Cara Mudah Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Cara Mudah Menulis Daftar Pustaka Dari Internet. Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan informasi mengenai cara untuk membuat atau menulis daftar pustaka dari internet. Biasanya kita menggunakan fasilitas internet sebagai referensi menulis tulisan ilmiah. Berikut ini materi pembahasannya.

Bagi anda yang akan menulis karya ilmiah yang bukan merupakan artikel biasa sehingga memerlukan sumber landasan teori yang benar sumbernya. Tentunya akan lebih meyakinkan jika sumber diambil dari sebuah buku. Namun seiring perkembangan teknologi, internet menjadi salah satu pilihan terbaik dalam mencari referensi dari suatu teori. Oleh karena ini pada artikel ini di bahas bagaimana cara mengambul sumber dari internet sebagai daftar pustaka sebuah landasan teori yang akan ditulis pada karya ilmiah.

Untuk menulis daftar pustaka diperlukan penentuan penulisan standard agar sumber yang tertulis pada karya ilmiah menjadi lebih meyakinkan dan terpercaya sumbernya. Berikut ini bagian-bagian yang harus dituliskan pada penulisan daftar pustaka yang diambil dari Internet.

Secara sederhana urut-urutannya seperti di bawah ini:
  • Nama pengarang. adapun penulisan nama pengarang sama seperti aturan penulisan nama pada daftar pustaka biasa, yaitu nama depan ditulis di belakang.
  • Judul. Judul tulisan diberi tanda kutip.
  • Tanggal Akses. Tanggal dimana tulisan dari internet di browsing.
  • Alamat situs atau blog. Alamatnya harus berupa URL (Uniform Resource Locator) alias:
Rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. Seperti ini : http://id.wikipedia.org/wiki/URL

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Dari Internet :
Setiawan, Budi. “Cara Membangun Kepercayaan Diri”. 15 September 2016. http://masbudi.com/2016/10/cara-membangun-kepercayaan-diri.html.
Cara Mudah Menulis Daftar Pustaka Dari Internet (image: freepik.com)

Untuk nama pengarang yang tidak tersedia pada artikel internet yang kita ambil tulisannya. Maka sebaiknya ditulis instansi atau lembaga yang menerbitkan karya tulis tersebut. Jika tidak ada juga cukup dengan mencantumkan URL situsnya. Untuk itu cari artikel yang ditulis oleh website yang terpercaya bukan yang kurang terpercaya.

Sebagai contoh dalam menuliskan daftar pustaka yang mengambil landasan teori melalui internet dapat merujuk kepada website produsen atau pembuat suatu barang, misalkan printer, anda dapat mengambil landasan teori pada website canon.co.id ataupun epson.co.id. Jadi intinya adalah pilihlah sumber artikel di internet yang terpercaya bukan asal-asalan.

Demikian artikel dari webmateri mengenai Cara Mudah Menulis Daftar Pustaka dari internet semoga bermanfaat. Untuk materi lainnya dapat dilihat di artikel lainnya di webmateri.com.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: