6 Alat-Alat Manajemen

6 Alat-Alat Manajemen.  Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan materi mengenai mata pelajaran Ekonomi IPS. Adapun materi yang dibahas kali ini adalah mengenai apa saja alat-alat manajemen. Mari kita simak bersama materinya dibawah ini.

Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, dalam suatu organisasi diperlukan sarana atau alat manajemen. Menurut Manullang (1992) alat-alat tersebut dikelompokkan ke dalam 6M (english) sebagai berikut :

1. Manusia (Man). Manusia merupakan sarana utama bagi setiap manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sarana manusia ini dalam organisasi biasa disebut SDM. Kualitas SDM sangat menentukan keberhasilan organisasi. Tanpa adanya manusia, manajemen tidak akan mungkin dapat mencapai tujuannya. Manusia adalah orang yang mencapai hasil melalui kegiatan orang-orang lain.

2. Uang (Money). Uang diperlukan untuk melakukan berbagai aktivitas perusahaan. Uang tersebut digunakan untuk membayar upah atau gaji, membeli bahan-bahan dan peralatan. Uang sebagai sarana manajemen harus digunakan seefektif mungkin agar tujuan tercapai dengan biaya yang serendah mungkin.

3. Bahan-Bahan (Material). Dalam suatu perusahaan pembuat barang, bahan atau material merupakan faktor pendukung utama dalam proses produksi, dan sangat berpengaruh terhadap kelancaran proses produksi. Tanpa adanya bahan, maka proses produksi tidak akan berjalan. Bahan-bahan tersebut misalnya: bahan baku dan bahan pembantu lainnya untuk menunjang proses produksi.

 
6 Alat-Alat Manajemen (image: freepik.com)
4. Mesin (Machines). Mesin merupakan alat bantu dalam mencapai tujuan organisasi. Dengan adanya mesin maka proses produksi atau kegiatan yang terkait dengan tujuan organisasi akan lebih efisien. Dengan kemajuan teknologi saat ini, mesin-mesin semakin memegang peranan penting dalam kelancaran kegiatan organisasi.

5. Metode (Methods). Dalam melakukan suatu kegiatan agar berdaya guna dan berhasil guna, maka manusia dihadapkan pada berbagai alternatif metode atau cara melakukan pekerjaan. Metode metode ini biasanya terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (science). Oleh karena itu, metode merupakan sarana manajemen untuk mencapai tujuan.

6. Pasar (Markets). Pasar merupakan tempat untuk menjual hasil produksi perusahaan. Tanpa adanya pasar, maka suatu organisasi ekonomi tidak akan mendapat keuntungan.

Demikian artikel dari webmateri yang membahas mengenai mata pelajaran Ekonomi IPS. Adapun materi yang dibahas adalah mengenai mengenai apa saja alat-alat manajemen. Terima kasih atas kunjungan anda ke webmateri.com

Sumber : Ekonomi 3 : Untuk SMA dan MA Kelas XII / penulis : Mimin Nur Aisyah, Hartatik Fitria R
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: