suku Riung, Suku Flores.

Daftar Nama Suku di Provinsi Kalimantan Barat :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Kalimantan Barat antara lain adalah : Suku Kayau, Suku Ulu Aer, Suku Mbaluh, Suku Manyuke, Suku Skadau, Suku Melayu-Pontianak, Suku Punau, Suku Ngaju, Suku Mbaluh

Daftar Nama Suku di Provinsi Kalimantan Tengah :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah antara lain adalah : Suku Kapuas, Suku Ot Danum, Suku Ngaju, Suku Lawangan, Suku Dusun, Suku Maanyan, Suku Katingan

Daftar Nama Suku di Provinsi Kalimantan Selatan :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan antara lain adalah : Suku Ngaju, Suku Laut, Suku Maamyan, Suku Bukit, Suku Dusun, Suku Deyah, Suku Balangan, Suku Aba, Suku Melayu, Suku Banjar, Suku Dayak.

Daftar Nama Suku di Provinsi Kalimantan Utara :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Kalimantan Utara antara lain adalah : Suku Dayak, Suku Tidung, Suku Bulungan, Suku Suluk, Suku Banjar, Suku Lun Bawang / Lun Dayeh

Daftar Nama Suku di Provinsi Kalimantan Timur :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Kalimantan Timur antara lain adalah : Suku Ngaju, Suku Otdanum, Suku Apokayan, Suku Punan, Suku Murut, Suku Dayak, Suku Kutai, Suku Kayan, Suku Punan, Suku Bugis.

Daftar Nama Suku di Provinsi Sulawesi Selatan :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan antara lain adalah : Suku Mandar, Suku Bugis, Suku Toraja, Suku Sa'dan, Suku Bugis, Suku Makassar.

Daftar Nama Suku di Provinsi Sulawesi Tenggara :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara antara lain adalah : Suku Mapute, Suku Mekongga, Suku Landawe, Suku Tolaiwiw, Suku Tolaki, Suku Kabaina, Suku Butung, Suku Muna, Suku Bungku, Suku Buton, Suku Muna, Suku Wolio, Suku Bugis.

Daftar Nama Suku di Provinsi Sulawesi Barat :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Sulawesi Barat antara lain adalah : Suku Mandar, Suku Mamuju, Suku Bugis, Suku Mamasa.

Daftar Nama Suku di Provinsi Sulawesi Tengah :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah antara lain adalah : Suku Buol, Suku Toli-toli, Suku Tomini, Suku Dompelas, Suku Kaili, Suku Kulawi, Suku Lore, Suku Pamona, Suku Suluan, Suku Mori, Suku Bungku, Suku Balantak, Suku Banggai, Suku Balatar.

Daftar Nama Suku di Provinsi Gorontalo :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Gorontalo antara lain adalah : Suku Gorontalo

Daftar Nama Suku di Provinsi Sulawesi Utara :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Sulawesi Utara antara lain adalah : Suku Minahasa, Suku Bolaang Mangondow, Suku Sangiher Talaud, Suku Gorontalo, Suku Sangir, Suku Ternate, Suku Togite, Suku Morotai, Suku Loda, Suku Halmahera, Suku Tidore, Suku Obi.

Daftar Nama Suku di Provinsi Maluku :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Maluku antara lain adalah : Suku Buru, Suku Banda, Suku Seram, Suku Kei, Suku Ambon.

Daftar Nama Suku di Provinsi Maluku Utara :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Maluku Utara antara lain adalah : Suku Halmahera, Suku Obi, Suku Morotai, Suku Ternate, Suku Bacan

Daftar Nama Suku di Provinsi Papua Barat :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Papua Barat antara lain adalah : Suku Mey Brat, Suku Arfak, Suku Asmat, Suku Dani, Suku Sentani.

Daftar Nama Suku di Provinsi Papua :
Nama-nama suku yang ada di Provinsi Papua antara lain adalah : Suku Sentani, Suku Dani, Suku Amungme, Suku Nimboran, Suku Jagai, Suku Asmat, Suku Tobati.
       
Demikian materi dari webmateri mengenai Daftar Nama-nama Suku Di Indonesia. Berdasarkan provinsi nya. Terima kasih telah berkunjung ke webmateri.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: