Alasan Penduduk Bermukim Di Berbagai Bentang Lahan

Alasan Penduduk Bermukim Di Berbagai Bentang Lahan.  Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan materi mengenai mata pelajaran Geografi. Adapun materi yang dibahas kali ini adalah mengenai alasan penduduk bermukim di berbagai bentang lahan. Mari kita simak bersama materinya dibawah ini.

Alasan Penduduk Bermukim Di Berbagai Bentang Lahan
Penyebaran pemukiman penduduk menempati berbagai macam bentang lahan. Manusia mempunyai alasan bermukim di tiap bentang lahan yang berbeda karena setiap bentang lahan memiliki ciri khas berbeda yang berpengaruh bagi kehidupan manusia. Untuk itu penyebaran pemukiman merupakan wujud adaptasi menusia terhadap lingkungan. Adapun berbagai alasan penduduk memilih bermukim di berbagai bentang alam diuraikan sebagai berikut.

Permukiman Penduduk di Daerah Pegunungan
Daerah sekitar pegunungan mempunyai keunggulan tanah yang subur, udara sejuk dan panorama indah, dan seringkali dijadikan kawasan objek wisata. Dengan demikian, pola pemukiman yang terbentuk mengelompok di sekitarnya.
Tanah di daerah pegunungan yang subur cocok untuk usaha pertanian dan perkebunan sehingga banyak penduduk yang berminat tinggal di daerah tersebut. Permukiman penduduk di daerah pegunungan juga tersebar di kanan kiri jalan raya, berkaitan dengan kemudahan dalam prasarana transportasi.

Permukiman Penduduk di Daerah Dataran Rendah
Dataran rendah banyak diminati sebagai kawasan tempat tinggal karena berbagai alasan berikut :
  • Pesatnya pembangunan fisik di daerah datarah rendah karena wilayahnya yang datar.
  • Merupakan daerah yang subur sebagai lahan pertanian dengan cadangan air yang cukup banyak.
  • Dataran rendah merupakan kawasan industri dan perdagangan. Dataran rendah biasanya merupakan kota-kota besar yang lengkap dengan prasaran jalan, gedung, dan industri.
Alasan Penduduk Bermukim Di Berbagai Bentang Lahan (image: freepik.com)

Permukiman Penduduk di Daerah Pantai
Daerah pantai adalah daerah batas antara daratan dan lautan. Mata pencaharian penduduk daerah pantai pada umumnya menggantungkan pada usaha eksploitasi laut, seperti nelayan, usaha tambak atau membuat garam. Pada zaman sekarang beberapa daerah pantai merupakan daerah maju karena banyak yang berkembang menjadi kota besar seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Berbagai alasan penduduk bermukim di daerah pantai sebagai berikut :
  • Daerah pantai merupakan tanah kelahiran dan tanah leluhur, artinya penduduk sudah tinggal di lokasi tersebut turun temurun. Dengan demikian mempunyai ikatan emosional (batin) yang kuat dengan daerah tersebut.
  • Ada keterkaitan dengan mata pencaharian (pekerjaan).
  • Daerah pantai kaya sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan.
  • Daerah pantai yang merupakan objek wisata banyak diminati karena panoramanya yang indah dan iklimnya sesuai.

Demikian artikel dari webmateri yang membahas mengenai mata pelajaran Geografi. Adapun materi yang dibahas adalah mengenai alasan penduduk bermukim di berbagai bentang lahan. Terima kasih atas kunjungan anda ke webmateri.com

Sumber : Geografi : Untuk SMA dan MA Kelas XI / penulis : Dibyo Seogimo, Ruswanto
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: