Pengertian Sisa Hasil Usaha (SHU)

Pengertian Sisa Hasil Usaha (SHU). Pada kesempatan kali ini webmateri akan memberikan informasi seputar mata pelajaran ekonomi. Adapun materi adalah mengenai pengertian dari sisa hasil usaha (SHU). Untuk lebih jelasnya sobat dapat menyimak materi tersebut dibawah ini.

Meskipun koperasi memiliki fungsi sosial, namun koperasi sebagaimana badan usaha yang lain juga bertujuan memperoleh keuntungan. Selain untuk mencari keuntungan yang maksimal koperasi juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan anggota khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Untuk memperoleh keuntungan tersebut koperasi tidak boleh mengorbankan kepentingan anggota dan masyarakat.

Pengertian Sisa Hasil Usaha (SHU)


Keuntungan koperasi akan diperoleh jika penerimaan lebih besar daripada biayanya. Oleh karena itu, dalam pengelolaan koperasi harus selalu mengejar penerimaan (Total Revenue) dan menekan tingginya biaya (Total Cost). Keuntungan dalam koperasi tersebut disebut dengan Sisa Hasil Usaha (SHU). Apakah SHU itu? Pengertian SHU sudah ditegaskan dalam UU No.25/1992 tentang Perkoperasian yang termuat pada Bab IX pasal 45 (ayat 1). Pada pasal 45 ayat 1 tersebut dinyatakan bahwa SHU koperasi adalah pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu tahun buku dikurangi dengan biaya, penyusutan, dan kewajiban lain termasuk pajak dalam tahun buku yang bersangkutan.

Berikut ini disajikan contoh perhitungan SHU Koperasi Melati Tahun 2005.
RINCIAN PEROLEHAN SHU KOPERASI MELATI TAHUN 2005
 
image : Ekonomi 3 : Untuk SMA dan MA Kelas XII / penulis : Mimin Nur Aisyah, Hartatik Fitria R

Sisa hasil usaha tersebut masih kotor, artinya belum bisa dibagi karena masih ada biaya yang harus dikeluarkan lagi. Misalnya sebagai berikut :

image : Ekonomi 3 : Untuk SMA dan MA Kelas XII / penulis : Mimin Nur Aisyah, Hartatik Fitria R


Demikian artikel yang membahas mengenai mata pelajaran ekonomi, tentang materi pengertian sisa hasil usaha (SHU). Semoga dapat berguna bagi sobat sekalian.

sumber :  Ekonomi 3 : Untuk SMA dan MA Kelas XII / penulis : Mimin Nur Aisyah, Hartatik Fitria R
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: