4 Sifat Wajib Rasul Dan Nabi

4 Sifat Wajib Rasul Dan Nabi. Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan materi mengenai mata pelajaran Ekonomi IPS. Adapun materi yang dibahas kali ini sifat-sifat wajib Rasul dan Nabi. Mari kita simak bersama materinya dibawah ini.

Sifat Wajib Nabi dan Rasul
Para Nabi dan Rasul Allah SWT. memiliki akhlak yang mulia dan terpuji. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an Surat ke 33 yaitu Surat Al-Ahzab ayat 21.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (Q.S. Al-Ahzab, 33:21).

Berikut ini adalah 4 sifat yang wajib dimiliki Rasul dan Nabi :
4 Sifat Wajib Rasul Dan Nabi (image: freepik.com)

1. Amanah (Dapat Dipercaya)
Sifat wajib Rasul dan Nabi yang pertama adalah Amanah yang artinya dapat dipercaya. Maksud amanah adalah para Nabi dan Rasul seorang yang dapat dipercaya dalam menyampaikan risaah dari Allah SWT. tanpa mengurangi atau menambahnya sehingga mustahil para Nabi dan Rasul itu bersifat khianat (ingkar janji/tidak dapat dipercaya), karena jika para Nabi dan Rasul khianat sudah tentu umat yang dibimbingnya akan menjadi pengkhianat pula.

2. Fathanah (Pandai atau Cerdas)

Sifat wajib Rasul dan Nabi yang kedua adalah Fathanah yang artinya pandai atau cerdas. Maksud fathanah adalah para nelai oleh Allah SWT. dengan kecerdasan dan kepandaian tinggi. Menurut akal sehat para pemimpin umat seperti para Nabi dan Rasul wajib bersifat fathanah (pandai atau cerdas). Karena dengan sifatnya yang fathanah para Nabi dan Rasul dapat berhujah, berdialog, terutama dengan para penentangnya. Oleh karena itu, mustahil jika para Nabi dan Rasul itu bersifat jahlun (bodoh).

 
3. Sidiq (Berkata Benar dan Jujur)
Sifat wajib Rasul dan Nabi yang ketiga adalah Sidiq yang artinya benar dan jujur. Maksud sidiq adalah para Rasul dan Nabi selalu berkata benar dan jujur, saat menyampaikan risalah Allah yang harus disampaikan kepada umatnya sehingga mustahil para Nabi dan Rasul itu memiliki sifat kidzib (dusta). Karena kalaulah para Rasul/Nabi itu dusta sudah tentu umat yang dibimbingnya akan menjadi pendusta pula.

4. Tabligh (Menyampaikan)

Sifat wajib Rasul dan Nabi yang keempat adalah Tabligh yang artinya menyampaikan. Maksud tabligh adalah para Nabi dan Rasul itu wajib menyampaikan risalah atau ajaran-ajaran Allah SWT. yang diterimanya kepada umat manusia agar dijadikan pedoman hidup oleh mereka. Jadi mustahil para Nabi dan Rasul bersifat kitman atau menyembunyikan dan tidak menyampaikan risalah yang diterimanya kepada umat manusia. Jika para Nabi dan Rasul itu bersifat kitman, tentu umat anusia tidak mempunyai pedoman hidup yang bersumber dari Allah SWT., sehingga mereka akan mengalami kehancuran dan kebinasaan.

Demikian artikel dari webmateri yang membahas mengenai mata pelajaran Ekonomi IPS. Adapun materi yang dibahas adalah mengenai sifat-sifat wajib Rasul dan Nabi. Terima kasih atas kunjungan anda ke webmateri.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: