4 Fungsi Utama Manajemen

4 Fungsi Utama Manajemen. Pada artikel kali ini webmateri akan memberikan materi mengenai Manajemen. Materi yang akan diberikan kali ini lebih tepatnya adalah 4 fungsi utama manajemen. Mari kita simak bersama-sama materinya dibawah ini.

Untuk memperoleh hasil secara maksimal, para manajer harus mampu menguasai seluruh fungsi manajemen yang ada. Terdapat 4 fungsi utama manajemen, yaitu planning, organizing, directing, dan controlling. Berikut penjelasannya dibawah ini.

1. Planning (Fungsi Perencanaan)

Planning adalah bagaimana perusahaan menetapkan tujuan yang diinginkan dan kemudian menyusun rencana strategi bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut. Manajer dalam fungsi perencanaan harus mengkaji dan mengevaluasi berbagai rencana alternatif sebelum memutuskan karena ini adalah langkah awal yang bisa berpengaruh secara total dalam perusahaan kedepannya. Fungsi fungsi manajemen yang lain tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya perencanaan yang matang.

Kegiatan Fungsi Perencanaan. Ada beberapa aktivitas dalam fungsi perencanaan antara lain adalah : Menetapkan arah tujuan dan target bisnis. Menyusun strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Menentukan sumber daya yang dibutuhkan. Menetapkan standar kesuksesan dalam upaya mencapai tujuan

2. Organizing (Fungsi Pengorganisasian)
Organizing (fungsi perencanaan) adalah pengaturan sumber daya manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki agar bisa menjalankan rencana-rencana yang sudah diputuskan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Fungsi pengorganisasian mengelompokkan semua orang, alat, tugas dan wewenang yang ada dijadikan satu kesatuan yang kemudian digerakkan melaksanakan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Pengorganisasian bisa memudahkan manajer untuk mengawasi dan menentukan orang-orang yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas yang telah dibagi-bagi.


Kegiatan Organizing. Beberapa kegiatan fungsi organizing antaralain adalah : Mengalokasikan sumber daya, menyusun dan menetapkan tugas-tugas serta menetapkan prosedur yang diperlukan. Menetapkan struktur perusahaan yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab. Merekrut, menyeleksi, dan melakukan pelatihan serta pengembangan tenaga kerja. Menempatkan tenaga kerja pada posisi yang pas dan paling tepat.

3. Directing (Fungsi Pengarahan)

Directing alias fungsi pengarahan adalah upaya untuk menciptakan suasana kerja dinamis, sehat agar kinerjanya lebih efektif dan efisien.

Beberapa kegiatan pada fungsi pengarahan antara lain adalah : Membimbing dan memberi motivasi kepada pekerja supaya bisa bekerja secara efektif dan efisien. Memberi tugas serta penjelasan secara rutin tentang pekerjaan. Menjelaskan semua kebijakan yang sudah ditetapkan.

4. Controlling (Fungsi Pengendalian / Pengawasan)

Fungsi pengendalian adalah upaya untuk menilai suatu kinerja yang berpatokan kepada standar yang telah dibuat, juga melakukan perbaikan apabila memang dibutuhkan.

Ada beberapa kegiatan pada fungsi pengendalian antara lain adalah : Mengevaluasi keberhasilan dan target dengan cara mengikuti standar indikator yang sudah ditetapkan. Melakukan klarifikasi dan koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan. Memberi alternatif solusi yang mungkin bisa mengatasi masalah yang terjadi.

Demikian artikel yang berisikan materi mengenai 4 fungsi utama manajemen. Semoga artikel ini berguna bagi sobat sekalian.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: