Lambang Koperasi Indonesia Dan Tingkatan Koperasi

Lambang Koperasi Indonesia Dan Tingkatan Koperasi. Pada artikel kali ini webmateri akan membahas mengenai mata pelajaran Ekonomi IPS. Materi yang akan dibahas adalah tentang lambang koperasi Indonesia dan tingkatan koperasi. Mari kita simak bersama materinya dibawah ini.

Tingkatan Koperasi
Untuk membedakan bentuk koperasi, kita dapat melihat dari segi keanggotaan koperasi yang bersangkutan. Dilihat dari keanggotaannya, koperasi di Indonesia dapat dibedakan menjadi koperasi primer dan sekunder. Koperasi primer adalah koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan orang seorang. Anggotanya paling sedikit 20 orang. Koperasi sekunder adalah koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan koperasi, di mana anggotanya terdiri atas beberapa koperasi yang telah berbadan hukum. Sedangkan dilihat dari segi keanggotaan dan wilayah kerjanya, koperasi Indonesia dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut :

Koperasi Primer
Sebuah koperasi dapat dikatakan sebagai koperasi primer jika koperasi itu beranggotakan paling sedikit 20 orang, daerah kerjanya meliputi satu lingkungan pekerjaan, satu kelurahan, atau satu desa.
Pusat Koperasi Sebuah koperasi dapat dikatakan sebagai pusat koperasi jika koperasi itu sekurang-kurangnya beranggotakan lima koperasi primer yang berbadan hukum dan wilayah kerjanya satu kota/kabupaten.
Gabungan Koperasi
Sebuah koperasi dapat dikatakan sebagai gabungan koperasi jika koperasi itu terdiri atas paling sedikit tiga pusat koperasi yang berbadan hukum dan wilayah kerjanya satu tingkat provinsi.
Induk Koperasi
Sebuah koperasi dapat dikatakan sebagai induk koperasi jika koperasi itu terdiri atas paling sedikit tiga gabungan koperasi yang berbadan hukum dan wilayah kerjanya seluruh Indonesia.

Lambang Koperasi Indonesia
Lambang Koperasi Indonesia

Keterangan Lambang :
Bintang dan Perisai : Menggambarkan Pancasila sebagai landasan idiil Koperasi Indonesia.
Gigi Roda : Melambangkan usaha yang terus menerus oleh koperasi.
Rantai : Melambangkan kesatuan dan persatuan yang kokoh.
Pohon Beringin : Melambangkan sifat kemasyarakatan yang berkepribadian Indonesia.
Timbangan : Melambangkan keadilan sosial yang merupakan salah satu dasar koperasi
Padi dan Kapas : Melambangkan kemakmuran rakyat yang akan dicapai
Koperasi Indonesia : Melambangkan kepribadian koperasi Indonesia

Demikian artikel dari webmateri mengenai mata pelajaran Ekonomi IPS. Adapun materi yang dibahas adalah mengenai lambang koperasi Indonesia dan tingkatan koperasi. Untuk materi lainnya dapat anda liat pada artikel lainnya.

Sumber : Ekonomi 3 : Untuk SMA dan MA Kelas XII / penulis : Mimin Nur Aisyah, Hartatik Fitria R
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: