Pengertian VGA, DVI, DisplayPort, HDMI, Thunderbolt, dan MHL

Pengertian VGA, DVI, DisplayPort, HDMI, Thunderbolt, dan MHL. Pada artikel kali ini webmateri akan memberikan materi seputar mata pelajaran komputer. Adapun materi yang dibahas adalah pengertian dari port-port kabel yang ada dibelakang monitor atau tv, yaitu VGA, DVI, DisplayPort, HDMI, Thunderbolt, dan MHL. Untuk materinya dapat dilihat dibawah ini.

Jadi dari semua port yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah sama fungsinya yaitu sebagai input/output gambar tampilan dari komputer atau console dan semacamnya dihubungkan ke layar penampil seperti projector, monitor, tv dan sebagainya. Berikut penjelasan dari masing-masing port tersebut.

Pengertian VGA
VGA singkatan dari Video Graphics Array, yakni sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Port standard ini adalah port grafik yang paling tua. Kebanyakan dari komputer lama masih menggunakan VGA sebagai penghubung ke monitor. Setiap monitor pun menggunakan port VGA ini sebagai antisipasi jika pengguna masih meggunakan VGA kabel untuk menghubungkan monitor dan komputer. Tentunya kualitas gambar yang terkirim melalui port VGA tidak sebaik gambar pada port HDMI dan teman-temannya.

Pengertian VGA, DVI, DisplayPort, HDMI, Thunderbolt, dan MHL

Pengertian DVI
Selain VGA, terdapat pula versi lanjutannya yaitu DVI. Bedanya VGA masih analog sementara DVI sudah digital. Konektor ini diciptakan oleh Digital Display Working Group pada tahun 1999 dengan 29 pin. DVI dapat menghantarkan video secara digital dengan resolusi WUXGA (1.920 x 1.200) @60 Hz melalui single link dan WQXGA (2560x1600) @60 Hz via dual link. Selain itu, DVI juga mendukung output video analog yang kompatibel menggunakan adaptor.

Pengertian Displayport
Diluncurkan pada tahun 2006, DisplayPort digunakan untuk multi-monitor. Biasanya dibutuhkan oleh seorang desainer, programmer, atau mereka yang bekerja multitaksing dengan beberapa monitor. Jika VGA dan DVI sudah mulai ditinggalkan produsen-produsen teknologi terbaru, DisplayPort masih dikembangkan. Versi terbaru adalah DisplayPort 1.4 yang mendukung HDR dan keluran video hingga 8K. Nvidia GeForce GTX 1080 adalah kartu grafis pertama di dunia yang mendukung fitur DisplayPort 1.4.

Pengertian HDMI
Berbeda dari VGA dan DVI, HDMI merupakan port koneksi yang memiliki kemampuan mengirimkan gambar dengan kualitas tinggi. High-Definition Multimedia Interface (HDMI) adalah salahsatu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri.
Konektor HDMI mempunya dua tipe yaitu tipe A dan tipe B. Konektor HDMI Tipe A standar, mempunyai 19 pin, sedangkan versi resolusi yang lebih tinggi yang disebut Tipe B telah didefinisikan, walaupun belum digunakan secara umum. Sedangkan Tipe B mempunyai 29 pin, yang mampu membawa kanal video expanded untuk digunakan dengan tampilan beresolusi tinggi. Tipe B dirancang untuk mendukung resolusi yang lebih tinggi dari 1.080 pixel. HDMI Tipe A cocok juga dengan Digital Visual Interface (DVI-D) hubungan tunggal yang digunakan pada monitor komputer modern dan kartu grafik.

Pengertian Thunderbolt
Thunderbolt pada mulanya dikembangkan oleh Intel. Namun setelah menjalin kerja sama dengan Apple. Thunderbolt muncul ke pasaran untuk pertama kalinya melalui MacBook Pro. Thunderbolt yang didasari oleh arsitektur PCI Express serta DisplayPort ini menggabungkan data, video, dan audio dalam satu koneksi. Berkat gabungan dua arsitektur tersebut, perpindahan data Thunderbolt sangat cepat, yakni hingga 10 Gbps, 20 kali lebih cepat dari USB 2.0, 12 kali lebih cepat dari Firewire 800, dan 2 kali lebih cepat dari USB 3.0.

Pengertian MHL

Mobile High-Definition Link adalah sebuah antarmuka yang dibuat untuk perangkat portabel termasuk ponsel. MHL dapat dianggap sebagai versi spin-off dari HDMI. MHL 3 punya dukungan untuk video 4K 30fps dengan HDCP 2.2 dan surround audio 7.1. Pada perangkat seluler, HML menggunakan port micro-USB 2.0 untuk menghubungkan ke perangkat display menggunakan MHL ke HDMI adapter. Versi terbaru, superMHL, menambahkan dukungan untuk video 8K di 120fps, Dolby Atmos, HDR, dan lainnya.

Demikian artikel dari webmateri yang membahas mengenai pengertian VGA, HDMI, DVI, DisplayPort, MHL, dan Thunderbolt. Adapun materi diatas bersumber dari jalantikus.com. Semoga berguna bagi anda yang memerlukannya. Terima kasih.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: