Pengertian Teks Tantangan, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Cara Menyusun, Dan Contoh Teks Tantangan

Pengertian Teks Tantangan, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Cara Menyusun , Dan Contoh Teks Tantangan. Pada kesempatan kali ini, mata pelajaran Bahasa Indonesia, adapun materi yang akan dibahas kali ini oleh webmateri adalah mengenai pengertian teks tantangan, kaidah kebahasaan teks tantangan, struktur teks tantangan, cara menyusun teks tantangan, dan contoh teks tantangan. Mari kita simak bersama-sama materinya dibawah ini.

Pengertian Teks Tantangan
Pengertian teks tantangan yaitu sebuah teks yang berisikan informasi mengenai bantahan terhadap suatu hal yang merupakan hal kontroversial dan menjadi perdebadan dikalangan masyarakat, biasanya dilengkapi dengan argumen serta data-data yang memperkuat bantahan itu. Biasanya teks ini muncul pada perdebatan.

Kaidah Kebahasaan Teks Tantangan

Kaidah kebahasaan teks tantangan merupakan bagian-bagian yang membentuk suatu teks dapat disebut sebagai teks tantangan, kaidah kebahasaan teks tantangan terdapat empat bagian yaitu :
  • Kata Hubung, yaitu kata yang berguna sebagai penghubung kata.
  • Kata Rujukan, yaitu kata yang berfungsi sebagai penunjuk rujukan untuk memberikan informasi.
  • Kalimat Kompleks, yaitu kalimat yang terdiri dari lebih dari satu struktur dan satu verba.
  • Pilihan Kata, yaitu pemilihan kata yang bertujuan supaya gagasan teks dapat tersampaikan dengan baik.
Struktur Teks Tantangan
Struktur teks tantangan merupakan bagian yang membangun sebuah teks sehingga menjadi teks tantangan, terdapat 3 struktur teks tantangan yaitu sesuai urutan sebagai berikut :
  • Pengantar (Isu), yaitu merupakan bagian yang berisikan topik bahasan yang akan dibantah.
  • Argumen, yaitu merupakan bagian yang berisikan rangkaian bukti atau alasan yang bertujuan untuk mendukung bantahan.
  • Simpulan, yaitu merupakan bagian yang berisikan pernyataan yang menegaskan bantahan tersebut.
Cara Menyusun Teks Tantangan
Cara menyusun teks tantangan yaitu susunan cara yang berisikan langkah-langkah untuk menuliskan sebuah teks tantangan. Berikut ini urutan caranya, silahkan disimak :
  • Langkah pertama, yaitu menentukan tema serta judul untuk sebuah teks tantangan
  • Langkah kedua, yaitu menentukan sumber informasi yang nantinya akan dijadikan bahan.
  • Langkah ketiga, yaitu menganalisa bahan tersebut dengan mengolah informasi yang ada agar menjadi pernyataan.
  • Langkah keempat, yaitu membangun hasil analisa dan menyusun teks dengan urutan yang terstruktur agar menjadi teks tantangan yang benar dan utuh.
Pengertian Teks Tantangan, Kaidah Kebahasaan, Struktur, Cara Menyusun, Dan Contoh Teks Tantangan

Contoh Teks Tantangan
Contoh teks tantangan berikut yaitu teks tantangan mengenai narkoba. Berikut ini contoh teks tantangan :

Narkoba merupakan suatu bahan aktif yang tersusun dari beberapa rangkaian serta campuran bahan-bahan yang merupakan termasuk pada golongan bahan narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya.

Banyak yang menyatakan bahwa narkoba merupakan obat yang terlarang dan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, namun faktanya tak selamanya seperti itu. Narkoba merupakan suatu obat yang juga sering digunakan dalam lingkup medis, malah narkoba banyak diperlukan bagi penderita penyakit.
Tetapi, narkoba yang diberikan kepada orang sakit oleh dokter tersebut harus sesuai dengan resep dokter yang benar sehingga dapat terhindar dari kesalahan medis.
Narkoba yang seharusnya digunakan untuk keperluan medis yang mendukung kesembuhan orang sakit yang membutuhkannya harus digunakan sesuai pada tempatnya, bukan digunakan untuk lari dari kenyataan hidup yang selama ini banyak terjadi kasusnya di masyarakat.

Demikian artikel yang membahas tentang mata pelajaran Bahasa Indonesia mengenai pengertian teks tantangan, kaidah kebahasaan teks tantangan, struktur teks tantangan, cara menyusun teks tantangan, dan contoh teks tantangan. Semoga informasi yang ada pada artikel ini dapat berguna bagi sobat sekalian.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Subscribe to receive free email updates: