Pengertian Manajer, Tingkatan Manajer, Dan Tugas Manajer

Pengertian Manajer, Tingkatan Manajer, Dan Tugas Manajer.  Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan materi mengenai mata pelajaran Ekonomi IPS. Adapun materi yang dibahas kali ini adalah Pengertian Manajer, Tingkatan Manajer, dan Tugas Manajer. Mari kita simak bersama materinya dibawah ini.

Pengertian Manajer
Pengertian manajer adalah seseorang yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang baik dan diakui oleh organisasi tertentu untuk dapat memimpin, mengelola, mengendalikan, dan mengatur serta mengembangkan organisasi tersebut untuk mencapai tujuannya. Terdapat pula definisi lainnya dari manajer, yaitu seseorang yang dapat mengarahkan / memerintahkan orang lain dan dapat bertanggung jawab atas kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan orang lain tersebut.

Tingkatan Manajer
Manajer memiliki tingkatan yaitu ada 3 tingkatan manajer, tingkatan tersebut adalah manajer lini pertama, manajer tingkat menengah, manajer tingkat puncak. Untuk penjelasannya mari kita simak dibawah ini :
  • Manajer lini pertama. Manajer lini pertama merupakan tinggatan paling bawah, biasanya dikenal dengan manajer operasional. Tugas dari manajer lini pertama adalah memimpin dan mengawasi pegawai non-manajerial yang ikut serta dalam proses produksi. Contoh manajer lini pertama adalah supervisor, manajer area, manajer shift, manajer department, manajer kantor atau mandor.
  • Manajer tingkat menengah. Manajer tingkat menengah ini berada diantara manajer lini pertama dan manajer tingkat puncak. Tugas dari manajer tingkat menengah adalah sebagai penghubung antar kedua tingkat manajer lini pertama dan manajer tingkat puncak. Contoh jabatan yang merupakan manajer tingkat menengah ini adalah seperti manajer proyek, manajer pabrik, manajer divisi atau kepala bagian.
  • Manajer tingkat puncak. Manajer tingkat puncak bertugas untuk merencanakan kegiatan dan strategi organisasi ataupun perusahaan secara umum. Selain itu manajer tingkat puncak juga memiliki tugas untuk mengarahkan jalannya organisasi ataupun perusahaan. Manajer puncak ini dikenal dengan instilah executive officer, contohnya dari manajer tingkat puncak adalah Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Information Officer (CIO).
Pengertian Manajer, Tingkatan Manajer, Dan Tugas Manajer (image: vectoropenstock.com)

Tugas-Tugas Manajer
Tugas-tugas manajer cukup banyak diantaranya terbagi menjadi 9 poin. Penjelasan mengenai 9 poin tugas manajer tersebut dapat disimak dibawah ini :
  1. Pertama, manajer bertugas sebagai pemimpin organisasi
  2. Kedua, manajer bertugas untuk mengatur dan mengendalikan organisasi.
  3. Ketiga, manajer bertugas untuk mengembangkan organisasi.
  4. Keempat, manajer bertugas untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi organisasi.
  5. Kelima, manajer bertugas untuk mengawasi dan mengendalikan organisasi.
  6. Keenam, manajer bertugas untuk menumbuhkan kepercayaan.
  7. Ketujuh, manajer bertugas untuk meningkatkan rasa tanggung jawab.
  8. Kedelapan, manajer bertugas untuk mengevaluasi kegiatan-kegiatan organisasi.
  9. Kesembilan, manajer bertugas untuk menggali dan mengembangkan sumber daya yang dimiliki organisasi atau perusahaan.

Demikian artikel dari webmateri yang membahas mengenai mata pelajaran Ekonomi IPS. Adapun materi yang dibahas adalah mengenai Pengertian Manajer, Tingkatan Manajer, dan Tugas Manajer. Terima kasih atas kunjungan anda ke webmateri.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: