Pesebaran Jenis Tanah dan Pemanfaatannya Di Indonesia

Pesebaran Jenis Tanah dan Pemanfaatannya Di Indonesia. Pada artikel dalam kesempatan kali ini webmateri akan memberikan materi mengenai mata pelajaran IPS untuk SMP. Materi yang akan dibahas adalah mengenai pesebaran jenis tanah yang berada di Indonesia dan pemanfaatannya di Indonesia. Mari kita simak bersama bahasannya dibawah ini.

Pesebaran Jenis Tanah Indonesia
Pesebaran jenis tanah di Indonesia terdapat beberapa jenis yang terletak diwilayah yang berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Adapun jenis-jenis nya adalah sebagai berikut :

Tanah Aluvial
Tanah aluvial terbentuk akibat proses pengendapan bahan-bahan yang dibawa oleh aliran sungai. Tanah ini sangat subur untuk pertanian. Jenis tanah aluvial banyak tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia terutama daerah-daerah yang terletak di sekitar aliran sungai.

Tanah Gambut (tanah rawa)
Tanah gambut berasal dari sisa-sisa tumbuhan yang hidup di daerah rawa, namun tanah ini kurang baik untuk pertanian. Jenis tanah gambut banyak tersebar di Pantai Timur Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur bagian Selatan, dan Papua. 

Tanah Humus
Tanah humus terbentuk akibat hasil pelapukan tumbuh-tumbuhan. Jenis tanah humus banyak terdapat di daerah hutan, biasanya berwarna kehitaman dan sangat cocok untuk wilayah lahan pertanian.

Tanah Kapur (terrarosa)
Tanah kapur terbentuk akibat pelapukan bahan induk batuan kapur. Jenis ini banyak terdapat di dasar dolina dan merupakan tanah pertanian daerah batuan kapur. Jenis tanah kapur banyak tersebuar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi, Maluku, dan Sumatera.

Tanah Mergel
Tanah mergel merupakan tanah yang terbentuk dari campuran batuan kapur, pasir, dan tanah liat. Jenis tanah mergel banyak tersebar di leren pegunungan, dan jenis tanah ini termasuk tanah yang subur untuk pertanian.

Tanah Podsol
Tanah Podsol terbentuk karena pengaruh curah hujan yang tinggi dan suhu yang rendah. Misal di pulau Jawa tanah jenis ini diolah menjadi lahan pertanian, seperti untuk menanam ubi kayu, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran. Jenis tanah podsol terdapat di daerah Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

Pesebaran Jenis Tanah dan Pemanfaatannya Di Indonesia (image : freepik.com)
Tanah Vulkanik (tanah gunung api)
Tanah vulkanik berasal dari pelapukan batuan bekas letusan gunung api, tanah ini cukup baik untuk wilayah pertanian. Jenis tanah vulkanik ini banyak terdapat di Jawa, Sumatera, Halmahera, dan Sulawesi.

Pemanfaatan Tanah Di Indonesia
Tanah sendiri banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kesejahteraan hidup. Pemanfaatan tersebut antara lain dengan secara langsung seperti pembuatan batu bata, genteng atap rumah, maupun campuran semen. Selain itu secara tidak langsung pemanfaatan tanah seperti dijadikan lahan pertanian, untuk pondasi bangunan, serta untuk prasarana transportasi.

Demikian artikel yang berisikan materi mengenai Pesebaran Jenis Tanah dan Pemanfaatannya Di Indonesia, semoga bahasan materi kali ini dapat berguna bagi sobat sekalin. Terima kasih telah berkunjung ke webmateri.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: